ADSENSE

BEGINILAH JIKA HALAMAN SITUS DITILANG ADSENSE [MELANGGAR KEBIJAKAN]

terkena tilang google adsense.jpg

Beginilah Jika Halaman Situs Ditilang Adsense – Google memang terkenal sangat kooperatif dalam menjalankan sistemnya sesuai dengan kebijakan mereka, tidak terkecuali di Google AdSense yang super ketat. Bagi penayang manapun yang patuh terhadap peraturan Google maka sebagai hadiahnya adalah kerjasama dalam jangka panjang.

Mungkin sobat tidak jarang melihat satu persatu situs yang melanggar kebijakan Google telah tumbang dan hal tersebut sangat disayangkan karena hasil keringatnya selama ini terhempaskan begitu saja sebelum meraih kesuksesan sesuai dengan yang diharapkan. Jika ingin serius menjadi praktisi internet marketing dengan memanfaatkan Google maka ikuti aturan mainnya.

Jangan mau menjadi blogger serampangan yang selalu membelakangi kredibilitas, kreatifitas dan kualitas sehingga ia tersesat dan pada akhirnya bingung mau ngapain setelah memiliki blog. Hal tersebut benar-benar terjadi, meskipun mereka tidak menginginkan ending seperti itu namun seolah kenyataanlah yang telah menggiringnya ke jurang yang sangat dalam.

Baca : Jangan Mau Baca Artikel Ini Atau Kamu Akan Jadi Blogger Sukses

Untuk meraih kesuksesan dalam berkarya sebaiknya sobat tidak dilema dengan masalah untung dan rugi , abaikan dulu memikirkan penghasilan dan fokuslah membuat sesuatu yang memiliki kualitas di mata orang lain dan kerjakan dengan sepenuh hati karena dengan begitu Insya Allah kreatifitasmu lambat laun akan terbayar tuntas .

Bagaimana Mengetahui Halaman Situs Ditilang Adsense Karena Melanggar Kebijakannya ?

Saat ini, ada dua metode yang dapat kita jadikan referensi untuk memastikan adanya pelanggaran pada halaman situs yaitu melalui fitur Policy Center dan Tayangan Iklan. Namun untuk fitur Policy Center itu sendiri tidak selalu aktif memberikan notifikasi adanya pelanggaran, jadi pemilik situs wajib cross check setiap saat secara berkala untuk memastikan kalau halaman situs benar-benar bersih dari pelanggaran kebijakan Google AdSense.

Baca : Kebijakan Google Adsense Diperketat, Penayang Bisa Makin Cerdas [Pengumuman 2017]

Pada umumnya iklan Google AdSense hanya bisa tampil di halaman situs yang steril dari pelanggaran kebijakan, sehingga kita bisa memanfaatkan hal ini untuk melakukan cross check. Apabila pada halaman situs ada iklan yang tidak tampil, maka kemungkinan terbesarnya adalah situs ditilang Adsense. Jika hal itu terjadi, maka yang harus dilakukan adalah memperbaiki kontennya sampai iklan bisa tampil dengan sempurna.

Google AdSense menginginkan penayangnya aktif me-manage situs mereka dengan baik sehingga bisa diajak kerjasama untuk lebih maju. Penayang dituntut untuk cepat tanggap mengatasi permasalahan yang dapat memicu adanya pelanggaran karena jika dibiarkan terlalu lama akan berdampak buruk terhadap reputasi situs hingga banned akun permanent.

Pastikan telah memahami unsur pelanggran kebijakan dengan sempurna untuk bisa menghindari semua hal yang tidak diharapkan karena walaupun tidak disengaja Google tetap saja akan memberikan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Unsur tersebut meliputi gambar, ulasan konten dewasa, video dan kata-kata (phrase) negatif (kotor) yang dapat memicu adanya pelanggaran.

