ADSENSE

LANGKAH YANG PERLU DILAKUKAN SETELAH DITOLAK ADSENSE

Langkah Yang Perlu Dilakukan Setelah Ditolak Adsense – Mendapatkan persetujuan sepenuhnya dari AdSense adalah hal yang tidak mudah. Untuk dapat meraih pencapaian menjadi pengiklan AdSense itu perlu melakukan tindakan yang tepat supaya hasilnya sesuai harapan. Apalagi kalau pernah ditolak pastinya bisa lebih berhati-hati lagi dalam menentukan langkah selanjutnya.

Hampir semua email penolakan yang ditemukan penulis di forum diskusi bunyinya sama yaitu soal konten tidak memadai dan blog yang dinyatakan masih tahap beta (tahap pengembangan). Rupanya tidak hanya pendatang baru saja (istilah kerennya newbi) yang mendapatkan penolakan karena masalah konten dan blog yang masih belum rampung melainkan yang sudah senior pun masih saja dapat email penolakan seperti itu.

BACA : ANALISA GAGAL DAFTAR ADSENSE KARENA KONTEN TIDAK MEMADAI

Sekedar saran dari penulis setelah ditolak AdSense maka sebaiknya mencermati dengan teliti setiap poin yang ada pada email penolakan tersebut sehingga memahami penyebab kenapa permohonannya ditolak. Jangan terburu-buru hanya karena ingin segera mendapat persetujuan AdSense karena jika ada langkah yang terlewatkan pastinya akan gagal lagi.

Perlu usaha dan kerja keras untuk meraih pencapaian karena tidak ada kata instan untuk sebuah kesuksesan. Jadi lakukan tindakan yang sudah terukur dengan baik sehingga langkahnya tidak menjadi sia-sia. Adakan study kasus dengan blogger lain yang bernasib sama untuk dapat saling mengkoreksi dan mintalah pendapat kepada para mastah AdSense setelah sobat meng-compare hasil study kasus tersebut.

BACA : PENGALAMAN DITOLAK GOOGLE ADSENSE

Jangan pernah menyesal jika pendaftaran sobat ditolak AdSense dan jangan merasa bangga jika diterima, tetaplah bersikap biasa-biasa saja. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga kondisi psikologi sobat agar tetap stabil karena akan sangat berpengaruh kepada naluri ngeblog. Terkadang sikap penyesalan dan bangga bisa mematikan motivasi karena biasanya orang seperti ini selalu tidak siap menerima kegagalan dan akhirnya berhenti total dari aktivitas blogging.

Berikut ini adalah langkah sederhana yang layak untuk dilakukan setelah ditolak AdSense agar permohonan selanjutnya memungkinkan untuk disetujui :

  1. Periksa struktur blog

    Apabila dalam email penolakan ditemui kalimat bahwa blog belum rampung maka saatnya sobat melihat dan memeriksa kelengkapan yang berkaitan dengan struktur blognya yaitu layout blog dalam hal ini template yang digunakan. Coba sobat perhatikan karakter template di mesin pencari apakah bisa diandalkan atau tidak.

    Periksa apakah template yang sobat gunakan itu responsive atau tidak karena untuk saat ini template yang tidak responsive akan ditinggalkan pengunjung dan mesin pencari. Kalau sudah begitu lantas siapa yang mau melihat blog kita ? cukup rassional kalau permohonan kita ditolak.

    Periksa semua menu navigasi jangan sampai ada yang terlewatkan karena kalau ada yang belum selesai maka kemungkinan besar tidak akan di-approve. Selain menu navigasi periksa juga semua link rujukan terutama yang dipasang di home page apakah berfungsi atau tidak.

    Kalau sobat menggunakan template gratisan dan tidak memiliki kemampuan coding maka sebaiknya ganti menggunakan template premium karena di dalam template gratisan banyak script yang bisa mengganggu performa blog sehingga harus dihapus atau diedit sedangkan template premium lebih bersih dan aman dari script yang mencurigakan.

  2. Pasang kode iklan

    Pasang kode iklan yang diberikan pada saat mendaftar untuk menghubungkan blog dengan tim Adsense nantinya sesuai dengan intruksi yang diperintahkan agar blog sobat bisa di-review oleh mereka.

    Merangkum dari sejumlah pertanyaan teman-teman di grup sosmed dan di email, berikut ini adalah salah satu poin dari email AdSense mengenai informasi pemasangan kode iklan yang paling banyak dipertanyakan oleh newbi karena cukup membingungkan mereka :

    “ Tempatkan kode iklan di laman aktif situs web Anda. Tidak harus berupa laman utama, namun laman percobaan yang kosong kecuali untuk kode iklan AdSense tidak akan disetujui “

    Maksud dari kalimat tersebut adalah kita boleh menempatkan kode iklan yang diberikan pada saat mendaftar AdSense di halaman baru atau halaman percobaan dan itu tidak menjadi masalah karena hanya sebatas penghubung blog dengan AdSense saja.

