BLOGGING

PENYEBAB VISITOR MENJADI KAPOK DAN OGAH KEMBALI LAGI

Penyebab Visitor Menjadi Kapok Dan Ogah Kembali Lagi – Visitor merupakan pelopor kesuksesan dari sebuah blog dan sekaligus menjadi indikator dari kualitas sebuah konten. Di dunia internet marketing kehadiran mereka sangat dinantikan oleh para pelaku pasar konten tidak terkecuali blogger.

Mungkin semua blogger sangat menyadari bahwa keberadaan visitor di blognya wajib dipertahankan untuk mendongkrak strategi pemasaran mereka sehingga bisa menembus benteng persaingan di arena pergulatan SEO.

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa penilaian visitor merupakan salah satu faktor yang berdampak kepada kredibilitas dari sebuah blog. Jadi seorang blogger wajib memikirkan kemudian selanjutnya menciptakan konten yang tepat untuk kenyamanan mereka agar betah berada di blog.

Visitor akan secara estafet mengajak satu sama lainnya untuk berkunjung jika sudah menemukan konten yang menarik dari sebuah blog karena pada dasarnya mereka senang berbagi hal yang menurut mereka itu unik. Sebagai contohnya yaitu lawakan si mukidi yang bisa tersebar dengan cepat di Nusantara bahkan hebatnya bisa sampai disiarkan di televisi.

Hal di atas merupakan realita dari dampak kehadiran visitor yang bisa membawa perubahan yang begitu signifikan bagi trafik dan dapat mendongkrak pemasaran konten di kancah persaingan baik dalam negeri maupun mancanegara sehingga konten akan sangat sulit untuk digelincirkan oleh pesaing lainnya.

Itulah suatu bukti adanya kekuatan yang sangat besar dari kehadiran visitor sehingga menjadi pemicu keberhasilan meraih pencapaian yang diharapkan. Tetapi semua itu kembali lagi kepada kualitas konten yang ditawarkan kepada mereka, apakah unik atau biasa-biasa saja sehingga tidak ada daya tariknya sama sekali.

Tidak jarang seorang content creator dalam hal ini blogger sering kebingungan bagaimana caranya supaya trafik visitornya naik, bahkan mereka yang putus asa banyak menggunakan teknik jigling padahal itu konyol walaupun terlihat trafik visitor langsung melesat secara drastis, karena itu bukan trafik manusia tetapi BOT atau bisa dikatakan mesin.

Sebaiknya seorang blogger harus mulai instrospeksi diri dengan adanya value trafik visitor yang kecil atau tidak ada sama sekali. Periksa dan tanyakan kepada orang lain apakah konten kita bermanfaat, enak dibaca, atau malah sebaliknya. Sepertinya hal ini sering terlupakan oleh para content creator untuk dapat mengetahui letak kesalahannya.

Sebagai filosopi sederhananya begini: Lihatlah diri kita di hadapan cermin, pasti setidaknya kita akan tau hal apa saja yang kurang dari penampilan kita. Nah dalam seni blogging pun kurang lebihnya seperti itu untuk dapat memahami bagaimana warna konten maka kita butuh cerminnya yaitu orang lain, mintalah pendapat sama mereka dan ambilah keputusan dari pendapat yang paling rasional.

Untuk membekali sobat agar bisa mempertahankan visitor, penulis akan memberikan sedikit trik yang merupakan hasil analisa penulis dari beberapa blog yang sangat mungkin dapat menyebabkan visitor menjadi kapok dan ogah balik lagi :

Gaya tulisan tidak menarik perhatian dan konten tidak berkualitas

Pandangan pertama merupakan alasan yang tepat untuk jatuh cinta, itulah alasan mengapa gaya yang disertai kualitas perlu dikedepankan ketika menawarkan sesuatu kepada orang lain tidak terkecuali sebuah konten yang wajib memiliki suatu gaya yang menarik dan tentunya berkualitas supaya bisa mengalihkan perhatian banyak orang.

Seorang blogger itu wajib memiliki skill berbeda dari blogger lainnya (lain dari yang lain), karena ini bisa menjadi faktor penentu warna dari sebuah kreativitas. Please deh, hilangkan budaya merasa hebat dan sering-seringlah instrospeksi diri supaya bisa sadar kualitas kita itu bagaimana di mata orang lain.

BACA : SIKAP BLOGGER YANG GAGAL PAHAM

Biasanya letak kegagalan blogger itu disini yaitu tidak bisa menganalisa apa yang dia buat sehingga terkesan ceroboh dalam menentukan langkah dan pastinya hasilnya berantakan. Cobalah periksa dengan teliti setiap bagian dari konten dan apakah pengaruhnya kepada pembaca, jangan terlalu arogan karena hasilnya bisa nihil.

Buatlah gaya yang khas supaya tepat sasaran dan harap kondisikan dengan keadaan yang ditargetkan. Sebagai contoh targetnya para remaja tentunya bahasa atau penyampaiannya harus sesuai dengan selera mereka dan jangan terlalu kaku sehingga visitor menjadi kapok membacanya.

Perhatikan paragraf karena ini disinyalir bisa menyebabkan visitor menjadi kapok membaca artikel sobat karena paragraf yang terlalu panjang bisa membuat mereka jenuh. Selain itu paragraf yang terlalu panjang juga bisa membuat sesak pembaca karena akan terasa seperti menyelam ke dasar sumur.

Terlau banyak iklan yang mengganggu

Kehadiran iklan dalam blog memang menguntungkan bagi pemiliknya, tetapi disisi lain juga bisa merugikan. Iklan yang terlalu mengganggu akan menyebabkan visitor menjadi kapok dan ogah balik lagi untuk berkunjung. Hal tersebut sudah banyak terbukti di lapangan hingga akhirnya banyak blogger yang gulung tikar.

