INTERNET

POTRET BLOGGER ANTAGONIS MASAKINI YANG MENJUAL HARGA DIRINYA HANYA DEMI MENINGKATKAN TRAFIK PENGUNJUNG

Potret Blogger Antagonis Masakini Yang Menjual Harga Dirinya Hanya Demi Meningkatkan Trafik Pengunjung – Selamat berjumpa lagi sobat, senang rasanya penulis bisa menyapa anda lagi. Baik, pada kesempatan ini penulis akan membahas ulasan dengan topik yang agak nyeleneh dan tidak memuliakan jadi mohon maaf sebelumnya jika ada pihak yang merasa tidak nyaman membaca tulisan ini.

Terlepas dari positif atau reaktifnya penilaian sobat itu penulis serahkan sepenuhnya berdasarkan pandangan pribadinya masing-masing karena setiap orang memiliki parameter penilaian yang berbeda-beda.

Dengan maksud ingin menyampaikan suatu pesan moral yang mudah-mudahan bisa membangun kita semua untuk kembali mengingat bahwa betapa pentingnya memahami dampak lingkungan dari apa yang kita lakukan, akhirnya penulis memberanikan diri mengupas topik ini dengan harapan bisa mendatangkan manfaat bagi sobat pembaca khususnya.

Dunia seni blogging dewasa ini digemparkan dengan beberapa konten artikel serampangan yang berpotensi mengundang kegaduhan publik khususnya pengguna internet sejagat maya.

Beberapa konten artikel tersebut diunggah oleh oknum blogger sebut saja blogger antagonis (blogger jah*t) yang tidak bertanggung jawab dimana kontennya berisikan berita yang menyebutkan adanya sabotase antar agama yang berpotensi memecah belah kerukunan umatnya.

Penulis sangat yakin kalau informasi itu adalah hoax (informasi atau kabar bohong) yang sulit dipercaya kebenarannya dan hanya akal-akalan para oknum laknatullah yang tidak menyukai kedamaian. Entah apa yang mendasari sang penulisnya nekad mem-publish hasil karyanya itu padahal sangat merusak kedinamisan di negeri ini.

Terlintas di fikiran penulis bahwa itu adalah salah satu strategi untuk meningkatkan trafik pengunjung blog yang dikelolanya, namun sayang sekali sepertinya dia melakukan cara yang salah karena bukan tidak mungkin kalau itu dapat merusak reputasinya. Memang strateginya berhasil terbukti dengan konten artikelnya yang menjadi viral sehingga upayanya meningkatkan trafik pengunjung berbuah manis karena dalam waktu yang sangat singkat blognya kebanjiran pengunjung, namun sayang sekali penunjung yang datang nyaris semuanya memaki dirinya sehingga reputasinya menurun, oh sungguh kasian !! Dalam hati penulis berdoa “semoga penulis artikel tersebut lekas sadar dan kembali ke jalan yang benar”.

Dampak lingkungan yang terjadi akibat ulah sang blogger antagonis ini sangat merugikan psikologi pengunjungnya terlihat dari luapan emosi mereka yang hampir tidak terbendung, dari memaki hingga mengeluarkan kata-kata kotor yang ditujukan kepadanya dan hanya sedikit saja pengunjung yang mampu bersikap tenang.

Penulis merasa risih dengan adanya fenomena ini dimana yang seharusnya pengunjung mendapatkan ilmu atau solusi justru malah mendapat masalah yang mengganggu kenyaman mereka, jelas ini bertentangan dengan etitut seorang blogger yang seharusnya memberikan pencerahan terhadap semua pengunjung yang datang dengan konten yang berkualitas.

Kalau sudah demikian maka tinggal menunggu waktu saja untuk mendapat ganjaran dari Google minimal situs atau blognya didepak (dipecat) karena melanggar kebijakan privasinya sehingga hilang dari indexing google atau bahkan mesin pencari lainnya.

Sungguh ironis, maksud hati ingin meningkatkan trafik pengunjung agar blognya mendapat reputasi baik malah sebaliknya menjadi krisis reputasi dan kepercayaan sehingga blognya dikucilkan.

Dilihat dari sudut pandang yang berbeda, blogger antagonis disinyalir memiliki misi tertentu dan bukan semata-mata untuk meningkatkan trafik blognya melainkan dengan sengaja menggunakan hoax untuk memecah belah persatuan dan kesatuan di Negeri ini karena ditunggangi oleh penguasa dzolim yang haus akan kekuasaan.

