APLIKASI

INILAH SOLUSI SERTIFIKAT VAKSIN COVID-19 TIDAK KELUAR

Solusi Sertifikat Vaksin Covid-19 Tidak Keluar –  Pusing setelah vaksin tidak mendapat sms link sertifikat? jangan panik karena ada banyak orang yang mengalami hal yang serupa dan cara mengatasinya juga tidak ribet hanya dengan beberapa langkah saja sertifikat vaksin bisa didapatkan. Harap simak ulasan ini sampai tuntas agar tidak bingung saat implementasi nanti.

Berawal dari beberapa orang teman yang mengeluh kalau sertifikat vaksin mereka tidak ditemukan pada halaman web ataupun aplikasi PeduliLindungi bahkan setelah melakukan vaksin tidak mendapat sms yang berisi link sertifikat maka Penulis menerbitkan ulasan ini untuk dijadikan panduan pemecahan masalah tersebut, semoga bermanfaat dan jangan lupa informasikan juga kepada yang membutuhkan.

Jika tidak menerima sms yang berisi link sertifikat vaksin maka bukan berarti tidak dapat mendapatkannya karena sertifikat vaksin masih dapat dicari secara manual tanpa link dari sms tersebut yaitu dengan cara membuat akun di web atau aplikasi PeduliLindungi baru setelah itu sertifikat vaksin dapat ditemukan dalam akun tersbut, usahakan yang membuat akun jangan orang lain karena ada dokumen penting di dalamnya.

Kenapa Sertifikat Vaksin Covid-19 Tidak Keluar Walaupun Sudah Membuat Akun PeduliLindungi?

Untuk pemecahan masalah sertifikat vaksin yang terkendala tidak cukup hanya dengan membuat akun di aplikasi PeduliLindungi atau langsung di website www.pedulilindungi.id tetapi pastikan data pribadi yang tertera dalam akun tidak ada yang salah. Pastikan Nama Lengkap, NIK, Nomor Ponsel, Email dan Tanggal Lahir sudah benar agar sistem dapat mengidentifikasi sertifikat vaksin yang sesuai dengan data tersebut kemudian menampilkannya di halaman download sertifikat. Silahkan buka akun PeduliLindungi, perhatikan gambar berikut!

atasi sertifikat vaksin tidak keluar.jpg

Gambar 1: Halaman data profil akun PeduliLindungi

Perhatikan bagian data profil (3) dan jangan ada kesalahan sedikitpun pada setiap kolom isian data profil tersebut agar sertifikat bisa ditampilkan oleh sistem. Banyak kejadian data akun tidak lengkap sehingga dapat memicu error pada sistem penampil sertifikat, meskipun hal tersebut hanya sebatas analisa Penulis namun alangkah baiknya semua kolom data profil dilengkapi bila ada yang masih kosong.

Penulis pernah menangani beberapa kasus sertifikat vaksin tidak keluar di akun PeduliLindungi dan pemecahan masalahnya seperti yang dijelaskan di atas yaitu dengan melengkapi data profil yang benar sesuai dengan data pemilik akun tersebut, setelah semua data diisi kurang lebih dalam selang waktu 14 hari sertifikat sudah muncul di halaman akun dan dapat diunduh. Jadi silahkan dicoba jika mengalami permasalahan serupa.

Sudah Melengkapi Data Profil dan Menunggu 14 hari Tapi Sertifikat Masih Belum Tampil

Jangan berkecil hati karena Penulis masih punya cara lain yang cukup valid. Cara ini didapatkan dari grup PIC BPJS Kesehatan di perusahaan swasta karena kebetulan Penulis salah satu PICnya, sumbernya dari KEMENKES RI. Sepertinya ini format khusus yang dikirim via email untuk penyampaian keluhan sertifikat vaksin. Perhatikan gambar berikut!

Informasi penyampaian keluhan sertifikat vaksin covid-19.jpg

Gambar 2. Informasi Penyampaian Keluhan Sertifikat Vaksin

Silahkan ikuti petunjuk yang tertera pada Gambar 2. Sampaikan keluhannya dengan jelas dan jangan bertele-tele agar memudahkan petugas dalam mengatasi kendala yang sedang dialami. Lampirkan dengan jelas foto kartu vaksin dilengkapi selfie dengan KTP, untuk kelancaran verifikasi data mohon tidak mengirim foto dokumen yang ngeblur, miring atau terpotong melainkan semuanya harus sesuai dengan standar dokumen.

Penulis berharap kedua solusi dalam segmen ini dapat memecahkan permasalahan terkait keluhan sertifikat vaksin dan jika sertifikat vaksin sudah terbit di akun silahkan segera dicetak seukuran KTP agar dapat dimasukkan ke dalam dompet dan jangan lupa laminating terlebih dahulu agar awet tidak mudah rusak jika terkena panas atau air.

Apabila masih ada yang belum mengerti jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar, dengan senang hati Penulis akan memberikan jawaban terbaik sejauh yang Penulis ketahui. Hanya pertanyaan yang relevan yang akan dipertimbangakan untuk dibalas, jadi mohon tidak bertanya di luar topik pembahasan.

Kesimpulan

Isian data ketika melakukan registrasi vaksin sangat menentukan apakah sertifikat vaksin bisa muncul di akun atau sebaliknya malah tidak ada samasekali, jadi harap tulis semua data dengan jelas terutama Nama, NIK dan Nomor Telepon.

Pastikan data profil pada akun PeduliLindungi semuanya terisi dengan benar, biasanya perlu dilengkapi dengan mengisi beberapa data pribadi dan harap teliti ketika mengisi data taersebut agar sistem tidak error ketika akan menampilkan sertifikat vaksin.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Copyright © 2015 kurkom

To Top