BLOGGING

PENGARUH KECEPATAN HALAMAN SITUS TERHADAP BENEFIT

Kecepatan halaman situs

Pengaruh Kecepatan Halaman Situs Terhadap Benefit – Akses halaman situs yang cepat merupakan salah satu tolak ukur dari frekuensi keterlibatan pengunjung, semakin cepat maka akan semakin disukai oleh mereka dan akan menjadi prioritas utama mesin telusur sehingga dapat meningkatkan peringkatnya pada indeks hasil pencarian.

Satu hal yang kian menjadi suatu kesalahan adalah terlalu fokus pada visualisasi. Walaupun hal ini sangat penting namun secara tidak disadari dapat menurunkan kecepatan halaman situs ketika dimuat. Logikanya, dengan semakin banyak memasang pernak-pernik pada widget situs maka kapasitas halaman situs tersebut akan semakin besar sehingga aksesnya menjadi lambat.

Kapasitas halaman yang terlalu besar akan memperlambat akses request to server sehingga terjadi turn over. Hal ini jelas akan mempengaruhi interaksi antara situs dengan pengunjung dan kemungkinan pengunjung akan segera meninggalkan situs setelah membuka satu halaman yang mereka cari sehingga akibatnya berdampak pada bounce rate yang semakin tidak ideal.

Baca : Penyebab Visitor Menjadi Kapok Dan Ogah Kembali Lagi

Apa yang dimaksud dengan kecepatan halaman situs ?

Adalah interval waktu yang dibutuhkan untuk memuat sebuah halaman situs web yang menjadi parameter untuk mengukur berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh pengguna sebelum mereka dapat melihat dan berinteraksi dengan halaman situs. Secara psikologis, menunggu adalah pekerjaan yang membosankan, jadi jangan biarkan pengunjung menunggu lama ketika membuka halaman situs karena mereka akan bosan lalu meniggalkan halaman situs tanpa jejak.

Baca : Cara mempercepat loading blog

Sangat disayangkan apabila sobat memiliki konten yang bagus namun performa situsnya jelek, dalam hal ini adalah kecepatan aksesnya lambat. Menurut beberapa praktisi dari pusat penelitian konsultan Google menunjukan bahwa ada sekitar 53 persen pengunjung yang meninggalkan situs jika interval kecepatan halaman situsnya melebihi 3 detik.

Pengguna biasanya menyukai akses yang cepat pada setiap halaman yang mereka buka, oleh karena itu mulailah untuk mempertimbangkan masalah ini dan segera memperbaiki halaman situs yang aksesnya lambat supaya pengguna tetap terlibat dan betah lebih lama lagi surfing di situs kita.

Apa pengaruh kecepatan halaman situs terhadap pendapatan iklan?

Sekitar tahun 2015 Google pernah mengumumkan bahwa halaman situs yang memiliki akses yang cepat akan menjadi prioritas indexing mesin telusurnya, sehingga dengan begitu situs memungkinkan bisa menjadi lebih unggul dari kompetitor lain karena performanya lebih baik.

Semakin bagus peringkat indexing di mesin telusur maka hal ini akan berdampak positif bagi situs karena potensi keterlibatan pengunjung akan lebih besar yang akan mempengaruhi frekuensi tayang iklan dan tentunya peluang untuk mendapatkan kliknya juga semakin besar karena jaraknya semakin dekat dengan mereka.

Perlu diketahui bahwa meskipun pendapatan dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, tapi yang paling penting untuk dilakukan adalah bagaimana caranya meningkatkan kecepatan halaman supaya menghasilkan pengalaman pengguna yang lebih baik dan mungkin juga bisa meningkatkan pendapatan iklan.

Apa yang dimaksud kecepatan halaman yang ideal ?

Adalah kecepatan akses halaman yang hampir sesuai dengan peraturan kebijakan dan dapat memberikan kenyamanan terhadap pengguna situs. Kunci suskes mengatur performa situs adalah mengetahui nilai kecepatan akses yang ideal tersebut, sehingga bisa melakukan kalibrasi yang tepat dan akurat.

Berikut ini adalah catatan penting mengenai value kalibrasi untuk mempercepat akses halaman yang merupakan hasil penelitian dari para praktisi Google AdSense, silahkan gunakan berbagai macam tools gratis Google atau yang lainnya untuk mencari value tersebut untuk memastikan perfoma situs :

  1. Hindari waktu waktu muat halaman dengan interval 19 detik untuk situs versi mobile pada koneksi 3G karena itu dinilai terlalu lambat.

  2. Hindari kapasitas halaman web yang terlalu besar sehingga memerlukan waktu yang lama untuk memuat halaman tersebut, usahakan di bawah 1 MB.

  3. Hindari jumlah permintaan server yang terlalu banyak terutama pada halaman situs versi mobile sehingga memakan waktu lama untuk memuat halaman tersebut, solusinya kurangi iklan, widget atau pernak-pernik lainnya yang kurang efektif.

    Kesimpulan

    Situs yang lambat akan sulit diterima oleh pengguna, karena pada umumnya mereka menyukai akses yang cepat untuk mendapatkan informasi yang mereka cari.

    Khusus untuk web self hosting agar mempertimbangkan kapasitas hosting yang disewa karena sangat mempengaruhi kecepatan halaman situs.

    Baca : Bagaimana Cara memilih hosting berkualitas ?

    Silahkan gunakan tools milik Google untuk melakukan berbagai macam penelitian terhadap situs, termasuk uji performanya.

    Apabila performa situs jelek maka akan mengganggu frekuensi tayang iklan sehingga dapat menyebabkan pendapan AdSense tidak maksimal.

    Hilangkan script yang tidak terpakai supaya tidak menjadi penghambat kinerja halaman ketika sedang dimuat dan perhatikan selalu ukuran gambar yang digunakan.

    WAJIB DIKETAHUI

    Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Goolge



    1 Comment

    1 Comment

    1. Pingback: Kapan Waktunya Memikirkan Penghasilan Dari Blog ?

    Leave a Reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 54 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top