BLOGGING

PENGARUH RELEVANSI KOMENTAR TERHADAP SEO

Pengaruh Relevansi Komentar terhadap SEO

Pengaruh Relevansi Komentar Terhadap Seo – Di akhir pekan ini penulis akan mencoba membagikan (share) mengenai pentingnya sebuah komentar pada konten. Bagi sobat yang sedang gencar melakukan optimasi SEO blog kesayangannya sebaiknya menyimak baik-baik ulasan ini karena ada kaitannya dengan SEO.

Komentar dari pengunjung merupakan salah satu parameter untuk melihat apakah konten tersebut direspon dengan baik oleh mereka atau malah sebaliknya diabaikan. Tetapi ada juga komentar pengunjung yang malah menurunkan visibilitas blog di mesin telusur sehingga rankingnya menurun di hasil indexing.

Tidak semua blog yang terkenal dan berada di puncak atas hasil pencarian (indexing) itu adalah blog yang sudah berumur dan memiliki visibilitas bagus mengingat alogaritma mesin telusur saat ini sepertinya lebih bersahabat kepada blog yang rajin update konten diikuti dengan kualitasnya yang bagus.

BACA :KUPAS TUNTAS CARA TERBARU MEMBUAT KONTEN BERKUALITAS [UPDATE 2017]

Perlu diketahui bahwa konten yang tidak berkualitas bukan hanya ditolak oleh Google AdSense saja, terkadang bisa terkubur di hasil pencarian karena kalah dengan kompetitor lain. Jadi tidak perlu dijelaskan secara detail alasannya kalau konten sobat sulit muncul di halaman utama indeks pencarian.

Ada satu hal yang sering terlupakan dalam usaha sobat meningkatkan visibilitas blog di mesin telusur (SEO) yaitu komentar dari pengunjung (istilah kerennya visitor). Tingkat relevansi komentar dari visitor ternyata bisa membawa perubahan yang sangat berarti di mesin telusur.

Mungkin tidak jarang kalau pencarian kita mendarat di komentar visitor, penulis sendiri sering melihat komentar mereka yang ada di index pencarian. Tentunya hal ini menjadi perhatian khusus bagi penulis sendiri dan segera mem-filter komentar visitor dari yang tidak relevan.

BACA : CARA GRATIS MENINGKATKAN PERFORMA WEBSITE DI MESIN TEULUSUR

Jangan sungkan-sungkan untuk tidak mem¬-publish komentar yang tidak relevan karena dapat membahayakan reputasi blog kita walaupun pengaruhnya tidak terlalu besar tetapi menghindari itu akan lebih baik daripada malah mem-publishnya.

Dampak dikomentari

Perasaan senang dan bangga tentunya akan hinggap pada diri kita saat konten mendapatkan respon dari pengunjung yaitu berupa komentar, ini berarti bahawa ada yang mengetahui keberadaan blog kita dan ikut memikirkan topik yang di bahas dan pastinya berdampak.

Apabila konten kita bagus pasti kita akan mendapat pujian dari pengunjung, sedangkan jika sebaliknya maka dipastikan pengunjung akan malas dan menyesal telah melihat konten kita karena tidak ada manfaatnya sama sekali.

Ingatlah sobat bahwa salah satu asset kita yang paling berharga adalah pengunjung, berikan yang terbaik kepada mereka dengan konten yang berbobot dan besar nilai manfaatnya sehingga dampaknya akan terasa bagi si pengunjung tersebut.

Jika dalam konten kita terdapat banyak komentar yang relevan maka hal ini tentunya akan sangat membantu menaikan visibilitas blog di mesin telusur. Jadi sangat jelas perlu adanya usaha untuk mendapatkan komentar yang relevan untuk mendorong indexing di mesin telusur terutama Google.

Dampak mengomentari

Mengomentari blog orang lain merupakan salah satu aktifitas SEO Off Page atau kegiatan promosi di luar blog biasanya dilakukan saat blog walking (BW). Nah ini juga ternyata berdampak terhadap blog kita dan bisa meningkatkan SEO kalau dilakukan dengan benar.

Secara tidak disadari kita akan disorot oleh sang pemilik blog, seperti saat kita menerima komentar dari orang lain maka seperti itulah perasaan pemilik blog tersebut. Jadi kalau komentar kita jelek maka sudah pasti kita dicap buruk sama pemilik blog sehingga reputasi akan menurun.

BACA : SIKAP BLOGGER YANG GAGAL PAHAM

Blog merupakan perwujudan dari kita, jadi kalau kita dibenci orang lain maka sama halnya dengan membenci blog kita dan jika blog kita tidak berkualitas maka kita akan dicap sebagai orang yang tidak berkualitas juga, sehingga sangat tipis kemungkinan untuk bisa bertahan lama di seni blogging.

Cara mendapatkan komentar yang relevan

Seperti yang penulis sebutkan tadi, bahwa untuk mendapatkan hal baik maka kita harus berbuat baik. Jadi berkomentarlah yang relevan saat blog walking sehingga kita akan dihargai sama pemilik blog tersebut dan tentunya ada potensi untuk dikunjungi balik.

