APLIKASI

CARA PINDAH KLINIK BPJS KESEHATAN MENGGUNAKAN APLIKASI MOBILE JKN-KIS [FASKES]

cara pindah klinik BPJS Kesehatan

Kursuskomputergratis.com – Pindah klinik BPJS Kesehatan merupakan sebuah solusi untuk meningkatkan efektifitas dari manfaat BPJS Kesehatan yang akan kita dapatkan karena sarana kesehatan merupakan salah satu prioritas utama yang wajib diperhatikan untuk bisa memulai hidup sehat dan harus memadai supaya penanganan medis tidak terkendala.

Saat ini ada berbagai macam klinik yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan sehingga memudahkan masyarakat yang sudah menjadi peserta JKN-KIS untuk pergi berobat atau sekedar memeriksa kondisi kesehatannya tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar karena sudah ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Namun walaupun klinik yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan sangat banyak, peserta tidak bisa dengan bebas memanfaatkan klinik-klinik tersebut melainkan harus sesuai dengan yang tertera pada kartu BPJS Kesehatan kecuali dalam keadaan darurat (emergency) maka bisa langsung masuk UGD tanpa harus ada rujukan dari klinik.

Untuk peserta BPJS Kesehatan yang sudah menggunakan aplikasi mobile JKN-KIS kini sudah bisa pindah klinik sesuai keinginan apabila terkendala di klinik sebelumnya dengan cara mengakses fitur Ubah Data yang ada pada aplikasi mobile JKN-KIS kemudian ganti nama klinik lama dengan nama klinik baru yang diinginkan.

Baca : Panduan Lengkap Aplikasi Bpjs Kesehatan [Mobile Jkn-Kis]

Perlu diperhatikan bahwa jika ingin pindah klinik maka peserta minimal telah 3 bulan di klinik sebelumnya sesuai dengan peraturan BPJS Kesehatan. Apabila belum 3 bulan maka perpindahan klinik tidak bisa dilakukan kecuali pindah domisil ke luar kota.

Saya Ingin Pindah Klinik BPJS Kesehatan Menggunakan Aplikasi Mobile JKN-KIS, Bagaimana Langkahnya ?

Apabila ingin menggunakan fitur aplikasi mobile JKN-KIS untuk pindah klinik maka pastikan data kepesertaan yang terekam pada aplikasi telah lengkap terutama email dan nomor telepon peserta karena setiap ada perubahan data maka akan ada verifikasi kepada peserta melaui email dan nomor telepon.
Silahkan perhatikan langkah-langkah di bawah ini dengan cermat dan lakukan secara berurutan :

Pertama, silahkan login ke aplikasi mobile JKN-KIS. Pada halaman landing pilih Ubah Data Peserta (nomor 1) untuk dapat merubah data kepestaan diantaranya nomor telepon, alamat email, alamat surat, fasilitas kesehatan yang ditunjuk dan kelas rawat.

ubah data klinik BPJSKES.jpg

Gambar 1. Navigasi ubah data

Kedua, pilih nama peserta yang akan dipindahkan kliniknya. Apabila sudah berkeluarga maka istri dan anak akan secara otomatis masuk dalam akun yang sama. Untuk akun baru silahkan tambahkan nomor handphone (nomor 3), email (nomor 4) dan alamat surat (tidak wajib). Setelah semuanya lengkap maka selanjutnya pilih Faskes 1 (nomor 5).

informasi data peserta bpjskesehatan.jpg

Gambar 2. Informasi data peserta

Ketiga, Setelah muncul jendela pop up seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini (gambar 3) silahkan isi data yang dibutuhkan sesuai dengan wilayah yang diinginkan yaitu Provinsi (nomor 6), Kota/Kabupaten (nomor 7) dan Fasilitas Kesehatan (nomor 8) yang direncanakan lalu klik Simpan (nomor 9).