    Sedangkan yang dimaksud “kode iklan AdSense” adalah kode unit iklan yang kita buat secara manual pada menu “My Ads/Iklan Saya” di akun AdSense. Apabila fitur My Ads sudah di-enable oleh pihak AdSense maka silahkan buat unit iklan baru dan dapatkan kode iklannya disana kemudian pasang kode iklan tersebut di halaman aktif yang paling sering sering dikunjungi dan jangan di halaman kosong karena permohonannya pasti tidak akan disetujui.

    Kode iklan AdSense yang dipasang di halaman aktif akan berbentuk kotak kosong sampai permohonan sobat disetujui maka akan terisi oleh iklan AdSense.

    Berikut ini adalah yang dimaksud “kode iklan” yang bisa ditempatkan di halaman kosong :

    Langkah setelah ditolak AdSense

    Kode penghubung ke AdSense yang harus dipasang di blog

    Silahkan tekan copy code dan paste di halaman baru pada mode teks/html kemudian publish halaman tersebut. Setelah dipublish halaman tersebut akan seperti halaman kosong namun sebenarnya terdapat kode penghubung ke AdSense .

    Berikut adalah contoh penempatan kode penghubung ke AdSense pada halaman baru :

    Langkah setelah ditolak AdSense

    Memasang kode penghubung AdSense di halaman baru

    Setelah langkah ini selesai selanjutnya silahkan menunggu setidaknya 3 hari atau bahkan lebih untuk mendapatkan balasan dari AdSense mengenai status permohonan sobat.

  3. Periksa dan hapus konten yang melanggar kebijakan AdSense

    Pada bagian ini sobat harus rela kehilangan konten apabila konten tersebut dirasa melanggar kebijakan AdSense maka segera hapus dari blog dan mesin telusur. Untuk dapat melakukan langkah ini maka diperlukan pemahaman yang mendalam tentang kebijakan konten untuk website pengiklan AdSense.

    Penulis mengamati ternyata paling banyak masalah yang dialami pendaftar yang gagal itu karena konten yang tidak sesuai dengan kebijakan AdSense. Temukan konten yang bermasalah dan segera perbaiki kalau tidak memungkinkan maka hapus saja.

    BACA : KUPAS TUNTAS CARA TERBARU MEMBUAT KONTEN BERKUALITAS [UPDATE 2017]

    Untuk dapat menghapus konten di blog pasti semua sudah tau caranya, jadi penulis hanya akan memberikan petunjuk cara menghapus konten di mesin telusur khususnya google.

    Kenapa konten di mesin telusur harus dihapus juga?

    URL konten yang ada di mesin telusur tidak hilang walaupun konten di blog telah dihapus melainkan akan selalu terindex dan sewaktu-waktu bisa saja diklik pengguna dan ketika mesin telusur melakukan perayapan maka akan terjadi error 404 dan hal ini dapat menurunkan visibilitas blog di mesin telusur.

    Untuk dapat menghapus konten di mesin telusur khususnya google maka sobat bisa menggunakan fitur yang ada di google webmaster tools. Langkah pertama siapkan URL konten yang akan dihapus misalnya :

    ” https://kursuskomputergratis.com/cara-membuat-konten-berkualitas-update-2017/”

    Silahkan buka google webmaster tools kemudian klik Google Index-klik Remove URLs-klik Temporarily hide-paste URL konten dan klik Continue. Perhatikan gambar berikut ini :

    Langkah setelah ditolak AdSense

    Cara menghapus URL konten di mesin telusur (google)

    Selanjutnya tinggal menunggu saja karena URL konten tidak langsung terhapus dari index mesin pencari tetapi perlu waktu 1 sampai 2 hari baru terhapus.

Kesimpulan, langkah yang harus dilakukan setelah ditolak AdSense harus tepat supaya permohonan selanjutnya berjalan sesuai harapan. Jangan langsung mendaftar lagi apabila permohonan sobat ditolak lakukan perbaikan dan analisa dengan teliti setiap element yang ada dalam blog sobat.

Periksa selalu karakteristik blog sobat di mesin telusur apakah optimal atau lelet, jika lelet maka segera tingkatkan performanya karena blog yang lelet sangat kecil kemungkinan untuk dapat diterima AdSense. Rajin-rajinlah melakukan promosi ke grup-grup jejaring sosial yang relevan dengan niche blog sobat agar lalu lintas pengunjung ke blog sobat ramai sehingga menjadi poin tambahan dari tim AdSense ketika me-review.

