ADSENSE

PREDIKSI PENYEBAB HILANGNYA IKLAN ADSENSE DI BEBERAPA AKUN SECARA SERENTAK

Prediksi Penyebab Hilangnya Iklan Adsense Di Beberapa Akun Secara Serentak – Mendapatkan kesempatan untuk menayangkan iklan AdSense adalah hal yang sangat menyenangkan bagi sebagian besar webmaster/blogger terutama mereka yang masih terhitung baru menggeluti dunia blogging. Tapi apa jadinya kalau sedang asik-asiknya beriklan kemudian iklannya mendadak hilang?

Bulan ini tepatnya februari 2017 dunia blogging digegerkan dengan fenomena yang mengerikan melanda sebagian besar pemilik akun AdSense 2017 yaitu iklan tidak bisa tayang di blog yang terintegrasi dengan akun padahal sudah full approve artinya permohonan akun sudah sepenuhnya diterima oleh pihak PPC nomor wahid tersebut tentunya hal ini menjadi mimpi buruk bagi mereka.

Kejadian ini sontak membuat para pemilik akun panik dan kebingungan karena tidak merasa melakukan pelanggaran atas kebijakan-kebijakan AdSense baik itu iklan ataupun konten. Tidak ada yang mengetahui secara pasti penyebab hilangnya iklan AdSense tersebut karena tidak satupun yang menerima email pemberitahuan dari pihak AdSense terkait mengenai kejadian ini.

Hampir semua grup blogging di jejaring sosial sibuk mencari tahu penyebab hilangnya iklan AdSense tersebut tidak terkecuali penulis sendiri. Penulis mencoba melakukan penelusuran ke berbagai sumber untuk mendapatkan informasi yang akurat kemudian mengumpulkan informasi yang didapat dan sekali lagi tidak ada satupun keterangan yang pasti tetapi hanya sebatas prediksi.

Penulis menarik kesimpulan dari beberapa prediksi yang ada termasuk prediksi penulis sendiri dan bisa dikatakan rasional. Berikut prediksi penyebab hilangnya iklan AdSense yang kebanyakan menimpa akun 2017 :

  1. Google AdSense sedang mengalami gangguan teknis

    Dari beberapa prediksi yang ada inilah yang paling meyakinkan karena beberapa hari ini penulis sendiri sempat melihat di akun ada notifikasi bahwa AdSense sedang mengalami gangguan dan mereka menyampaikan bahwa teknisinya sedang melakukan perbaikan. Perhatikan gambar berikut adalah notofikasi dari AdSense :

    prediksi penyebab hilangnya iklan AdSense

    Pemberitahuan gangguan melalui notifikasi di akun AdSense

    Notifikasi seperti yang terlihat pada gambar di atas jelas memperkuat bukti bahwa AdSense sedang membenahi sistemnya. Selain itu ternyata ada yang lebih meyakinkan lagi bahwa AdSense sedang error yaitu adanya blog yang bisa menampilkan iklan padahal permohonan akunnya telah ditolak oleh pihak AdSense tetapi selang sehari kemudian iklan menjadi hilang.

  2. Akun belum disetujui sepenuhnya

    Dari hasil diskusi penulis dengan beberapa sumber yang sudah senior, mereka menyebutkan bahwa akun AdSense itu hanya bisa tayang di website/blog yang visibiltasnya sudah bagus dan memenuhi kriteria yang telah ditetapkan oleh pihak AdSense.

    Jadi apabila ada website/blog yang belum memenuhi kriteria AdSense tapi sudah bisa tayang Iklannya itu hanya bersifat sementara saja. Walau pun iklan sudah bisa tampil tetapi tidak menutup kemungkinan akun AdSense belum disetujui sepenuhnya jadi sangat memungkinkan iklannya bisa hilang lagi.

    Biasanya dalam masa review kedua hanya muncul kotak kosong saja, namun sekali lagi karena sistemnya error jadi iklan bisa tampil hingga beberapa hari kemudian hilang lagi.

  3. Iklan AdSense belum layak tayang di blog

    Sepengetahuan penulis bahwa iklan AdSense itu tidak bisa ditempelkan di blog yang masih belum layak terutama blog yang minim visitor dan konten. Mungkin dengan trafik yang sedikit menjadi suatu alasan yang masuk akal kalau iklan tdak tayang, atau ada konten yang dianggap melangar kebijakannya.

    Kan sudah full approve, lantas kenapa permohonan saya disetujui sepenuhnya oleh AdSense?

    Sistem AdSense yang sedang error memungkinkan hal apapun terjadi, tidak terkecuali terkabulkannya status permohonan sobat secara mendadak padahal seharusnya masih di-review.

    Untuk poin ini penulis memiliki bukti yang cukup kuat kalau sistem AdSense memang sedang error. Ini adalah hasil riset yang dilakukan penulis yang sempat disetuji AdSense sepenuhnya tetapi kemudian ditolak sepenuhnya. Perhatikan gambar berikut ini :

    Permohonan disetujui pada tanggal 29 Januari 2017 dan berhasil menayangkan iklan .

    Prediksi Penyebab hilangnya iklan AdSense

    Permohonan telah disetujui oleh AdSense (dari plugin AdSense)

    Pada tanggal 7 Pebruari 2017 penulis mendapatkan info bahwa permohonan telah ditolak sekaligus dengan emailnya dan ini adalah sekaligus kado ulang tahun dari AdSense untuk penulis (karena penulis hari ini ulang tahun :D) . Berikut adalah history email dari AdSense dari diterima hingga ditolak :

    Prediksi penyebabhilangnya iklan AdSense di akun 2017

    History email dari mulai diterima hingga ditolak Adsense

    Penulis mengakui sepenuhnya kalau website yang didaftarkan memang belum layak untuk beriklan AdSense karena selain kapasitas servernya yang kurang bagus dan sering down, websitenya pun belum selesai masih banyak terdapat kekurangannya dan ada beberapa fitur yang belum rampung.

    Jujur saja penulis sempat kaget sewaktu mendapat persetujuan dari AdSense dalam kondisi website yang masih beta (tahap pengembangan) karena ini bertentangan dengan kriteria agar diterima AdSense dan merasa tidak yakin kalau persetujuan tersebut valid.

Kesimpulan, status permohonan sobat mungkin tidak valid karena ada gangguan (error) di sistem AdSense padahal sesungguhnya masih tahap review. Terus konsisten membuat konten yang berkualitas seperti biasanya kalau ingin mendapatkan persetujuan yang valid dari pihak AdSense. Perbaiki website/blog sobat sehingga tampilannya menjadi sempurna sesuai kriteria AdSense.

15 Comments

15 Comments

  1. Kadek Ariasa

    Februari 7, 2017 at 12:28 am

    Sangat di sayangkan padahal iklan sudah tayang dan ada yang klik namun 3 hari setelah itu iklan hilang, tapi masih bisa masuk dashboard adsense. Saya sudah menerima 6 email dan email yang terakhir email penolakan alasan konten tidak memadai 😀
    Tetap semangatt

  2. Muhammad Syukron

    Februari 7, 2017 at 12:58 am

    apa karna ada perubahan sistem ya mas? soalnya saya buka webmaster ada pesan gitu katanya udah berubah. tapi masa iya ngefek sampe ke adsense juga

  3. Bos Informasi

    Februari 7, 2017 at 11:13 am

    Adsense dalam pengembangan itu bisa saja memungkinkan apa saja terjadi mas. Apalagi sistem adsense dari dulu mudah dibobol hacker. Mereka selalu mencari celah / bug adsense. Mereka memborbardirnya dengan gaji berdollar-dollar tiap bulannya. Kemungkinan besarnya, adsense ingin membebani sistem yang berantakan. Semoga saja ini jadi pengalaman. 2014 yang lalu juga hampir sama kejadiannya.

  4. Usman West Java

    Februari 7, 2017 at 12:37 pm

    Harapan saya kedepannya semoga kedua belah pihak ini bisa saling menguntungkan dan pastinya aman.

  5. Usman West Java

    Februari 7, 2017 at 12:39 pm

    ini hanya prediksi mas, sebenarnya kita pun tidak tahu persis apa yang terjadi. yang jelas dari bukti-bukti yang ada dapat disimpulkan kalau saat ini lagi ada kendala teknis atau lagi pembenahan regulasi AdSense…kita lihat saja perkembangan selanjutnya.

  6. Usman West Java

    Februari 7, 2017 at 12:42 pm

    anggapa saja itu pemanasan bli, jangan terpengaruh dengan situasi seperti itu karena sudah biasa terjadi. Kita harus memaklumi sebuah sistem yang error pastinya tingkat validasinya rendah bahkan tidak bisa dibenarkan sama sekali.

  7. Mutia Haroh

    Februari 7, 2017 at 1:17 pm

    Kok sekarang google adsense jadi gini yah, sangat di disayangkan banget. Semoga aja kedepannya lebih baik lagi

  8. Irwin Andriyanto

    Februari 7, 2017 at 1:27 pm

    sepertinya lebih ke kendala teknis di GA nya

  9. Usman West Java

    Februari 7, 2017 at 1:54 pm

    betul mas,sangat mungkin kalau GA sedang upgrade sistemnya melihat bukti yang ada.

  10. Usman West Java

    Februari 7, 2017 at 1:58 pm

    sepertinya GA sedang membenahi regulasinya supaya lebih nyaman lagi buat para publisher GA itu sendiri.

  11. I Made Dedy Saputra

    Februari 11, 2017 at 10:02 am

    aduh serem gan, baru sejam lalu bisa utak atik adsense baca berita gini jadi down 🙁
    iyasih bisa dibuka akun adsensenya, tapi surat cinta blum ada dari google, malah bikin berprasangka klo ikut kena bug, wkwk.

  12. Usman West Java

    Februari 11, 2017 at 12:01 pm

    semangat bli…saya tulis tentang penolakan ini dengan harapan teman-teman bisa belajar dari kegagalan. perhatikan template apakah responsive atau tidak dan untuk konten waspada jangan buat yang melanggar kebijakannya.

  13. Free Share

    Februari 13, 2017 at 5:49 am

    Prediksi ya? Jadi belum tahu pasti ini. Hanya praduga tak bersalah. Hehe. Oke mungkin jika dilihat dari serempaknya iklan adsense yang hilang ini, kemungkinan besarnya adalah adsense sedang cuci gudang istilahnya mas. Yang sesuai ya lanjut. yang tidak berarti harus rela banned

  14. Guru Madrasah

    Februari 13, 2017 at 7:09 am

    wah kok bisa gitu ya gan, semangat aja yah buat para agan2 master adsense

  15. ikrom

    Februari 13, 2017 at 10:41 pm

    aku pernah ngajuin 2x masih ditolak
    sementara ga ambil pusing GA deh yg penting nulis dulu, hehe

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 34 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top