Pengaturan data faskes.jpg

Gambar 3. Pengaturan data faskes

Keempat, Apabila muncul notifikasi bahwa faskes yang dipilih telah lebih dari 5000 peserta maka sebaiknya pilih faskes lain dengan menekan tombol TIDAK (saran dari BPJSKes) untuk mengulang lagi ke pengaturan faskes dan memilih faskes lain yang tidak penuh supaya pelayanannya tidak terganggu karena masalah over kapasitas peserta kecuali ada anjuran dari perusahaan untuk tetap mnggunakan klinik tersebut dengan alasan ada hubungan kerjasama baru boleh menekan tombol YA walaupun kuotanya penuh.

notifikasi klinik bpjskesehatan telah penuh.jpg

Gambar 4. Notifikasi klinik telah melebihi kapasitas

Kelima, masukkan kode verifikasi perubahan data yang dikirim melalui sms atau email pada kolom yang telah disediakan (nomor 11) kemudian untuk mengakhiri proses perpindahan faskes silahkan tekan tombol Verifikasi (nomor 12).

verifikasi perubahan data faskes pada aplikasi mobile JKN-KIS.jpg

Gambar 5. Verifikasi perubahan data pindah faskes dengan kode verifikasi yang dikirim lewat handphone 

Kode verifikasi untuk perpindahan faskes/klinik dikirim ke email dan HP dengan kode yang sama, jadi kalau tidak ada di HP silahkan cek di email, berikut penampakannya :

verifikasi pindah faskes bpjs kesehatan yang dikirim lewat email.jpg

Gambar 6. Kode verifikasi perpindahan faskes yang dikirim ke email


Apabila verifikasi perpindahan faskes sudah dilakukan maka proses perpindahan faskes sudah selesai dan ada notifikasi bahwa data berhasil diubah disertai informasi mulai berlakunya faskes yang baru.

notifikasi perpindahan klinik bpjs kesehatan telah berhasil.jpg

Gambar 7. Notifikasi perpindahan faskes telah berhasil dilakukan

Sampai disini proses pindah klinik BPJS Kesehatan telah selesai dilakukan, semoga ulasan ini bisa membantu masyarakat Indonesia untuk semakin dekat dengan BPJS Kesehatan dan mendapatkan fasilitas kesehatan yang lebih nyaman dan aman.

Kesimpulan

Pindah klinik BPJS Kesehatan bisa dilakukan setelah peserta berada di klinik pertama minimal selama 3 bulan kecuali pindah karena alasan domisili yang jauh semisal pindah kota, hal ini bisa dilakukan dengan melakukan permohonan pindah faskes langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Klinik yang baru akan mulai berfungsi setiap tanggal 1 setelah perpindahan faskes, jadi untuk berobat sebelum tanggal 1 maka guanakan saja klinik/faskes yang lama.

Perpindahan faskes hanya bisa ke faskes yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan sesuai dengan pilihan faskes yang tampil di aplikasi mobile JKN-KIS.

CATATAN PENTING

Demi membantu program pemerintah "Menuju Indonesia Sehat" kami mohon sobat luangkan waktu untuk menyebarkan ulasan ini di facebook atau di jejaring sosial lainnya agar bisa sampai ke seluruh lapisan masyarakat di Indonesia sehingga mereka tidak kesulitan lagi melakukan perpindahan fasilitas kesehatan yang sesuai harapan dan keinginannya.


WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google



22 Comments

22 Comments

  1. Bunda Erysha

    November 22, 2017 at 1:29 am

    Wah senengnya dapat info ini. Karena kebetulan saya tinggal dengan berpindah-pindah rumah dan kota. Jadi info ini sesuai dengan kebutuhan saya. Terima kasih

  2. Usman West Java

    November 22, 2017 at 2:29 am

    @Bunda Erysha, sama-sama. untuk perpindahan domisili dalam waktu yang tidak lama sebetulnya bisa memanfaatkan faskes terdekat dimana kita tinggal walaupun bukan faskes Hak kita, untuk kondisi seperti itu peserta diberi kesempatan menggunakan faskes bukan haknya sebanyak 3 kali. Gunakan saja fitur pencarian faskes terdekat pada aplikasinya. Namun apabila perpindahan domisilinya dalam jangka waktu yang lama (ke Luar kota) silahkan untuk pindah faskes secara permanen sesuai dengan tutorial di atas.