Jangan saling membalas dengan hal yang serupa apabila blog kita dikomentari dengan komentar yang tidak relevan. Tetap perlihatkan bahwa kita blogger professional dengan memberikan komentar yang relevan di setiap konten yang kita kunjungi.

Penulis sendiri terbilang sering mendapatkan komentar yang tidak relevan bahkan ada yang nyepam di kolom komentar, namun penulis tidak membalasnya dengan hal serupa malah mengomentari blognya dengan komentar yang positif.

Selalu memberikan respon yang baik terhadap blog orang lain merupakan salah satu faktor mendapatkan komentar yang relevan, lambat laun mereka akan sadar dengan sendirinya dan memberikan penghargaan kepada kita dengan komentar yang layak.

Hal yang tidak boleh dilakukan ketika berkomentar

Ketika kita berkomentar di blog orang lain maka dipastikan tidak melakukan hal berikut ini karena resikonya cukup fatal dan dibenci pemilik blog :

  1. Nyepam dikolom komentar atau sejenisnya seperti menyematkan link aktif

  2. Berkata kotor

  3. Mencaci pemilik blog

  4. Membuli pemilik blog

  5. Meminta kunjungi balik (kunbal)

  6. Komentar pendek (nice info, thx gan, bermanfaat, dll)

Solusi mengatasi komentar yang tidak relevan

Ada sedikit solusi mengatasi komentar yang tidak relevan di blog yaitu dengan membuat ketentuan berkomentar yang baik dan benar dengan cara menyematkannya di atas kolom komentar. Karena dengan begitu pengunjung yang berkomentar setidaknya memahami keinginan sang pemilik blog.

Batasi jumlah minimal kata dalam kolom komentar untuk menghindari komentar yang terlalu pendek. Apabila sobat menggunakan CMS WordPress maka hal ini akan sangat mudah dilakukan yaitu dengan cara :

Buka Cpanel>Public_html>Wp-include>functions.php

Kemudian sisipkan script dibawah ini

add_filter(‘comment_form_
default_fields’,
‘wpb_alter_comment_form_fields’);
add_filter( ‘preprocess_comment’, ‘wpb_preprocess_comment’ );
function wpb_preprocess_comment
($comment) {
if ( strlen( $comment[‘comment_content’] ) > 2000 ) {
wp_die(‘Komentar terlalu panjang. Harap ketik komentar di bawah 2000 karakter.’);
}
if ( strlen( $comment[‘comment_content’] ) < 50 ) { wp_die('Komentar terlalu pendek. Silakan gunakan setidaknya 50 karakter.'); } return $comment; }


Sampai disini dulu ya sob ulasan pengaruh relevansi komentar terhadap SEO ini semoga bisa menambah wawasan sobat dalam melakukan aktivitas optimasi SEO blog kesayangannya.

Kesimpulan

Membatasi komentar hanya dilakukan jika dirasa perlu dan tidak menyukai komentar pendek.

Reputasi kita sangat bergantung kepada bagaimana cara kita memperlakukan orang lain karena langsung atau tidak langsung pasti hubungan timbal balik akan terjadi.

Untuk mendapatkan reputasi yang baik maka berikanlah selalu penghargaan kepada orang lain minimimalnya dengan komentar yang relevan (untuk sesama blogger)

Jangan merasa paling benar dan tetaplah menerima masukan dari pengunjung dengan senang hati dan sambut mereka dengan senyuman.

Selalu ramah dan menghindari konflik akan lebih baik karena kita akan selalu mendapat perhatian lebih dari blogger lain.

semoga bermanfaat
salam sukses

21 Comments

21 Comments

  1. Ina

    Maret 26, 2017 at 1:43 am

    Saya masih rancu dengan tidak jangan menyelipkan link aktif di komentar.
    Maksudnya apa link itu di bagian kolom Url blog atau di dalam kolom komentar ?Terimakasih

  2. Usman West Java

    Maret 26, 2017 at 2:06 am

    Link aktif merupakan link rujukan yang jika di klik akan mengarah ke konten tertentu. biasaynya ini akan dianggap spam oleh si pemilik blog dan selain itu akan menimbulkan potensi broken link jika konten tersebut telah dihapus pemiliknya sementara linknya tetap menempel di kolom komentar. Mengingat alogaritma google saat ini yang mengharuskan semua link dalam dan ke luar blog harus relevan (sesuai topik)

  3. Agri Dwi Ananda Juhari

    Maret 27, 2017 at 1:15 am

    Wah bisa bahaya juga dapat komentar yang tidak relevan…izin comot scriptnya ya min…

  4. Fadil muhaimin

    Maret 27, 2017 at 1:36 am

    Saya lihat di panduanim, rentang blogger blogger yg sukses. Sy sudah lupa nama bloggernya tapi yg jelas temanya travel. Nah, disitu dia menyarankan agar memasukkan link aktif untuk memperkenalkan blog. Gimana itu mas?

  5. naufal aryaputra

    Maret 27, 2017 at 1:40 am

    Sayangnya reader jarang meninggalkan jejak seperti mengisi kolom komentar, memberikan rating dan bukan hanya website saya yang mengalaminya berbagai konten writer dari website ternama mengalami hal demikian.

  6. Angga Gilang

    Maret 27, 2017 at 5:53 am

    Berkomentar di blog lain bisa meningkatkan Seo blog caranya gimana mas? Apa harus berkomentar relevan? Atau berkomentar di situs wordpress yg tersedia kolom untuk url blog kita?

  7. Bang Boy

    Maret 27, 2017 at 6:53 am

    Sangat membantu sekali dan juga sangat berguna sekali…tetapi sayang sekali scriptnya bukan untuk blogger πŸ™‚

  8. M.Farhan

    Maret 27, 2017 at 7:18 am

    Kebanyakan orang komen hanya nice post. Paling sebel sama orang yg komen begitu. Apalagi ditambahin Link blog di komentar.

    Tapi, apakah jika kita tambahkan Link di komentar akan berdampak buruk bagi blog?

  9. Aditya Permono

    Maret 27, 2017 at 7:41 am

    ternyata efeknya sngat berpengaruh .. baru tahu ane… komentar yg tdk relevan apakah berpengaruh thd seo suatu blog? atau sama saja seperti komentar lainnya?? makasih gan

  10. Ali Amrina

    Maret 27, 2017 at 11:16 am

    saya membaca beberapa artikel tentang bagaimana membuat blog cepat dikenal dan di temukan oleh pengunjung, salah satunya dengan berkomentar dan memasukkan link blog kita dalam kolom komentar. tapi di artikel ini terdapat pendapat yang berbeda dengan alasan yang sangat logis, sebenarnya antara keduanya ada benarnya namun tergantung tujuan saja.ali

  11. Usman West Java

    Maret 28, 2017 at 1:29 am

    seiring dengan perkembangan alogaritma goole maka kita harus waspada terhadap link dari luar yang masuk ke dalam blog kita. untuk mencegah terjadinya broken link yang membahayakan bagi SEO blog.

  12. Usman West Java

    Maret 28, 2017 at 1:32 am

    secara tidak langsung komentar dapat berdampak pada reputasi sebuah blog. oleh karena itu saya sarankan supaya berkomentar sesuai topik (relevan) silahkan dikaji lagi mas angga karena alasan saya sudah dicantumkan di ulasan ini.

  13. Usman West Java

    Maret 28, 2017 at 1:36 am

    sangat jarang blogger yang mau mempublish kolom komentar yang ada link aktifnya (baclink) mengingat resikonya lumayan berat, andai konten tersebut/blog tersebut sudah dihapus itu akan menjadi briken link sehingga akan mengganggu perayapan mesin telusur ke blog kita. mungkin blog besar sangat mempertrimbangkan soal ini.

  14. Faisol Abrori

    Maret 28, 2017 at 3:36 am

    Berarti kalo yg wordpress bisa memanipulasi komentar gitu ya ? Yg wordpress biasa apa yg Self Host ? Hemm, kapan ya, Blogspot bisa kek gitu juga ? Ya udah mas, thanks For sharing-sharing nya

  15. Rehanfirdaus

    April 2, 2017 at 9:07 pm

    Ternyata berpengaruh ya mas, nah kalo komentarnya ada banyak itu mempercepat blog umur jagung naik ke pageone apa nggak?

  16. Mukhofas Al-Fikri | BauBlogging

    April 3, 2017 at 1:16 am

    Hi Usman

    Apa kabar?

    Betul mas komentar antara kualitas dan tidak kualitas memiliki daya sihir bahwa blog itu bermutu cukup apa tidak.

    Banyak jga pengomentar blog itu pendek dan parahnya si empu mengijinkan dan apabila komentar pendek tak berdaging isinya tentu pembaca menilai ini komentar itu tak ada artinya apa apa.

    Jd saran saya berkomentar seperti beropini/memberi sanggahan/ bertanya yang betul murni bukan sekedar sekedar aja.

    Oh ya mas mau tanya tp oot ya hehe
    1. Gimana sih membuat daftar isi yg akan diterapkan di blog saya.
    2. Gimana ya dibagian sistem komentar ini yg nampak cuma nama dan email aja?

    Mungkin cukup itu dulu ya

    Mukhofas Al – Fikri

  17. Usman West Java

    April 3, 2017 at 8:59 am

    alhamdulillah mas saya sehat,

    saya senada dengan apa yang dikatakan mas mukhofas bahwa yang punya blog intinya jangan terlalu gegabah mengizinkan segala bentuk komentar. insya alloh saya kasih scriptnya mas, πŸ™‚

  18. Usman West Java

    April 3, 2017 at 9:01 am

    intinya respon dari pengunjung sangat berarti untuk meningkatkan seo, tapi respon yang positif dan relevan

  19. Pingback: KESALAHAN NGEBLOG YANG SERING DIKACANGIN | Blog Mas Usman

  20. Pingback: Pakai Cara Ini Untuk Meningkatkan Trafik Blog Dengan Segera

  21. Pingback: Tips Meningkatkan Optimasi website dengan Berkomentar Di Website Lain

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 55 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top