ADSENSE

PENGALAMAN DITOLAK GOOGLE ADSENSE

Google Adsense oh Google Adsense, blogger mana yang tidak kenal PPC nomor wahid seantero jagat maya ini. Untuk bisa ditolak Google Adsense itu gampang sekali sob tinggal daftar dengan blog abal-abal saja sudah berhasil, tetapi sebaliknya untuk bisa diterima menjadi publisher Google Adsense bukan perkara yang mudah karena sang blogger atau webmaster harus memiliki skill yang mumpuni dalam me-manage blognya terutama ketika menciptakan sebuah konten.

Siapa yang dapat menciptakan konten yang berkualitas maka dialah yang bakalan memiliki kesempatan mendapatkan penghargaan menjadi publisher Google Adsense.

Selain kualitas konten pada blog, ternyata kuantitasnya pun sangat dipertimbangkan karena terbukti ada jumlah minimum konten yang harus dipenuhi sebelum mendaftar Google Adsense, tetapi sayang sekali mengenai kuantitas konten sampai saat ini masih menjadi polemik para praktisi seni blogging yang memonetisasi blognya karena belum ada yang tahu pasti berapa jumlah minimum konten yang dperlukan untuk bisa diterima Google Adsense.

Baca Juga: BEGINI CARANYA MENJADI BLOGGER ABAL-ABAL

Seiring dengan semakin berkembangnya PPC nomor wahid ini dan semakin dikenal dunia maka semakin banyak publisher Google Adsense yang kebanjiran rezeki dan semakin banyak pula peminatnya dari tahun ke tahun.

Mungkin ada banyak yang mengajukan permohonan untuk menjadi publisher Google Adsense setiap harinya karena dirasa blognya sudah pantas untuk dimonetisasi.

Namun dari sekian banyak pendaftar pasti ada beberapa yang ditolak dengan berbagai alasan atau bahkan lebih banyak yang ditolak daripada yang diterimanya. Dengan adanya hal ini menyebabkan banyak blogger yang mencari tahu bagaimana supaya bisa diterima menjadi publisher Google Adsense, terbukti dengan tingginya jumlah angka pencarian tentang Google Adsense pada mesin telusur (search engine) dengan angka mencapai jutaan pencari setiap harinya.

Dengan dilatar belakangi masalah tersebut, maka penulis akan blak-blakan membuka rahasia yang sudah bertahun-tahun terpendam karena takut ada blogger lain yang sukses ditolak Google Adsense seperti yang penulis alami :D, harap maklum penulis bukan blogger yang pintar memonetisasi blog dan tidak seperti mereka yang notabene adalah para ahli dalam menaklukkan Google Adsense.

Sebetulnya penulis tidak ingin berbagi pengalaman yang mahal ini, namun setelah melihat betapa maraknya pendatang baru di dunia blogging yang ingin mencoba melakoni profesi yang katanya sangat menjanjikan dengan memonetisasi blog kesayangannya, maka penulis mencoba merilis sebuah cerita berdasarkan kisah nyata yang pernah penulis alami (true story) untuk menjadi bahan pertimbangan sobat ketika mendaftar Google Adsense.

Google Adsense itu bukan PPC ecek-ecek maka dibutuhkan persiapan yang matang sebelum mendaftar menjadi publishernya, jadi jangan coba-coba daftar kalau belum tahu ilmunya.

Bagi para empu-empu yang ilmu ngeblognya sudah meraga sukma mungkin mendaftar Google Adsense itu perkara yang kecil dan gampang buktinya ada bakul akun Adsense yang sudah menjual puluhan atau bahkan ratusan akun hosted dan non hosted dengan harga yang tidak murah. Penulis hanya bisa bilang “Alamak… Wow…!!!” (sambil gigit sandal jepit), karena penulis merasakan sendiri untuk dapat satu akun Google Adsense saja ampe ngesot-ngesot daftarnya apalagi sebanyak itu. Tapi karena misi penulis bukan hanya memonetisasi blog melainkan ingin menyalurkan hobi menulis, jadi tidak terlalu berharap banyak dari sisi materi dan penulis hanya berharap apa yang ditulis ini bisa memberikan manfaat buat orang lain atau syukur-syukur bisa menjadi referensi untuk sebuah riset (ngarep) 😀

Perlu sobat ketahui kalau ditolak Google Adsense itu rasanya seperti ditolak jadi menantu sama calon mertua yaitu kaget campur bahagia dan campur sedih pokonya campur aduk gitu deh. Kaget karena tidak biasa ditolak, bahagia karena jadi tahu kelemahan kita sehingga kedepannya bisa melakukan perbaikan sedangkan sedihnya karena merasa segala usaha yang telah dilakukan itu percuma dan sia-sia.