  3. Hariwhank

    Desember 28, 2017 at 10:21 am

    Thx untuk stepnya, saya sudah sukses pindah faskes via aplikasi,. Untuk kartunya apakah harus dirubah ke kantor bpjs? Mengingat yg tercantum adalah faskes yg lama,.

  4. Usman West Java

    Desember 28, 2017 at 1:06 pm

    kartu bisa mencetak E-ID yang ada di aplikasi dilaminating saja biar awet, untuk kartu aslinya sebaiknya ke BPJS saja.

  5. Dyah

    Januari 21, 2018 at 5:59 am

    Mas saya mau tanya,kan saya pindah dr tangsel ke bojong lalu sy pindah faskes ke klinik daerah bojong,tp cm saya aja yg lainnya blm dipindah.nah skrg sy mau balik lg ketangsel apa masih bisa mas?

  6. Usman West Java

    Januari 21, 2018 at 1:45 pm

    Untuk perpindahan faskes tingkat pertama bisa dilakukan setelah 3 bulan di faskes sebelumnya, hal ini tidak bisa dilakukan jika menggunakan aplikasi JKN Mobile KIS apabila belum memeuhi syarat sebagaimana disebutkan tadi. Namun apabila ingin pindah faskes sebelum 3 bulan bisa dilakukan langsung ke kantor BPJS terdekat atau bisa minta bantuan CSO BPJS di 1500400 (telepon berbayar) untuk memindahkan faskesnya Bu. Untuk perpindahan domisili dalam jangka panjang (minimal 3 bulan) kami sarankan pindah faskes saja.

  7. Jasa putra

    Februari 12, 2018 at 1:55 pm

    Artikelnya sangat membantu mas,namun ada 1 hal yg ingin sy tanyakan
    Sy ingin pindah lokasi faskes dr kota asal sy ke kota lain, semua tahapan proses pindah di jis sdh sy ikuti dan berhasil (BPJS tlh mengirim kode verifikasi ,namun saya bingung menginput kode dimaksud Krn topup no 11 / 12 tdk muncul .. mhn sarannya mas 🙏

  8. Usman West Java

    Februari 12, 2018 at 9:40 pm

    Pastikan anda sudah 3 bulan di faskes sebelumnya untuk menghindari penolakan oleh sistem, namun apabila anda tetap ingin pindah faskes sebelum 3 bulan maka hal itu hanya bisa dilakukan di kantor BPJS Kesehatan terdekat dengan wilayah anda. Alternatif lain bisa menghubungi bantuan operator di 1500400 (telepon berbayar).

    Pastikan smartphone yang anda gunakan untuk akses perpindahan faskes itu menggunakan nomor telepon yang anda gunakan di aplikasi mobile JKN KIS anda sehingga respon server bisa lebih cepat.

  9. Tjhoei Jong Leang

    Februari 14, 2018 at 10:55 pm

    Gimana cara pindah dokter ke klinik lain?

  10. Usman West Java

    Februari 14, 2018 at 11:33 pm

    kalau dokter sesuai surat tugasnya pa, kalau bapa seorang dokter mau pindah ke klinik lain minta saja ke atasannya.
    mungkin maksud bapa ini pindah klinik kali ya? ikuti panduan saya di atas untuk pindah klinik agar dokter yang menangani perawatan bapa bisa berbeda.

  11. Wahyu

    Februari 15, 2018 at 6:48 am

    Ketika kita mau brobat dngan klinik yg bru di ubah melalui mobile jkn-kis kita perlu mnunjukan apa kpda pihak klinik.. sedangkan kartu bbjs kita sudah beda dngan klinik tersebut.. krna udah di ubah nma kliniknya mlalui mobile jkn-kis
    Pnceramahannya gan

  12. Usman West Java

    Februari 15, 2018 at 10:35 am

    Untuk aktivasi perubahan faskes/klinik itu aktifnya setiap tanggal 1 di bulan berikutnya, jadi apabila bapa wahyu pindah klinik maka sebelum tanggal 1 yang bisa digunakan adalah kartu lama. Sebaiknya cetak dulu kartu lama tersebut sebelum pindah faskes. apabila bapa menggunakan mobile jkn kis untuk menunjukan kartu yang ada di aplikasi biasanya sistem tetap akan mendeteksi klinik lama,setelah tanggal 1 maka sistem akan mendeteksi klinik yang baru. jadi ditunjukan saja kartu BPJSnya.