Mengingat bahaya hoax yang tidak bisa dianggap remeh, maka pemerintah tidak tanggung-tanggung akan mengganjar pelaku penyebar hoax dengan ancaman kurungan 6 tahun penjara dan denda maksimal Rp.1 miliar sesuai dengan UU Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) pasal 28 ayat 1.

Jadi buat anda yang berprofesi sebagai blogger antagonis silahkan bertaubat sebelum terlambat, gunakanlah ilmu anda di jalan yang benar jangan menyebarkan perkara yang batil agar hidup anda damai .

Hikmah baiknya dari hal ini adalah mengingatkan kita semua untuk selalu waspada terhadap informasi yang tersebar di dunia maya, jangan mudah menjustifikasi apalagi menyebarluaskan sebuah informasi yang kemungkinan sangat kecil validitas kebenarannya karena hanya akan merugikan diri sendiri sehingga secara tidak sadar kita terlibat didalamnya mendukung pelaku menyebarkan fitnah, Naudzubillahimindalik.



Sangat disayangkan jika kita memiliki kepintaran digunakan untuk hal yang tidak maslahat sehingga hanya akan menimbulkan kerusakan di muka bumi. Bersosialisasilah dengan blogger lainnya agar ada yang mengingatkan sebelum pada akhirnya mem-publish sebuah hasil karya ke hadapan publik.

“ Jadilah Blogger yang pintar di kepala juga pintar di hati agar dapat menuangkan hasil karyanya dengan arif dan bijaksana ”

Pesan Penulis Untuk Pembaca dan Rekan Sesama Blogger

Untuk sobat pembaca yang baik hati ada pesan dari penulis yang ingin disampaikan yaitu agar selalu menyikapi secara dewasa semua hal yang ditemukan di dunia maya, jangan mudah terprovokasi sehingga mudah terbakar emosi dengan hal yang belum jelas kebenarannya karena hanya buang-buang waktu saja dan kalaupun itu benar maka lekaslah sampaikan kepada pihak yang berwenang untuk menyelesaikan masalah tersebut dan jangan main hakim sendiri.

Berhati-hatilah dalam menyebarkan informasi baik di blog ataupun di Hp karena hoax sekarang ini sliweran dimana-mana jadi jangan sembarang mem-forward informasi yang tidak jelas kebenarannya.

Setiap detik waktu yang kita lalui itu sangat berharga maka teruslah isi dengan berbagai macam kebaikan dan jangan membiarkan ada ruang sedikitpun untuk berbuat kejahatan. Berikut ini adalah kiat-kiat sukses menghindari hoax khususnya yang disebarkan melalui blog atau website :

1). Baca Informasi dari sumber yang dapat dipercaya

Sumber informasi menjadi hal yang tidak boleh diabaikan ketika kita mencari sebuah informasi penting apalagi untuk refensi sebuah riset ilmiah, skripsi hingga tesis. Alangkah baiknya sebelum mencari informasi yang dibutuhkan sobat memiliki list sumber informasi yang sekiranya dapat dipercaya menurut versi kalian masing-masing.

Apabila kita membaca informasi dari sumber yang tidak jelas maka dikhawatirkan itu hoax sehingga tidak mendapatkan manfaat setelah membacanya. Mencari sumber informasi yang dapat dipercaya membutuhkan waktu, mintalah bantuan kepada beberapa teman terdekat sobat yang sudah terbiasa melakukan pencarian informasi di internet.

2). Perhatikan desain blognya

Apabila sobat mencari informasi dari sebuah blog maka perhatikan desain blog tersebut. Prioritaskan blog yang memiliki desain apik dan professional karena akan memudahkan kita ketika melakukan searching untuk sebuah topik yang digemari.

Oleh karena itu kotak searching pada sebuah blog menjadi hal yang wajib kita temukan untuk mempermudah pencarian di blog tersebut.

Saran penulis kurangi membaca informasi yang sifatnya provokasi agar tetap merasa nyaman dan mood tidak hilang ketika membacanya.

3). Perhatikan gaya tulisan

Gaya tulisan yang memiliki nilai seni tinggi mencerminkan kepintaran penulisnya. Penulis yang professional biasanya selalu menggunakan bahasa tulisan yang santun dalam menciptakan karyanya sehingga enak dibaca.