Hal tersebut tak ayal membuat penulis sering bertanya-tanya pada diri sendiri karena bertanya pada rumput yang bergoyang tidak pernah dijawabnya, ha. Pertanyaan pertama yang muncul dibenak penulis ketika ditolak Google Adsense adalah “what wrong with my blog?”. Pertanyaan itulah yang menjadi awal kebangkitan penulis dalam me-manage blog karena berbekal pertanyaan tersebut akhirnya penulis melakukan koreksi yang super ketat terhadap kualitas blog dan konten.

BACA : ANALISA GAGAL DAFTAR ADSENSE KARENA KONTEN TIDAK MEMADAI

Waktu pertama kalinya mendaftar Google Adsesne, penulis tidak tahu banyak tentang persyaratannya karena tidak sengaja membuka ulasan tentang Google Adsense lengkap dengan cara mendaftarkannya dan tanpa berfikir panjang penulis langsung daftar.



Beberapa hari kemudian penulis mendapat email dari Google Adsense yang isinya menyatakan bahwa permohonan penulis ditolak Google Adsense. Berikut ini adalah kondisi salah satu blog penulis yang ditolak ketika mendaftar Google Adsense dan alasan kenapa ditolak berdasarkan email yang diterima :

1). Jumlah Artikel Masih Sedikit

Ternyata jumlah artikel sangat berpengaruh sob, waktu itu jumlah artikel masih sangat minim sekali yaitu sekitar lima artikel saja dan setiap artikel hanya memiliki 400-500 kata.

Keterangan dari email penolakan menyatakan bahwa jumlah konten masih sangat minim sehingga perlu diperbanyak lagi katanya sedangkan untuk jumlah suku kata dalam artikel tidak terlalu disorot. Solusinya dari poin ini jelas sekali yaitu harus memperbanyak konten tentunya dengan konten yang berkualitas.

Baca Juga: CARA MENULIS ARTIKEL YANG BAIK UNTUK BLOG AGAR MENDATANGKAN REZEKI DAN PAHALA

2). Pengaturan Template Blog Belum Selesai

Sepertinya poin ini merupakan perwujudan dari keseriusan kita menjadi publisher Google Adsense karena kita akan dinilai kurang serius jika masih ada pengaturan template yang belum selesai. Waktu itu kondisi blog penulis masih berantakan karena banyak menu navigasi yang belum berfungsi.

Jadi, ketika mendaftar Google Adsense kita harus benar-benar teliti terhadap pengaturan tampilan blog, terutama menu navigasi, widget dan link-link rujukan harus benar-benar berfungsi dengan baik agar tidak ditolak Google Adsense.

Sebelum mendaftar Google Adsense sangat disarankan untuk membangun blog yang berkualitas terlebih dahulu agar hasilnya sesuai harapan dan jangan ada satupun pengaturan yang belum selesai.

Baca Juga : JANGAN MELUPAKAN HAL INI UNTUK MEMBANGUN BLOG BERKUALITAS

3). Melakukan Kegiatan Promosi Secara Ilegal

Salah satu artikel yang ada di blog penulis waktu itu membahas tentang berbagai macam hotel yang ada di Indonesia lengkap dengan tarifnya berikut alamat dan nomor telepon hotel tersebut. Hal itu ternyata dinilai oleh Google Adsense bahwa blog telah melakukan promosi secara ilegal, memang penulis akui kalau tulisan tersebut berisi ajakan atau promosi secara ilegal.

