SEO

PENYEBAB ARTIKEL MENJADI TIDAK SEO

Penyebab Artikel menjadi tidak SEO

Penyebab Artikel Menjadi Tidak Seo – Keberadaan artikel dalam blog memiliki peranan penting bagi visibilitas blog dalam jangka panjang. Namun sepertinya hal ini terlalu sering dikesampingkan oleh beberapa beginner yang sedang merintis karirnya menjadi seorang blogger, bahkan hal ini hampir bisa dikatakan mayoritas.

Hal yang perlu diketahui dalam sebuah artikel blog adalah metadata yang merupakan tolak ukur keberhasilan kemunculan artikel pada indeks hasil pencarian mesin telusur. Sobat harus bisa membedakan antara artikel untuk buku biasa yang diterbitkan secara offline dan artikel yang akan diterbitkan secara online melalui situs web atau blog.

Kenapa artikel blog harus SEO ?

Supaya mudah dikenali oleh mesin telusur

Artikel untuk blog harus dioptimasi dengan baik terutama struktur metadata dari artikel tersebut agar dapat dikenali oleh mesin telusur. Selain penggunaan metadata, artikel blog juga harus menggunakan phrase yang menarik perhatian agar ada potensi diklik oleh pengguna. Tempatkan phrase yang menarik tersebut pada tag h1 minimalnya.

Baca : Kupas tuntas cara terbaru membuat konten berkualitas

Apa Yang Perlu Dioptimasi Agar Artikel Menjadi Seo ?

Jawaban yang tepat adalah metadata

Metadata yang terdapat dalam artikel untuk blog perlu dioptimasi supaya dapat dikenali dengan baik oleh mesin telusur, sehingga hal ini bisa memudahkan pengguna menemukan topik yang mereka cari dari indeks hasil pencarian mesin telusur, dengan demikian artikel tersebut mendapat gelar artikel SEO.

Dalam hal ini, optimasi header tags merupakan salah satu yang perlu dilakukan dan jangan sampai ada kekeliruan yang dapat berakibat fatal yang menyebabkan artikel menjadi tidak SEO. Terdapat enam header tags yang memiliki peranan penting untuk SEO dan penerapannya dalam artikel harus benar-benar tepat.

Baca : Mengenal Header Tags dan Fungsinya Pada Artikel SEO

Pada ulasan ini penulis hanya akan menjelaskan beberapa kesalahan dalam penggunaan header tags yang menyebabkan artikel menjadi tidak SEO. Hal ini sering penulis temukan terutama pada halaman situs para beginner. Inilah yang menjadi faktor penyebab terlahirnya artikel ini.

Seperti Apa Bentuk Kesalahan Penggunaan Header Tags ?

menggunakan lebih dari satu tag h1 pada artikel

Apabila sobat menggunakan tag judul h1 lebih dari satu dalam satu halaman situs maka akan dianggap upaya untuk memasukan kata kunci dalam jumlah yang tidak wajar atau berlebihan sehingga bisa divonis spamming oleh spider bot dan ia akan berhenti merayapi halaman tersebut, bahkan mendepaknya dari indeks pencarian.

memanipulasi tag judul sehingga menjadi tersembunyi

Salah satu contoh dari poin ini adalah merubah warna header tags menjadi sama dengan warna background sehingga menjadi tidak terlihat, dengan maksud melakukan optimasi keyword, padahal ini adalah cara yang salah.

Cara ini bisa berakibat fatal bagi situs, terutama jika bagian yang dimanipulasi tersebut adalah komponen yang dapat mempengaruhi optimasi SEO. Jelas kalau ini adalah perilaku yang wajib kita hindari karena bisa merusak visibilitas situs sehingga peringkatnya bisa menurun.

Menduplikat tags judul dan membuat konten yang sama

Masalah ini sering terjadi pada beberapa situs pemula, biasanya ketika sang author situs mulai kehabisan ide untuk menulis. Jadi, hindari pembuatan konten yang sama dalam halaman situs karena bisa berdampak buruk terhadap proses indexing dan mungkin saja spider bot akan error ketika merayapi situs tersebut.

Menggunakan tag judul untuk mendesain teks

Penulis sering menemukan penggunaan header tags terutama h1 dalam struktur penulisan artikel dengan tujuan membuat huruf kapital. Ini jelas suatu kesalahan yang harus dihindari, gunakan stylesheet css untuk membuat huruf besar dan huruf kecil atau keperluan styling lainnya. Ingat kalau header tags itu hanya untuk membuat judul dan sub judul.

Kesimpulan

Bedakan antara artikel tutorial dan artikel pemecahan masalah, jangan terlalu banyak tulisan untuk artikel tutorial tetapi perbanyak gambar tentang topik tersebut. Untuk artikel pemecahan masalah buatlah uraian selengkap-lengkapnya.

Mebuat tag judul yang menarik perhatian sangatlah penting, buatlah yang membuat orang penasaran dan berilah uraian yang seimbang dengan judul agar pembaca tidak kecewa karena merasa tertipu sama judul.
Sebaiknya pada tag judul (h1) mengandung dua kata kunci yaitu kata kunci utama yang ditargetkan dan kata kunci turunan.

Promosikan artikel sewajarnya ke seluruh jejaring sosial, lebih disarankan ke grup yang berhubungan dengan topik yang dibahas.

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Goolge



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 54 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top