ADSENSE

FAKTOR PENYEBAB KONTEN TIDAK MEMADAI

Faktor Penyebab konten tidak memadai

Faktor penyebab konten tidak memadai – Sebagai mana yang telah dikatakan sir Matt Cutts bahwa “content is king” memang sangat benar adanya, karena tingkat keberhasilan kompetisi sebuah blog itu bergantung kepada kualitas konten yang berada dalam blog tersebut.

Tidak sedikit publisher AdSense yang tumbang karena kontennya bermasalah. Uniknya, masalah tersebut bisa dibilang sangat kecil dan sulit untuk diketahui kalau kurang teliti. Ibarat mencari kutu dalam gundukan pasir , seperti tulah susahnya mencari kesalahan tersebut karena nyaris semuanya benar.

Memang menjadi publisher AdSense itu tidak boleh lengah apalagi bermain curang karena pastinya tidak akan bertahan lama kalau permainannya seperti itu. Peran publisher lain sangat diperlukan untuk bisa saling koreksi kesalahan dan berbagi pengalaman, jadi tepatnya jangan main AdSense seorang diri.

BACA : PENGALAMAN DITOLAK GOOGLE ADSENSE

Mungkin bisa dikatakan masalah yang cukup serius apabila pendaftar tidak memahami kebijakan konten AdSense karena hal ini sangat menentukan keberhasilan menjadi publishernya. Jadi menurut penulis silahkan kaji dan cermati dengan teliti.

Penulis bukan tanpa alasan menjelaskan hal ini, karena mengingat banyak sekali yang bermasalah di penulisan konten dan mereka rata-rata tidak mengerti masalahnya apa hingga kontennya divonis sebagai konten yang tidak memadai oleh Google AdSense.

Penolakan karena konten tidak memadai kalau menurut pengalaman penulis lebih condong ke arah kualitas bukan kuantitas. Makanya penulis sempat menyarankan di artikel sebelumnya kalau mendaftar AdSense itu usahakan konten belum banyak, mungkin sekitar 25 konten sudah cukup supaya mudah untuk mengevaluasinya.

Mungkin tahun 2017 ini prediksi penulis kalau pendaftaran AdSense itu dipermudah karena jumlah backlink dan visitor tidak menjadi penentu kelulusan seperti pada tahun 2009 silam. Seiring dengan pengembangan alogaritma Google hingga saat ini yang paling diprioritaskan adalah kualitas konten.

BACA : KUPAS TUNTAS CARA TERBARU MEMBUAT KONTEN BERKUALITAS [UPDATE 2017]

Berikut ini adalah faktor konten tidak memadai yang merupakan kesalahan umum dan sering terjadi yang diprediksikan bisa memicu adanya pelanggaran kebijakan konten AdSense sehingga pendaftaran sobat selalu ditolak dan untuk yang sudah punya akun AdSense akan berpotensi dibanned :

Penggunaan gambar berlisensi secara ilegal

Hal ini paling banyak ditemukan pada konten sewaktu penulis mencoba membantu beberapa teman blogger yang minta direview kontennya. Sobat harus tau kenapa Goolge menyediakan gambar bebas lisensi, ya salah satunya untuk dipakai di artikel karena kebutuhan gambar semakin banyak dan Goolge memahami itu sehingga memberikan solusinya.

Mungkin jika sobat tetap ingin menggunakan gambar berlisensi sebagai pelengkap artikel, maka jangan lupa mencantukan sumbernya jangan main comot saja karena pasti akan divonis tidak menghargai privasi orang lain dan akhirnya kena DMCA.

Gambar tidak mempengaruhi penilaian AdSense hanya memperindah tampilan artikel saja, jadi jangan terlalu fokus kepada gambar dan fokuslah kepada dampak dari artikel tersebut. Tidak sedikit yang menggunakan gambar berlisensi untuk keperluan artikel AdSense, jadi wajar kalau tidak sedikit juga yang ditolak atau dibanned.

Memasang iklan CPA

Sepertinya banyak yang kurang paham bagaimana memperlakukan sebuah iklan dalam blog, menurut pendapat penulis kalau mau main AdSense diusahakan sterilkan dulu blog dari iklan lain terutama iklan CPA (Cost Per Action).