Setelah menyadari hal itu akhirnya penulis memutuskan untuk menghapus artikel tersebut. Nah, jadi sangat jelas dari poin ini kita harus memahami apa yang kita tuliskan dan harus mengerti jenis tulisan dengan topik apa yang tidak boleh dibuat kalau kita ingin menjadi publisher Google Adsense.

Sewaktu mendaftar Google Adsesnse, penulis sama sekali tidak melihat statistik blog terutama jumlah visitor. Sehingga wajar saja kalau pendaftarannya ditolak karena memang jumlah visitornya tergolong sangat minim sekali bahkan nyaris tidak ada karena blog pada waktu itu baru berumur tiga minggu dan ditambah lagi konten yang sangat sedikit sehingga wajar saja kalau tidak banyak pengunjung yang datang.

Jadi jelas sebelum mendaftar Google Adsense itu visitor blog harus stabil, semakin banyak visitor maka akan semakin memiliki peluang untuk diterima. Untuk mendatangkan visitor tentunya perlu usaha dan kerja keras, salah satunya yaitu dengan melakukan kegiatan promosi blog ke media sosial atau ke forum-forum yang berkaitan dengan blog kita.

Baca Juga : ALAT PROMOSI BLOG REKOMENDASI PARA AHLI

5). Konten Membahas Teknik Peretasan

Waktu itu penulis membahas cara meretas akun facebook dan komputer Admin, padahal niatnya hanya menolong bagi yang lupa password, tetapi konten tersebut juga menjadi persoalan dan dianggap terlalu membahayakan karena melanggar privasi orang lain sehingga ditolak ketika mendaftar Google Adsense.

Nah, itulah pengalaman singkat penulis ketika ditolak Google Adsense berdasarkan keterangan dari email yang diterima.

Dengan kejadian tersebut penulis terus mencari tahu bagaimana prosedur mendaftar Google Adsense dan ternyata hasilnya cukup mengejutkan yaitu blog yang penulis kelola sama sekali tidak layak untuk didaftarkan ke Google Adsense, maklum terlalu terburu-buru karena tergiur sama uang dollarnya sehingga tidak membaca aturan mainnya 😀 .

Kesimpulan, untuk mendaptar Google Adsesnse perlu persiapan yang benar-benar matang dan membaca terlebih dahulu prosedur yang benar sehingga semua persyaratannya bisa terpenuhi. Blog yang didaftarkan harus sudah memiliki visibility yang bagus.

Jangan mudah menyerah dan teruslah berusaha untuk mendapatkan yang terbaik seperti kata pepatah bilang “tidak akan berdiri kuat sebelum terjatuh”, memang itu benar sekali karena terbukti niat sebagian besar orang bisa lebih kuat setelah dia mengalami kegagalan.

Mungkin kembali lagi ke pribadi masing-masing jika memiliki mental yang kuat maka pasti akan berani mencoba untuk yang kedua kalinya. Semoga apa yang sobat lakukan selalu mendapat hasil yang baik dan jangan mudah berkeluh kesah karena jadi blogger itu tidak boleh memiliki mental kerupuk tetapi harus bermental baja.

“Satu-satunya sumber pengetahuan adalah pengalaman”
 
Albert Einstein.

53 Comments

53 Comments

  1. Muhid

    Desember 18, 2016 at 10:33 pm

    mungkin benar ini, ada beberapa artikel blog saya yg tidak di sukai google adsense. sehingga ditolak trs.

  2. Usman West Java

    Desember 18, 2016 at 10:48 pm

    PPC google Adsense sangat selektif sekali gan dalam memilih publishernya, agan harus khatam TOS nya dulu …

  3. Usman West Java

    Desember 19, 2016 at 12:17 am

    PPC google Adsense sangat selektif sekali gan dalam memilih publishernya, agan harus khatam TOS nya dulu …

  4. SPNET Group

    Desember 19, 2016 at 12:37 am

    Menyedihkan saya juga sebelumnya telah ditolak beberapa kali sama si neng google sedih rasanya. Tapi sepertilnya cewek ditolak 1 sampai 5x saja jangan nyerah..lama2 juga luluh hatinya. Yang pwnting terus semangat dan beribadah.

  5. NUR ROKHMAN

    Desember 19, 2016 at 1:02 am

    saya sudah puluhan kali ditolak adsen 🙁

  6. Usman West Java

    Desember 19, 2016 at 1:04 am

    haha, semangat itu penting untuk mendapatkan hasil kerja nyata. mantap gan suhu

  7. Usman West Java

    Desember 19, 2016 at 1:05 am

    coba pelajari lagi dari email balasannya gan, dari situ kita bisa koreksi kekurangannya apa. yang paling sering sih kasusnya karena konten masih sedikit dan desain template belum selesai sama topik artikel yang tidak sesuai keinginan adsesnse

  8. Muhammad Rizqi Az Zayyad

    Desember 19, 2016 at 1:25 am

    saya juga pernah gan, dan semoga gak terulang lagi… Aaamiin….

  9. My Mastah

    Desember 19, 2016 at 1:40 am

    Kalo pengalaman ditolak, ane udah sesepuhnya nih :3, udah belasan kali ditolak mentah mentah. Tapi, masih kalah sakit nya habis aprove, gak ada berapa hari udah dibanned (pengalaman ane seminggu kebanned 2x, ngajuin banding ditolak semua :"), peekara banned nya emang kesalahan saya sendiri, nyoba ngeklik iklan pake vpn :v. Tapi sekarang, alhamdulillah udah bangkit lagi, udah mulai serius, maen sehat tentunya :p

  10. akbar hanafi

    Desember 19, 2016 at 2:07 am

    wah nice share gan,saya belum pernah nyoba daftar adsense blog baru berumur 1 minggu.Ini yang saya cari,pengalaman seseorang,karna pengalaman adalah guru terbaik,bisa dijadiin referensi,ijin bukmark 😀

  11. Usman West Java

    Desember 19, 2016 at 2:10 am

    haha, udah kebal berarti ya gan,memang penolakan itu membawa hikmah buat sebuah revolusi besar. Google Adsense hanya mau bekerjasama dengan blogger kreatif itu adalah sebuah kenyataan. selain kreatif juga harus faham apa yang diinginkan GA supaya kita tidak ditendangnya… 😀

  12. Usman West Java

    Desember 19, 2016 at 2:11 am

    Semangat Gan, jangan menyerah tetap kreatif

  13. Usman West Java

    Desember 19, 2016 at 2:13 am

    usahakan umur blog lebih dari 6 bulan dulu, baru daftar tapi selama 6 bulan itu kita harus aktif update konten. tetapi kalau sebelum 6 bulan konten kita sudah lebih dari 60 an dan visitornya melimpah maka tidak ada salahnya kita daftar GA.

  14. My Mastah

    Desember 19, 2016 at 2:46 am

    Udah tahan banting kali gan :"D hahaha. Iya gan betul, tos nya GA juga sangat ketat, emang bener bener ditujukan untuk blogger kreatif, inovatif plus saling menguntungkan 😀

  15. Shinigami isback

    Desember 19, 2016 at 2:48 am

    duh di terima ama Abang google emang susah, saya coba ya cara di atas

  16. Mirza Safaraz

    Desember 19, 2016 at 2:48 am

    Wahh lengkap gan, baru newbie soalnya hehe! Cocok buat yang mau belajar ni.

  17. Usman West Java

    Desember 19, 2016 at 2:50 am

    kita harus konsisten gan membuat konten yang berkualitas dan rutin update paling tidak sebulan sekali laah, GA menginginkan keunikan konten dan cara penyampaiannya meskipun konten tersebut topiknya sudah sering di bahas.

  18. Usman West Java

    Desember 19, 2016 at 2:53 am

    Agan sudah berhak mendapat gelar mental BAJA, saya akan coba memiliki mental baja seperti agan. GA merupakan wujud penghargaan dari Google bagi blogger kreatif.