Jangan mengganggu pengunjung dengan iklan yang muncul secara tiba-tiba terutama pada saat pengunjung landing di blog kita. Tidak jarang penulis melihat iklan yang berlebihan pada saat landing di blog lain bahkan iklan tersebut membahayakan device karena berupa malware dan parahnya lagi ada yang bisa menguras pulsa visitor.

Hindari iklan yang tidak wajar karena selain membahayakan pengunjung juga membahayakan blog karena bisa terkubur di mesin telusur hingga menyebabkan konten menjadi sangat sulit ditemukan oleh pengguna akibat adanya malware tersebut.

Blog lemot dan templatenya tidak mobile friendly

Inilah salah satu penyebab utama terjun bebasnya trafik visitor karena jika ini terjadi terhadap blog maka dijamin visitor menjadi kapok dan ogah balik lagi. Kondisi seperti ini bukanlah sebuah mitos tapi fakta karena sangat berpengaruh terhadap psikologi visitor, tidak sedikit visitor yang mendadak naik tensinya hanya gara-gara membuka blog yang lemot.

BACA : CARA MEMPERCEPAT LOADING BLOG

Perhatikan setiap saat dan lakukan maintenance secara berkala apabila blog sudah mulai lemot karena bisa bereksiko tinggi. Jangan terlalu memperhatikan penampilan blog yang penuh dengan pernak-pernik, jika membuat blog menjadi lemot maka tidak salahnya kalau mengurangi gaya tampilan.

Saat ini hampir 80 persen pengguna internet aksesnya menggunakan mobile, jadi penulis berharap sobat bisa memperhatikan masalah ini dan mendesain blog menjadi kompatibel dengan berbagai device sehingga mudah diakses oleh banyak pengguna.

Jangan lupa untuk selalu melakukan optimasi di mesin telusur untuk bisa mempercepat loading blog karena hal ini perlu dilakukan secara rutin. Gunakan tools yang bisa memberikan informasi yang akurat mengenai perlakuan dan kondisi blog di mesin telusur.

BACA : CARA GRATIS MENINGKATKAN PERFORMA WEBSITE DI MESIN TEULUSUR

Sampai disini ulasan singkat mengenai penyebab visitor menjadi kapok dan ogah kembali lagi untuk berkunjung, semoga menjadi bahan pertibangan buat sobat yang tengah gencar-gencarnya mempromosikan blog untuk bisa meningkatkan trafik.

Harapan penulis semoga sobat bisa menghindari 3 hal yang disebutkan di atas supaya tidak menghambat keberhasilan strategi pemasaran dari sebuah konten yang sedang dipromosikan ke pengguna.

Kesimpulan

Keindahan tulisan, majas dan untaian kata yang indah bisa menjadi bumbu pelngkap dari kualitas artikel sehingga ada daya tarik tersendiri kepada pembaca.

Perhatikan isi artikel dan pikirkan dengan baik sejauh mana manfaat dari pesan yang disampaikan melalui tulisan tersebut.

Lakukan cross check lebih dari satu kali untuk menghindari kesalahan dalam penulisan kata atau ada susunan kalimat yang kurang enak dibaca.

Manjakan visitor dengan informasi yang akurat, supaya mereka memiliki pengalaman dari kunjungannya ke blog kita.

Jangan membuat tulisan yang terlalu frontal hanya untuk mengundang perhatian mereka karena bisa memicu keributan dan akhirnya blog bisa dibanned selain itu juga bisa menurunkan reputasi.

Kunjungi alat webmaster yang digunakan untuk dapat melakukan control penuh terhadap blog atau website dan lakukan maintenance dengan segera apabila ada kerusakan seperti perayapan error (crawl error) yang sering terjadi.

Perhatikan gambar yang digunakan pada konten karena sering terjadi over size sehingga terlalu melebar melewati frame template dan tampilannya menjadi tidak mobile friendly.

Semoga Bermanfaat
Salam sukses

6 Comments

6 Comments

  1. Aknan

    April 5, 2017 at 10:16 am

    Artikel yg sangat menarik dan bermanfaat, jadi tau tentang penyebab visitors ogah kembali, Saya tunggu artikel – artikel selanjutnya. Salam Sukses

  2. Ivan

    April 9, 2017 at 5:29 am

    Artikel yang keren. Seperti biasa, kang Usman selalu menerbitkan konten berkualitas.

    Saya sendiri selalu mencari cara supaya Blog bisa loading lebih cepat. Karena konten sebagus apa pun akan percuma kalau visitor menekan tombol ‘x’ sebelum konten kita loading.

    Salam,
    Ivan

    • Usman West Java

      April 9, 2017 at 10:02 am

      terimakasih mas ivan.

      memang benar apa yang dikatakan mas ivan soal kecepatan loading blog yang sangat mempengaruhi psikologi pengunjung yang datang, saya sendiri sering mengamati kecepatan blog saya setiap seminggu sekali dan maintenance secara berkala.

  3. M. Syahri

    April 10, 2017 at 12:17 pm

    YAP benar banget gan, dan visitor adalah kunci dari kemajuan blog. Kita harus berusaha sebaik mungkin untuk membuat para visitor betah berlama-lama dan ketagihan. Dan tak semua blogger paham caranya, mungkin termasuk saya juga kurang paham. Terima kasih mas

  4. Pingback: Pengaruh Kecepatan Halaman Situs Terhadap Benefit

  5. Pingback: Kabar Baik Dari Dunia Periklanan Google Untuk Tahun 2018

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
%d blogger menyukai ini: