ADSENSE

PREDIKSI PENYEBAB HILANGNYA IKLAN ADSENSE DI BEBERAPA AKUN SECARA SERENTAK

Prediksi Penyebab Hilangnya Iklan Adsense Di Beberapa Akun Secara Serentak – Mendapatkan kesempatan untuk menayangkan iklan AdSense adalah hal yang sangat menyenangkan bagi sebagian besar webmaster/blogger terutama mereka yang masih terhitung baru menggeluti dunia blogging. Tapi apa jadinya kalau sedang asik-asiknya beriklan kemudian iklannya mendadak hilang?

Bulan ini tepatnya februari 2017 dunia blogging digegerkan dengan fenomena yang mengerikan melanda sebagian besar pemilik akun AdSense 2017 yaitu iklan tidak bisa tayang di blog yang terintegrasi dengan akun padahal sudah full approve artinya permohonan akun sudah sepenuhnya diterima oleh pihak PPC nomor wahid tersebut tentunya hal ini menjadi mimpi buruk bagi mereka.

Kejadian ini sontak membuat para pemilik akun panik dan kebingungan karena tidak merasa melakukan pelanggaran atas kebijakan-kebijakan AdSense baik itu iklan ataupun konten. Tidak ada yang mengetahui secara pasti penyebab hilangnya iklan AdSense tersebut karena tidak satupun yang menerima email pemberitahuan dari pihak AdSense terkait mengenai kejadian ini.

Hampir semua grup blogging di jejaring sosial sibuk mencari tahu penyebab hilangnya iklan AdSense tersebut tidak terkecuali penulis sendiri. Penulis mencoba melakukan penelusuran ke berbagai sumber untuk mendapatkan informasi yang akurat kemudian mengumpulkan informasi yang didapat dan sekali lagi tidak ada satupun keterangan yang pasti tetapi hanya sebatas prediksi.

Penulis menarik kesimpulan dari beberapa prediksi yang ada termasuk prediksi penulis sendiri dan bisa dikatakan rasional. Berikut prediksi penyebab hilangnya iklan AdSense yang kebanyakan menimpa akun 2017 :

  1. Google AdSense sedang mengalami gangguan teknis

    Dari beberapa prediksi yang ada inilah yang paling meyakinkan karena beberapa hari ini penulis sendiri sempat melihat di akun ada notifikasi bahwa AdSense sedang mengalami gangguan dan mereka menyampaikan bahwa teknisinya sedang melakukan perbaikan. Perhatikan gambar berikut adalah notofikasi dari AdSense :

    prediksi penyebab hilangnya iklan AdSense

    Pemberitahuan gangguan melalui notifikasi di akun AdSense

    Notifikasi seperti yang terlihat pada gambar di atas jelas memperkuat bukti bahwa AdSense sedang membenahi sistemnya. Selain itu ternyata ada yang lebih meyakinkan lagi bahwa AdSense sedang error yaitu adanya blog yang bisa menampilkan iklan padahal permohonan akunnya telah ditolak oleh pihak AdSense tetapi selang sehari kemudian iklan menjadi hilang.

  2. Akun belum disetujui sepenuhnya

    Dari hasil diskusi penulis dengan beberapa sumber yang sudah senior, mereka menyebutkan bahwa akun AdSense itu hanya bisa tayang di website/blog yang visibiltasnya sudah bagus dan memenuhi kriteria yang telah ditetapkan oleh pihak AdSense.

    Jadi apabila ada website/blog yang belum memenuhi kriteria AdSense tapi sudah bisa tayang Iklannya itu hanya bersifat sementara saja. Walau pun iklan sudah bisa tampil tetapi tidak menutup kemungkinan akun AdSense belum disetujui sepenuhnya jadi sangat memungkinkan iklannya bisa hilang lagi.

    Biasanya dalam masa review kedua hanya muncul kotak kosong saja, namun sekali lagi karena sistemnya error jadi iklan bisa tampil hingga beberapa hari kemudian hilang lagi.

  3. Iklan AdSense belum layak tayang di blog

    Sepengetahuan penulis bahwa iklan AdSense itu tidak bisa ditempelkan di blog yang masih belum layak terutama blog yang minim visitor dan konten. Mungkin dengan trafik yang sedikit menjadi suatu alasan yang masuk akal kalau iklan tdak tayang, atau ada konten yang dianggap melangar kebijakannya.

    Kan sudah full approve, lantas kenapa permohonan saya disetujui sepenuhnya oleh AdSense?

    Sistem AdSense yang sedang error memungkinkan hal apapun terjadi, tidak terkecuali terkabulkannya status permohonan sobat secara mendadak padahal seharusnya masih di-review.

    Untuk poin ini penulis memiliki bukti yang cukup kuat kalau sistem AdSense memang sedang error. Ini adalah hasil riset yang dilakukan penulis yang sempat disetuji AdSense sepenuhnya tetapi kemudian ditolak sepenuhnya. Perhatikan gambar berikut ini :

    Permohonan disetujui pada tanggal 29 Januari 2017 dan berhasil menayangkan iklan .

    Prediksi Penyebab hilangnya iklan AdSense

    Permohonan telah disetujui oleh AdSense (dari plugin AdSense)

    Pada tanggal 7 Pebruari 2017 penulis mendapatkan info bahwa permohonan telah ditolak sekaligus dengan emailnya dan ini adalah sekaligus kado ulang tahun dari AdSense untuk penulis (karena penulis hari ini ulang tahun :D) . Berikut adalah history email dari AdSense dari diterima hingga ditolak :

    Prediksi penyebabhilangnya iklan AdSense di akun 2017

    History email dari mulai diterima hingga ditolak Adsense

    Penulis mengakui sepenuhnya kalau website yang didaftarkan memang belum layak untuk beriklan AdSense karena selain kapasitas servernya yang kurang bagus dan sering down, websitenya pun belum selesai masih banyak terdapat kekurangannya dan ada beberapa fitur yang belum rampung.

    Jujur saja penulis sempat kaget sewaktu mendapat persetujuan dari AdSense dalam kondisi website yang masih beta (tahap pengembangan) karena ini bertentangan dengan kriteria agar diterima AdSense dan merasa tidak yakin kalau persetujuan tersebut valid.

Kesimpulan, status permohonan sobat mungkin tidak valid karena ada gangguan (error) di sistem AdSense padahal sesungguhnya masih tahap review. Terus konsisten membuat konten yang berkualitas seperti biasanya kalau ingin mendapatkan persetujuan yang valid dari pihak AdSense. Perbaiki website/blog sobat sehingga tampilannya menjadi sempurna sesuai kriteria AdSense.

15 Comments

15 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

36 − = 29

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top