Sobat harap waspada terhadap iklan CPA (Cost Per Action) akrab dengan istilah afiliasi karena Google AdSense sepertinya kurang atau bahkan tidak menyukai blog afiliasi, jadi silahkan sobat pilih mana dan pastinya harus salah satu dan jangan dua-duanya.

Biasanya sih kalau blog pemain CPA artikelnya pun kurang bersahabat dengan AdSense karena pastinya artikel blog tersebut merupakan artikel promosi produk tertentu dan ini bersebrangan dengan kebijakan konten AdSense.

Jadi apabila sobat mau banting setir dari CPA ke CPC Google AdSense silahkan koreksi dulu artikelnya dan copot iklan CPA tersebut. Sebenarnya penulis tidak menyarankan hal demikian karena pasti cukup rumit dan mendingan buat blog baru saja.

Konten berupa makalah

Memperhatikan kebijakan konten bahwa konten berupa makalah tidak akan disetujui, maka dengan berat hati penulis menyimpulkan blog yang memuat konten makalah itu sulit untuk bisa disetujui, untuk lebih jelasnya silahkan baca di kebijakan konten AdSense.

Saran penulis lebih baik sobat me-recover makalah tersebut menjadi format artikel yang menceritakan isi dari makalah itu.

Contoh :

“Makalah hasil penelitian di cagar alam pantai pangandaran”

Walaupun makalah tersebut menuliskan hasil riset tentang cagar alam pangandaran secara detail dengan data-data yang akurat, tapi kalau formatnya makalah itu sepertinya bukan selera Google AdSense.

Lebih baik sobat buat artikel yang bersahabat dengan AdSense dan ambil referensi dari makalah tersebut. Misalkan judulnya menjadi seperti ini :

“Keindahan Cagar Alam Pantai Pangandaran yang Selalu Dirindukan”

Silahkan buat uraian dari judul di atas dan referensinya dari makalah tersebut sehingga menjadi artikel unik. Perlu sobat pahami dampaknya itu berbeda antar membaca makalah dengan artikel unik yang sesuai keinginan AdSense, silahkan saja dicoba sendiri.

Memasang link download

Link download sangat dekat sekali dengan pelanggaran kebijakan privasi dan sebagian praktisi AdSense termasuk mas sugeng sendiri tidak mau bekerja sama JV AdSense dengan blog yang kontennya berbau download.

Memang blog download berpotensi viral tapi berpotensi besar ditolak Google AdSense. Mungkin berupa pengecualian kalau link downloadnya mengarah ke promosi produk-produk Goolge seperti yang ada di Google play store dan download produk milik sendiri itu sah-sah saja.

Tapi akan berbeda dengan download film, software crack, dan link download lainnya yang mengarah kepada konten yang di haramkan Google.

Kesimpulan

Untuk membuat konten unik yang sesuai keinginan Google AdSense resepnya adalah kebijkan konten AdSense, silahkan dihapalin saja supaya sobat bisa sukses mendaftar AdSense dan diterima menajadi publishernya.

BACA : TIPS SUKSES MENDAFTAR ADSENSE UNTUK BLOG SEUMUR JAGUNG

Gunakan aplikasi untuk melacak keunikan konten yang dibuat dan jangan langsung dipublish untuk memastikan konten sobat bebas dari duplicate konten.

Untuk menghindari konten tidak memadai maka buatlah artikel pilar sebanyak 25-30 artikel untuk bisa mendaftar AdSense dan usahakan artikel yang berpotensi viral dan banyak dibutuhkan pengguna.

Hindari backlink yang tidak relevan dengan konten yang dibuat karena dapat menimbulkan penilaian yang buruk dari Google.

Semoga bermanfaat
Salam Sukses

2 Comments

2 Comments

  1. teguh tri sutrisno

    April 2, 2017 at 10:06 pm

    sudah mencoba daftar beberapa kali, masih gagal, karena konten kurang memadai. Baru tahu, kalo ternyata penyebabnya seperti itu, terima kasih infonya.

  2. Pingback: PENGATURAN NAVIGASI SITUS AGAR SESUAI KRITERIA GOOGLE ADSENSE [TEMPLATE EVOMAGZ] | Blog Mas Usman

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
%d blogger menyukai ini: