BLOGGING

PLUGIN UNTUK WORDPRESS INI SAYANG BANGET JIKA TERLEWATKAN

plugin untuk wordpress.jpg

Kursuskomputergratis.com – WordPress merupakan salah satu platform yang mumpuni dalam seni blogging karena performanya di mesin telusur sangat optimal. Hal ini terbukti dengan banyaknya kompetitor unggulan di halaman pertama Google yang berplatform WordPress.

Salah satu keunggulan WordPress adalah optimasi di mesin telusur karena banyak sekali fitur dari pihak ketiga dalam hal ini adalah Plugin yang mendukung optimasinya sehingga tidak heran kalau situs yang menggunakan CMS WordPress lebih banyak menjawarai peringkat terbaik di Google SERP.

Ada beraneka ragam Plugin untuk WordPress yang disediakan oleh para web developer atau pun oleh pihak WordPress itu sendiri untuk menunjang operasional situs, semuanya bisa didapatkan dengan mudah baik yang versi gratis atau pun berbayar (Pro).

Tidak semua plugin bisa bekerja optimal untuk situs, inilah yang membuat kita harus bijak dalam menggunakannya karena jika asal pilih malah bisa menyebabkan performa situs menjadi turun dan ini jelas kurang menguntungkan terutama dari sisi financial.

Baca : Cara Gratis Meningkatkan Performa Website Di Mesin Teulusur

Bagaimana Cara Memilih Plugin Untuk WordPress Yang Bagus Dan Tepat Guna ?

Memilih plugin untuk WordPress memang perlu pengetahuan khusus supaya maksudnya tercapai, jangan mudah tergiur dengan testimoni karena belum tentu bisa optimal di situs sobat.

Periksa reputasi dari plugin tersebut untuk memastikan kualitasnya, biasanya kalau plugin yang terpercaya itu pemakainya banyak mencapai ribuan bahkan jutaan.

Gunakanlah plugin jika sudah tidak bisa lagi dengan cara manual (nyekrip sendiri) karena apabila terlalu banyak plugin maka kemungkinan bisa mengganggu performa situs apalagi jika spek server yang digunakannya rendah.

Supaya tidak bingung memilih plugin apa saja yang perlu digunakan, penulis akan mencoba memberikan gambaran singkat mengenai plugin yang tidak boleh terlewatkan untuk dipasang, artinya kalau sobat sedang membuat situs web maka minimalnya memasang plugin-plugin tersebut.

1. Akismet

plugin akismet.jpg

Plugin ini menjadi urutan nomor wahid yang penulis rekomendasikan karena memiliki fungsi yang sangat diperlukan oleh situs web yaitu menghadang spam yang bisa merusak performa situs terutama spam dari komentar pengunjung.

Cara kerjanya adalah memeriksa semua masukan komentar apakah termasuk kategori spam atau bukan dan mencegah situs menerbitkan konten yang mengandung spam tersebut. Secara otomatis sistem akan memeriksa dan memfilter semua phrase yang terlihat sebagai spam.

Untuk dapat menggunakan plugin ini diperlukan API key dari akismet, bisa didapat ketika mengaktifkan plugin ini. Khusus untuk situs pribadi bisa menggunakannya secara gratis, untuk kelas bisnis dan situs komersial tersedia fitur berbayar.

2. Yoast SEO

Plugin Yoast SEO.jpg

Yoast SEO merupakan plugin SEO yang sudah mendunia dan terpercaya, penggunanya pun tidak sedikit mencapai jutaan orang. Plugin ini tersedia dalam versi gratisan dan berbayar, untuk pemula bisa menggunakan versi gratisan tetapi jika ingin optimasi lebih serius lagi silahkan gunakan versi berbayar agar kinerjanya optimal.

Beberapa fitur andalan Yoast SEO diantaranya adalah optimasi snippet (bisa edit snippet judul, URL dan deskripsi), pengaturan keyword yang ideal, focus keyword, notifikasi readable content (khusus konten berbahasa inggris), submit sitemap, veryfikasi Google Webmaster Tool, Bing Webmaster Tool dan Yandex Secara menyeluruh plugin ini sangat mumpuni untuk optimasi SEO on page.

3. Jetpack

Plugin Jetpack.jpg

Jetpack merupakan plugin yang serbaguna, ia bisa autoshare konten ke jejaring sosial saat konten tersebut dipublish, auto backup, website protected, kemudian bisa mempercepat loading situs dengan mengoptimalkan gambar, minify css, minify javascript, statistik situs (daily, monthly dan yearly), email subscriber, push like button, social share button dan beberapa fitur lainnya.

Plugin ini memerlukan resource yang besar untuk bisa bekerja optimal, terutama physical memory (RAM) setidaknya 1 GB. Apabila spek server sobat sangat minim maka sebaiknya jangan dipakai karena kurang maksimal hasilnya dan bisa menyebabkan lag time.

Untuk bisa menikmati seluruh fiturnya maka sobat harus menggunakan versi Pro sedangkan versi gratisannya hanya bisa beberapa fitur saja namun masih bisa optimal untuk kinerja situs apabila spesifikasi server websitenya bagus.

4. Wp-Sitemap Page

Plugin WP-Sitemap Page.jpg

Plugin ini bisa membuat list konten dari situs berdasarkan kriteria tertentu untuk mempermudah navigasi pengunjung, jika sobat sering ditolak Google AdSense karena masalah navigasi yang tidak jelas maka bisa menambahkan plugin ini untuk mengatasinya.

Pengelompokan konten berdasarkan kategori adalah fitur andalan dari plugin ini sehingga pengguna bisa dengan cepat menemukan dan memilih konten yang mereka cari. Sobat bisa melihat contoh kinerja dari plugin Wp-Sitemap Page di situs ini.

Baca : Membuat Daftar Isi Untuk Meningkatkan Seo [Wordpress]

5. Ad Inserter

Plugin Ad Inserter.jpg

Plugin ini sudah memiliki reputasi bagus diperuntukan khusus buat situs yang sudah dimonetisasi terutama oleh Google AdSense, ia sangat mumpuni mengatur posisi iklan terutama di dalam artikel. Selain itu hebatnya plugin ini bisa menyisipkan iklan hingga ke dalam komentar pengunjung dan juga ke home page.

Penulis sudah mencoba plugin ini untuk menyisipkan iklan AdSense termasuk iklan infeed. Hasilnya luar biasa karena iklan bisa berfungsi dengan baik. Selain itu, iklan bisa dipisahkan ke dua alam yaitu desktop dan mobile, sobat bisa menampilkan iklan di salah satunya atau keduanya sehingga bisa mengikuti kebutuhan.

Jika sobat sudah berpenghasilan banyak dari AdSense, disarankan menggunakan versi Pro (berbayar) untuk dapat meng-explor lagi lebih luas dengan plugin ini karena memiliki fitur Geo Targeting (penargetan negara), jadi sobat tidak perlu memblokir iklan yang berasal dari negara lain di dasbor AdSense karena kurang menguntungkan.

Baca :Cara Memasang Iklan Adsense Di WordPress Dan Optimasinya

6. SyntaxHighlighter Evolved

Plugin SyntaxHighlighter Evolved.jpg

SyntaxHighlighter Evolved ini bisa membingkai postingan konten yang berisi kode-kode bahasa pemrograman dengan sempurna tanpa harus kehilangan format atau membuat perubahan secara manual, jadi bisa menampilkan format bahasa pemrograman seutuhnya.

Plugin ini khusus untuk situs yang membahas tutorial blogging karena biasanya banyak melibatkan bahasa pemrograman seperti css,php dan javaScript, cara kerjanya adalah membungkus (wraping) script yang ada dalam artikel dalam hal ini script tutorial karena biasanya jika tidak diwraping maka ia akan error dan walaupun diparse tetap saja kelihatannya kurang optimal.

Kesimpulan

Lakukan update plugin setiap ada permintaan update, jika dibiarkan maka plugin tersebut menjadi tidak optimal sehingga mengganggu performa situs.

Jangan memilih plugin sembarangan, lihatlah visibilitasnya jika bagus pasti banyak yang menggunakan karena dipercaya banyak pengguna.

Terlalu banyak menggunakan plugin bisa menyebabkan lag time saat situs sedang memuat halaman sehingga bisa menurunkan visibilitasnya.

Plugin untuk WordPress banyak tersedia di dasbornya, silahkan langsung cari disitu sesuai dengan kebutuhan sobat.

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google



4 Comments

4 Comments

  1. Pecahtelur.com

    September 21, 2017 at 10:57 am

    Quick Adsense juga perlu mas bro.

  2. Usman West Java

    September 21, 2017 at 11:37 am

    saya pernah pakai tapi lebih optimal Ad Inserter, sempat pakai quickadsense tapi malah tidak berfungsi untuk penempatan iklan setelah paragraf tertentu. Selain itu rating AdInserter lebih besar daripada Quickadsense

  3. Budaklembur.net

    September 22, 2017 at 1:24 am

    Kalo Regenerated Thumbnail gak dimasukin ya..
    Padahal penting buat yang suka gonta ganti tema.. Hehe

  4. Usman West Java

    September 22, 2017 at 4:35 am

    masih banyak sih mas, silahkan mencari dari sumber lain kalaupun membutuhkan tool di luar ulasan ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 53 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top