Selain itu format tulisannya juga menggunakan EYD yang tepat dan benar sehingga mencerminkan ketelitian sang penulisnya. Penulis yang baik itu akan selalu mengedepankan masadepan pembacanya sehingga apa yang dia tulis dapat memberikan manfaat yang bersifat membangun.

4). Ajak penulisnya berdiskusi

Apabila sobat dapat berkomunikasi dengan penulis dari sebuah informasi maka merupakan suatu keberuntungan dimana sobat bisa menanyakan berbagai hal yang sekiranya kurang dimengerti. Penulis sebuah informasi haruslah betanggung jawab terhadap apa yang dia tulis, oleh karena itu sang penulis wajib menguasai materi yang ditulisnya.

Ada dua kemungkinan jika sobat mengajak berinteraksi dengan mereka yaitu dijawab atau malah dicukein. Jika sang penulis informasi tersebut tidak dapat menjawab pertanyaan sobat atau bahkan tidak merespon maka penulis sarankan carilah blog lain yang penulisnya proaktif dengan pengunjung agar benar-benar mendapatkan ilmu secara menyeluruh sehingga dapat menarik kesimpulan yang benar adanya.

5). Bacalah informasi yang edukatif

Penulis sarankan bagi sobat yang gemar membaca di internet agar meminimalisir topik bacaan yang tidak edukatif karena tidak memiliki banyak manfaat. Bacalah informasi yang dapat meningkatkan SDM sobat atau membaca informasi yang sesuai dengan passion sobat agar pesannya dapat diserap dengan mudah dan cepat.

Dengan demikian waktu tidak akan terbuang percuma karena ada hasil yang didapatkan. Jangan lupa lihat tanggal terbit informasinya agar sobat tidak membaca informasi yang sudah kuno. Semakin rajin sobat membaca informasi yang edukatif maka wawasan sobat akan semakin bertambah luas sehingga tidak mudah tertipu dengan hoax.

6). Bacalah sampai tuntas

Bacalah sebuah informasi sampai tuntas karena jika tidak maka hal ini akan menimbulkan pesan dan isinya tidak tersampaikan dengan baik akibatnya menjadi praduga yang salah. Sebagai salah satu contoh kasus simaklah cuplikan informasi berikut :

“Ketika Aril Tatum sedang asiknya berbelanja di sebuah butik, secara tiba-tiba ada tiga orang pria tidak dikenal menyelinap dan masuk ke dalam butik tersebut. Satu orang pria yang berbadan kerempeng langsung menyekap si penjaga butik sementara dua orang pria berbadan tegap menodongkan senjata api ke arah artis yang berparas cantik tersebut dan memaksanya untuk keluar dari butik, kemudian mereka membawanya dengan mobil Lamborghini ke arah ciamis kota.

Tidak banyak saksi mata yang mengetahui drama penculikan tersebut selain sang penjaga butik. Mau tau kisah selanjutnya? Jangan lewatkan filmnya di bioskop kesayangan anda”.

Bayangkan kalau pembacanya tidak sempat membaca paragraf kedua maka bisa salah menyimpulkan. Lihat saja informasi pada paragraf pertama seolah itu adalah kisah nyata tetapi pesan informasi yang paling pentingnya ada di paragraf kedua. Jadi jangan menarik kesimpulan kalau belum membacanya sampai tuntas karena ada potensi menjadi hoax.

7). Tetaplah bersikap tenang

Disaat kita tenang maka otak akan dapat bekerja dengan baik, jadi jangan terburu-buru ketika membaca sebuah informasi supaya dapat dicerna dengan baik dan benar. Apabila sobat sedang terburu-buru maka disarankan untuk tidak melakukan aktivitas membaca.

Carilah suasana yang cocok untuk membaca sebuah informasi. Udara pagi hari akan sangat membantu aktivitas membaca sobat, jadi luangkan sedikit waktu untuk membaca dipagi hari.

Semoga tips di atas dapat membantu sobat terhindar dari informasi hoax, pada intinya jangan menilai suatu hal secara subjektif tetapi nilailah secara objektif berdasarkan fakta dan realita yang ada agar ketika menyampaikan kepada orang lain itu benar adanya dan bukan hoax.

Selanjutnya pesan penulis bagi sobat yang dianugrahi keterampilan yang mumpuni dalam seni blogging (istilah kerennya Blogger) bertahanlah memelihara reputasi baik blognya dengan mencipatkan konten yang edukatif tentunya hal ini akan lebih berpeluang mendatangkan manfaat bagi kehidupan sobat baik di alam nyata saat ini ataupun di akhirat nanti, jadi bangunlah blog yang berkualitas.

Ingatlah bahwa keahlian yang dimiliki adalah amanah dari Yang Maha Kuasa untuk dipergunakan kepada kebaikan. Segala tindak tanduk kita akan ada sebab dan akibatnya yang harus dipertanggung jawabkan, jadi fikirkan secara matang sebelum berbuat sesuatu.

Ada banyak cara lain yang lebih baik untuk meningkatkan trafik pengunjung blog selain menyebarkan hoax yang menyesatkan banyak orang.

Belajarlah jadi penulis artikel yang baik dan jadilah blogger protagonis yang dapat memberikan nilai tambah bagi kehidupan orang lain karena dengan seperti itu akan menjadi lebih baik. Semoga kita bisa menjadi blogger yang amanah dalam berilmu amaliyah.

“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu”. [Al Hujurat : 6].

Mengingat adanya keterbatasan waktu karena kesibukan di rutinitas pekerjaan offline maka penulis mohon maaf apabila ulasan ini tidak sempurna, jadi bagi sobat yang memiliki gagasan lain silahkan bantu penulis untuk melengkapinya pada kolom komentar yang telah disediakan.

Maturnuwun Njeh !

30 Comments

30 Comments

  1. Berita Pekalongan

    November 25, 2016 at 12:10 pm

    penjelasannya komplit gan makasih infonya

  2. Dek Dipa

    November 25, 2016 at 12:10 pm

    Ya mungkin memang gk punya inspirasi lain gan.

  3. Majalahpena Indonesia

    November 25, 2016 at 5:15 pm

    Bner gan itu sama aja kratif blogger

  4. Bos Informasi

    November 27, 2016 at 3:02 am

    Kalau bloggernya saja adalah anak-anak yang masih dibawah umur tentu hasilnya juga masih terbilang kacau gan. Daya pemikiran masih belum bisa berkembang. Jadi hanya bisa buat berita hoax saja

  5. Usman West Java

    November 27, 2016 at 3:10 am

    Sama sama gan, smoga saja dengan ulasan ini bs menjadi pencerahan bagi yg sedang blajar ngeblog khususnya..

  6. Usman West Java

    November 27, 2016 at 3:17 am

    Bisa jadi, tapi kebanyakan tipikal seperti ini yg lupadiri gan… ga inget dosa…

  7. Usman West Java

    November 27, 2016 at 3:18 am

    Smoga saja kita diberikan kemudahan dalam berfikir kreatif…

  8. Usman West Java

    November 27, 2016 at 3:24 am

    Namun mayoritas para blogger nakal ini mereka yang mendahulukan penghasilan tanpa memikirkan dampak lingkungan yg disebabkan oleh konten artikelnya.

  9. Usman West Java

    November 27, 2016 at 3:51 am

    Namun mayoritas para blogger nakal ini mereka yang mendahulukan penghasilan tanpa memikirkan dampak lingkungan yg disebabkan oleh konten artikelnya.

  10. chiho yuki

    November 27, 2016 at 8:22 am

    Memang bikin kesel baca yg ujung2nya bawa emosi. Apalagi yg hoax. Kalo masih bingung ya caranya search Google dg kata kunci berita bla bla bla hoax? Biasanya akan keluar informasi yg sesungguhnya atau ada yg menyatakan bahwa itu hoax

  11. Usman West Java

    November 27, 2016 at 9:59 am

    itu seharusnya tidak terjadi gan kalau kita menghindari topik bacaan yang mengarah kepada kebencian,, saya semdiri langsung skip aja kalau dikiranya ada unsur yg menimbulkan kebencian.

  12. Tirta Mubien

    November 27, 2016 at 11:49 am

    jadi blogger itu haris kreatif gan kalo cuma copas copas gausah jadi blogger

  13. saliman exa

    November 27, 2016 at 11:49 am

    Berita hoax berpontensi visitor meledak tapi apakah halal?