Khusus web self hosting gunakan host server yang tangguh karena kalau menggunakan host server yang tidak berkualitas maka dikhawatirkan responnya lambat juga bisa ditinggalkan pengunjung dan visibility-nya di mesin pencari lemah sehingga blog akan sulit diterima AdSense karena aksesnya lambat.

13 Comments

13 Comments

  1. Hilmy Adlan

    Februari 11, 2017 at 1:05 am

    wahhh ane sempet di tolak google adsense dan ane cari ads yang lain hehe 🙁 google adsense blog tidak semudah adsense youtube 🙁 , nice info (y)

  2. Bos Informasi

    Februari 11, 2017 at 7:45 am

    Memang benar sekali jika sudah daftar dan ditolak jangan mudah menyerah. Masih ada kesempatan untuk lebih baik lagi saat melamar adsense yang kedua kali. Atau lebih. Jangan lupakan struktur data situs mas… Pentingnya luar biasa itu. Skema data penting banget selain url yang mati

  3. Usman West Java

    Februari 11, 2017 at 12:02 pm

    sip pak guru, saya belajar dari kesuksesan pak irwan. Tidak kenal menyerah adalah mental yang harus dimiliki blogger. dan yang paling wajib adalah jiwa sosialnya yang tinggi.

  4. Bye Webster

    Februari 13, 2017 at 10:36 am

    Kalo mau daftar adsense gitu, rata rata visitor musti berapaa ya gann..??? trus apa musti blog yang udah tahunan baru bisa..??

  5. Usman West Java

    Februari 13, 2017 at 11:26 am

    visitor tidak ada patokan hanya saja lebih ramai itu lebih bagus untuk umur blog tidak perlu nunggu lama-lama buktinya ada juga yang baru umur 3 minggu bisa diterima asalkan kontennya sudah memenuhi syarat (tidak melanggar kebijakan Adsense).

  6. burhan

    Februari 28, 2017 at 3:01 pm

    mas kode iklan itu saya masih bungung, pejelasannya belum detail. kalau semisal saya letakan kode iklan di halaman setiap kali posting artikel baga8mana mas? khususnya di header, tengah dan footer artiel, mohon pecerahnnya terimakasih

  7. Usman West Java

    Maret 1, 2017 at 9:42 pm

    kode iklan akan kita dapatkan di masa review kedua biasanya begitu, di masa ini beberapa fitur adsesnse sudah bisa dibuka termasuk kode iklan namun iklan tersebut belum aktif dan kalau kode tersebut dipasang hanya berupa bidang yang kosong yang nantinya akan terisi iklan aktif ketika permohonan disetujui. Untuk pemasangannya yang mas utarakan itu benar, namun untuk masa review kedua pasang satu kode iklan saja di bagian header atau di halaman aktif yang sering dikunjungi seperti halaman utama (home page).

  8. SEO Anyaran

    Maret 8, 2017 at 6:12 am

    Saya yang belum ketemu pemecahan masalahnya adalah cara menghilangkan iklan matched content yang terdapat url mati. Padahal:
    1. Url mati sudah di hapus dari search console
    2. Url mati sudah diganti url baru dan sudah terindex.
    3. Yang terjadi justru… Iklan matched content menampilkan kedua link tersebut di iklannya.

    Apa yang harus dilakukan?

  9. Usman West Java

    Maret 8, 2017 at 2:05 pm

    coba mas minta bantuan ke tim supportnya, sepertinya itu solusi terakhir, menurut saya arahkan saja link tersebut ke konten yang relevan.

  10. Pingback: LANGKAH PENTING TAHAP REVIEW GOOGLE ADSENSE | Blog Mas Usman

  11. Pingback: KEJARLAH ADSENSE DENGAN SKILLMU BUKAN DENGAN NAFSUMU | Blog Mas Usman

  12. Ade Haris

    Juli 16, 2017 at 10:17 am

    Selamat siang.

    Mohon bantu karena saya kurang paham.
    Saya telah daftar di google adsense dan saya telah mendapatkan “Selamat akun anda kini telah di setujui” dari google adsense..
    Yang saya ingin tahu apa langkah selanjutnya..
    Mohon dibantu

  13. Usman West Java

    Juli 16, 2017 at 11:32 am

    selamat, mas ade sudah disetujui Google AdSense. Selanjutnya silahkan pasang iklan pada halaman situs, buka unit iklan baru lalu dapatkan kodenya dan pasang. di profile blog ada kontak WA saya ya mas silahkan disave..:)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 55 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top