  19. Usman West Java

    Desember 19, 2016 at 2:54 am

    selamat berjuang ya gan, ingat pelajari TOS nya sampe diluar kepala 😀

  20. nbcdns

    Desember 19, 2016 at 3:14 am

    waduh kalo yang berupa promosi ilegal saya baru tau, wew mesti review artikel ulang lagi sepertinya yar di terima yang empunya adsense
    makasih pak infonya

  21. Usman West Java

    Desember 19, 2016 at 3:18 am

    sama-sama gan, betul gan saya waktu itu mempromosikan sampai detail harga dan ajakan untuk menggunakan seolah saya berdagang, nah artikel tsb ternyata disoroti oleh GA sebagai promosi ilegal. mungkin kalau hanya review sih saya rasa sah-sah saja cuma terkadang kita kalau sudah mereview pasti secara gak sadar arahnya ke promosi gan ..:D

  22. Baghiz Nur Rais

    Desember 19, 2016 at 3:23 am

    nice artikel gan, bisa digunakan untuk media pembelajaran bagi blogger pemula. terima kasih

  23. P-Luz LowSpek

    Desember 19, 2016 at 3:32 am

    oh jadi kalo artikel tentang retas-meretas nggak boleh yaa. nice info

  24. Rudhie

    Desember 19, 2016 at 3:32 am

    pengalaman ditolak adsense sih pernah ngalamin 1x karena emang blog masih unyu2.. mungkin terlalu nepsong buat ngasilin dolar :v alhasil ditolak mentah2 karena konten belum memadai :v

  25. Usman West Java

    Desember 19, 2016 at 3:42 am

    jangan gan, kalau meretas itu jangan diajarkan 😀 buat sendiri saja , GA gak menginginkan konten yang berisi oprekan software.

  26. Usman West Java

    Desember 19, 2016 at 3:46 am

    haha, sama dengan poin ane diatas ya nasibnya gan, mungkin hanya sebagian kecil saja blog yang diterima GA diusia seumur jagung yaitu blog yang berhasil memikat visitor yang bejibun..

  27. Arif kecil

    Desember 19, 2016 at 3:47 am

    thanks artikelnya sangat bermanfaat dan dapat dijadikan pembelajaran untuk blogger pemula seperti saya gan trimakasih

  28. Usman West Java

    Desember 19, 2016 at 3:49 am

    sama-sama gan, selagi kita mau berusaha membuat konten yang lebih baik pasti akan ada hasilnya. jangan gampang menyerah saja.

  29. K Zaack

    Desember 19, 2016 at 4:08 am

    jawabanya dari penolakan selalu sama isinya gan, tidak di kasih tau titik mana salahnya.

  30. Abdul Aziz

    Desember 19, 2016 at 6:16 am

    Itulah alasan ane belum pasang iklan GA di blog ane

  31. Usman West Java

    Desember 19, 2016 at 6:23 am

    ayo gan semangat, buat artikel yang sesuai keinginan GA,,,

  32. arga eryzal

    Desember 22, 2016 at 3:32 am

    Haha benar sekali mas, bila ditolak adsense sangat mudah, tapi untuk diterima pasti sulit… Pengalaman merupakan guru terbaik gan…

  33. Usman West Java

    Desember 22, 2016 at 4:11 am

    selamat berusaha dan berjuang habis-habisan gan, biar dapat karung..

  34. Dindin Design

    Desember 27, 2016 at 1:37 pm

    Wah makasih nih, saya tau deh berapa harga website saya heheh

  35. Bos informasi

    Desember 28, 2016 at 8:57 am

    Pengalaman sendiri ketika di tolak adsense sudah puluhan kali gan. Dari situ Ane belajar kira-kira kenapa ya? Ternyata setelah mendapat surat penolakan disitulah kunci pembelajaran. Akhirnya apa yang agan sampaikan itu selaras dengan pengalaman saya juga.

  36. Usman West Java

    Desember 30, 2016 at 3:33 am

    memang pengalaman itu juaranya guru gan,,,,atau guru yang paling juara? ntahlah yang jelas tanpa kita terjatuh pasti kita tidak berdiri kuat…

  37. web.dmd.mcu.edu.tw

    Januari 18, 2017 at 4:35 am

    Very great post. I just stumbled upon your blog and wanted to mention that I have truly loved browsing your weblog posts.
    In any case I’ll be subscribing to your feed and I am hoping you write once more soon! http://web.dmd.mcu.edu.tw/zh-hant/node/525632

    • Usman West Java

      Januari 18, 2017 at 5:21 am

      Thank you for your visit and subscribe to my feeds.
      follow me for further developments

  38. visionitfundit.com

    Januari 19, 2017 at 1:49 am

    With havin so much written content do you ever run into any issues of plagorism or copyright
    infringement? My blog has a lot of exclusive content
    I’ve either created myself or outsourced but it appears a lot of it
    is popping it up all over the web without my authorization. Do you know any
    ways to help protect against content from being stolen? I’d
    definitely appreciate it. http://www.visionitfundit.com/component/k2/itemlist/user/1762

    • Usman West Java

      Januari 19, 2017 at 4:56 am

      plagiarist is very detrimental, to block them, you can minimize your web feeds. or immediate protection of your content with the DMCA protected so that you can freely report the perpetrators of your content thieves.

      thanks regards

  39. flucoin.com

    Januari 20, 2017 at 1:01 pm

    Amazing issues here. I am very satisfied to peer
    your article. Thanks a lot and I’m taking a look forward to touch you.
    Will you please drop me a mail? http://flucoin.com/index.php/component/k2/itemlist/user/488710

    • Usman West Java

      Januari 21, 2017 at 5:55 am

      Thanks guys for visiting. If u have a solving about adsense as like my article please give me more. Ok i’ll meet u by email on the next week.anyway, where do u come from?

  40. Jonas

    Januari 20, 2017 at 11:21 pm

    I’ve read several just right stuff here. Certainly price
    bookmarking for revisiting. I surprise how a lot attempt you place to
    make the sort of wonderful informative web site. http://gette.net/groups/samsung-j700-chrome-vs-nokia-2630-white-comparison-is-very-tough/

    • Usman West Java

      Januari 21, 2017 at 5:58 am

      May be , i’ll meet ur blog to do list sosbook… please free 😀

  41. Jacklyn

    Januari 21, 2017 at 6:42 pm

    Good post. I learn something new and challenging on sites I stumbleupon every
    day. It will always be helpful to read content from other writers and practice something from other websites. http://ufhalignami.it/?option=com_k2&view=itemlist&task=user&id=32241

    • Usman West Java

      Januari 21, 2017 at 9:05 pm

      thanks for your hanging Jack, dont for get come to me again at latest time.

      yes, if we have any issues as like it, we can learn them for a solving.

  42. Muhammad Syukron

    Januari 28, 2017 at 3:50 am

    Kata demi kata sangat berpengaruh. Kadang suka ga sadar saat buat artikel ada kata yang bisa di anggap melanggar adsense. Terimakasih mas, saya mau coba pangkas artikel yang (mungkin) dianggap melanggar sama si mbah?

  43. Pingback: WALAU 1001 KALI DAFTAR ADSENSE PASTI GAGAL JIKA DENGAN CARA INI | Blog Mas Usman

  44. andri fea

    Maret 23, 2017 at 2:13 am

    Intinya adalah jika kamu ingin menang perang , maka persiapkan dulu semua hal yang diperlukan dalam perang ,agar presentase kemenagan lebih besar dari kegagalan …salam

  45. Pingback: FAKTOR PENYEBAB KONTEN TIDAK MEMADAI | Blog Mas Usman

  46. Pingback: PENYEBAB BLOG BELUM RAMPUNG [DITOLAK ADSENSE] | Blog Mas Usman

  47. Pingback: SIAPA SANGKA KESALAHAN KECIL INI BISA MENJADI PENYEBAB DITOLAK ADSENSE DAN VISITOR MALES BACA | Blog Mas Usman

  48. M.Farhan

    April 10, 2017 at 7:01 am

    Entah mengapa blog saya sudah berumur 1tahun tetapi tetap saja tidak di terima. Saya sudah mencoba melihat semua artikel saya dan semua artikel saya sudah mempunyai kata 400-500 dan tidak ada konten yang membahas peretasan. Tapi insyaallah nanti Selasa atau Rabu saya ingin mendaftar lagi ke adsense. Semoga di terima deh.

Tinggalkan Balasan

To Top