  13. Ikrar

    Maret 6, 2018 at 6:25 am

    Info yang bermanfaat Mas.Terima kasih…

  14. Yana MS

    April 26, 2018 at 4:17 am

    Terima kasih mas sangat bermanfaat infonya

  15. Nuri

    Juni 25, 2018 at 7:45 am

    saya tidak bisa log in ke app mobile JKN
    setiap log ini selalu tanggal lahir tidak sesuai padahal semuanya sudah sesuai

  16. Usman West Java

    Juni 25, 2018 at 10:23 pm

    ini kasusnya ada di data ktp antara data yg disubmit saat registrasi dengan data yang ada di disdukcapil, biasanya itu kasusnya. Silahkan minta direfresh aja ke kantor BPJSKES terdekat atau hubungi 1500400 (telepon berbayar)

  17. Isnu

    Juli 5, 2018 at 6:33 am

    No 10 apa tidak terbalik?
    Di Aplikasi ada pertanyaan “Apakah anda ingin mimilih alternatif Faskes terdekat lainnya?”
    Jika ingin memilih Faskes lainnya harusnya pijit “YA” bukan “Tidak” (seperti penjelasan di atasnya.
    Karena kalau kita pilh “TIDAK”, berarti kita tetapa pada pilihan kita tersebut

  18. Usman West Java

    Juli 7, 2018 at 1:17 am

    Apabila memiliki faskes inhouse (khusus karyawan) boleh tekan Tidak, namun apabila peserta mandiri disarankan pilih Faskes lainnya sesuai petunjuk aplikasi.

  19. Haries Apriyadi

    September 13, 2018 at 6:23 am

    diatas tertera “pilih nama peserta yang akan dipindahkan kliniknya. Apabila sudah berkeluarga maka istri dan anak akan secara otomatis masuk dalam akun yang sama.”
    Kalo saya sebagai kepala keluarga sdh berhasil untuk pindah faskes, apakah anggota keluarga saya sudah otomatis ikut faskes pilihan saya yang baru mas…??
    Tks

  20. Usman West Java

    September 13, 2018 at 6:38 am

    hallo mas haries,

    Ya anda benar, biasanya sistem akan memindahkan seluruh anggota keluarga yang ditanggung peserta. kalaupun tidak dipindahkan silahkan lihat data peserta satu persatu jika belum ikut pindah maka sebaiknya pindahkan satu persatu.

  21. Ade

    Oktober 2, 2018 at 8:44 am

    Saya baru saja mengubah faskes ke klinik yg saya pilih menggunakan aplikasi JKN .pertanyaanya kartu BPJS yg saya pegang skrg faskesnya masih klinik yg lama, nah mulai tgl 1 di bulan depan kan saya sudah pindah klinik dan sedangkan kartu BPJS yg sy pegang skrg msh faskes klinik yg lama . Lalu apakah saya harus mengganti kartu BPJSnya atau tdk ? Atau bisa menggunakan kartu bpjs faskes yg lama di tempat faskes baru?
    Mohon pencerahanya.

  22. Usman West Java

    Oktober 3, 2018 at 2:24 am

    hallo, sesuai dengan regulasi BPJS Kesehatan untuk perpindahan faskes primer aktifnya mulai tanggal 1 di bulan berikutnya sehingga yang bisa digunakan hanya klinik yang masih direkomendasikan oleh kartu peserta (klinik lama)sehingga apabila pergi ke klinik baru tetapi status kepesertaannya masih di klinik lama maka di khawatirkan akan ditolak. Namun jangan khawatir apabila pindah domisili kita punya kesempatan 3 kali untuk berobat di klinik yang bukan hak kita (klinik yang tidak sesuai kartu peserta). info lebih lengkapnya bisa menghubungi 1500400 .

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top