Gambar di bawah ini merupakan contoh halaman yang tidak steril dari pelanggaran kebijakan Google AdSense, silahkan perhatikan baik-baik :

situs ditilang adsense.jpg

Gambar 1. Contoh halaman situs yang terkena tilang AdSense
Sumber pengambilan gambar : https://bisnisonlineusaharumahan.com

Gambar 1. merupakan contoh dari banyak kasus yang penulis tangani dengan masalah yang serupa, terlihat bagaimana keadaan sebelum dan sesudah melakukan perbaikan. Itulah salah satu bukti bahwa sobat harus menghindari phrase yang mengandung pelanggaran kebijakan supaya iklan AdSense bisa tampil dengan sempurna.

Solusi dari masalah di atas (lihat gambar 1) adalah mengganti semua phrase yang tidak layak (contohnya lihat yang dilingkari merah pada gambar sebelah kiri) dengan phrase yang bisa diterima oleh Google AdSense. Gambar sebelah kanan merupakan tampilan halaman setelah diedit dengan phrase yang lebih baik.

Sobat perlu memahami bahwa perayap AdSense sangat sensitive terhadap phrase yang mengandung unsur pelanggran kebijakan dan akan langsung memberhentikan tayangan iklan untuk sementara hingga phrase tersebut telah dihapus oleh pembuatnya, jika tidak segera dihapus maka akun berpotensi di¬suspend hingga banned permanen.

Untuk mengetahui phrase apa saja yang membahayakan, silahkan pelajari seluruh kebijakan program Google AdSense. Kalau dari sudut pandang penulis, beberapa topik yang berpotensi adanya phrase rawan pelanggaran yaitu mengenai ulasan konten dewasa, peretasan dan obat-obatan terlarang. Namun bukan berarti poin yang lainnya diabaikan, tetap saja harus paham semua kebijakan AdSense dan berusaha menjauhi hal yang berbau pelanggaran.

Google AdSense sangat melindungi pengiklan dan menjaga mereka dari tindakan yang merugikan, sehingga penayang wajib membuat konten yang ramah dan steril dari kebijakan programnya supaya ekosistem iklan tetap terjaga dengan baik dan kedua belah pihak tidak saling dirugikan.

Baca : Kabar Baik Dari Dunia Periklanan Google Untuk Tahun 2018

Kesimpulan

Jika situs ditilang AdSense, maka segera lakukan perbaikan, karena jika dibiarkan terlalu lama akan berdampak buruk terhadap reputasi situs.

Hindari penggunaan topik yang berhubungan dengan pelanggaran kebijakan AdSense jika belum memahaminya dengan baik.

Adanya pelanggaran kebijakan pada halaman situs juga bisa berdampak kepada pendapatan karena beberapa iklan tidak bisa tayang dan kemungkinan BPK pun akan kecil.

Apabila konten sudah terindeks di Google maka sebaiknya diedit saja jangan langsung di hapus karena bisa menyebabkan perayapan error yang kurang disukai oleh Google.

5 Comments

5 Comments

  1. Zee

    February 8, 2018 at 5:17 am

    Intinya jika iklan tayang artinya kita tidak melanggar TOS ya?

    • Usman West Java

      February 9, 2018 at 2:59 pm

      kurang lebihnya begitu Zee, tapi iklan tidak tayang juga disebabkan oleh struktur artikel yang tidak tepat.

  2. Tika

    June 27, 2018 at 12:33 am

    Artikel nya mencerahkan sekali mas, saya berulang kali kena pelanggaran adsense, saya hapus konten nya malah kena pelanggaran lg, error 404, no konten. Harusnya diedit aja ya , jangan dihapus. Dan skrg bingung ngatasin error 404 ini gimana,, 🙁

    • Usman West Java

      June 27, 2018 at 11:52 pm

      untuk mengatasi error 404 silahkan copas aja link errornya, coba gunakan fitur block url di google webmaster tool

  3. Firsty Ukhti Molyndi

    October 27, 2018 at 7:36 am

    Makasih gan atas pencerahannya. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top