  14. Usman West Java

    November 27, 2016 at 11:57 am

    Sepakat gan,,,kalau saya pribadi ya silahkan saja konten saya di copas toh yg rugi pelakunya sendiri,

  15. Usman West Java

    November 27, 2016 at 11:59 am

    Jelas haram gan, alasan saya kuat yaitu Q:S al hujurat;6.

  16. Fiza Ahmad Baizuri

    November 27, 2016 at 1:36 pm

    bener banget gan, nilai secara objektif bukan subjektif

  17. Usman West Java

    November 27, 2016 at 1:44 pm

    terimakasih gan udah membaca tulisan ini 😀 …

  18. Dwi Yulianto

    November 27, 2016 at 2:50 pm

    Kalau liat postingan blog hoax bawa-bawa agama yang menjadikan orang saling benci, rasanya pengin banget ketemu sama penulisnya terus ane tampolin pake sandal jepit pipinya kiri kanan

  19. Usman West Java

    November 27, 2016 at 2:57 pm

    hehe…
    iya mas dwi harus diberi peringatan langsung sepertinya biar nyaho. Kalau para penyebar hoax gak bisa baca qur'an smoga saja UU ITE pasal 28 dkk bisa mereka baca sehingga para penyebar hoax bisa diminimalisir khususnya di negeri ini .

  20. afrizal hamami

    November 27, 2016 at 10:22 pm

    gak cuma blogger gan yang sering bikin berita atau tulisan2 gngawur. di youtube juga banyak. malah di youtube lebig parah. seperti kandang PSK aja cewek banyak jual diri cuma demi Subscribe dan duit.

  21. Syahransyah

    November 27, 2016 at 10:22 pm

    Betul sekali Mas Usman..yang lebih lucu lagi Judul Artikel tidak sesuai sama Isi Konten dan kemaren saya sempat ketipu juga lho..hahah.

  22. Usman West Java

    November 27, 2016 at 10:50 pm

    Bener banget gan, saya menganalisa kelompok Blogger saja udah banyak apalagi kelompok Vlogger (youtuber) ini pastinya lebih banyak karena tayangan video itu lebih menjanjikan untuk kelompok penyebar kebohongan ini.Hal ini diakibatkan oleh lebih tingginya jiwa materialistis mereka ketimbang jiwa sosialnya.

  23. Usman West Java

    November 27, 2016 at 10:52 pm

    mungkin mereka ngeblog itu tujuannya ngerjain orang gan bukan memberikan manfaat kepada orang lain. Tidak sadar kalau kebohongannya itu merugikan dirinya sendiri.

  24. Fery Nisar

    November 28, 2016 at 7:39 am

    berita hoax udh banyak menyebar dimana" dan mirisnya banyak yg memakan berita tersebut mentah"

  25. Usman West Java

    November 28, 2016 at 9:50 am

    Semoga saja mereka bisa menyadari kesalahannya sehingga sgala tindakannya berdampak positif bagi masyarakat

  26. Catatan_sofyan

    November 29, 2016 at 10:47 am

    wah bener banget ni bang artikelnya.
    skg udh banyak banget blogger yg mengambil jalan pintas.

  27. Usman West Java

    November 29, 2016 at 10:49 am

    itu karena niat di awal yang terlalu berambisi untuk urusan komersil, jadinya malah tersesat di jalan yang salah… 😀

  28. Area tips

    Desember 10, 2016 at 1:26 am

    Bagi yang masih mudah terprovokasi dengan artikel yang bawa-bawa agama berarti memang kadar iman seseorang ini masih belum bisa dikategorikan bagus. Maka memperbaiki Akidah, Akhlak dan Syariah itu menjadi Sangat penting sekali dijaman-jaman kaya begini

  29. Usman West Java

    Desember 10, 2016 at 1:29 am

    maklum gan, kalau dilihat dari kacamata agama sebenarnya zaman ini semakin mundur hanya teknologinya saja yang semakin maju, lihat saja krisis etika terjadi dimana-mana, sulitnya nyari oejabat yang jujur, bocah usia dini udah tau hubungan intim, murid melawan kepada gurunya,,, tepuk jidat deh ane gan !

  30. Raf

    Maret 18, 2017 at 2:54 am

    Ketika web yang berbagi ilmu trafic nya sepi, tapi web penyebar hoax dan penggiringan opini trafic nya kenceng. Disitu terkadang saya merasa sedih..

Tinggalkan Balasan

To Top