ADSENSE

TINDAKAN PREVENTIF JIKA PENAYANGAN IKLAN DIBATASI GOOGLE ADSENSE

mengatasi masalah penayangan iklan dibatasi.jpg
Creative By Kurkom

Kursuskomputergratis.com – Pada minggu ketiga bulan September 2019 ini merupakan moment yang cukup menegangkan bagi banyak publisher Google AdSense di Tanah Air bahkan mungkin di Dunia karena peristiwa badai penonaktifan akun kembali melanda dan menenggelamkan harapan para pencari rezeki dari adnetwork nomor wahid di jagat maya ini, namun diantara publisher masih ada yang statusnya “Penayangan Iklan Dibatasi” artinya belum dinonaktifkan.

Asumsi penulis, Google sudah pasti melakukan tindakan yang tepat untuk menjaga ekosistem periklanan mereka karena penayang dinilai melakukan aktivitas yang melanggar kebijakan periklanan Google AdSense sehinga bagi yang pelanggarannya berat maka Google langsung menonaktifkan akun penayang namun jika pelanggarannya masih ringan maka akun penayang hanya disuspend.

Walaupun statusnya suspend atau penayangan iklan dibatasi tetap saja penayang kehilangan pendapatan mereka karena iklan tidak tampil sama sekali tetapi penayang masih mendapatkan revenue walaupun jauh lebih kecil mungkin hanya sampai 1% dari biasanya berdasarkan data yang diperoleh penulis dari akun teman-teman publisher yang terkena suspend musim ini.

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Status Penayangan Iklan Dibatasi ?

Berkaca dari pengalaman penulis saat pertamakalianya terkena pelanggaran yang berakibat penayangan iklan dibatasi, awalnya pembatasan iklan hanya pada tingkat halaman saja karena bingung harus ngapain kemudian membiarkannya hingga beberapa hari kemudian statusnya peringatannya menjadi naik level hingga pelanggaran tingkat situs sehingga semua iklan tidak tampil pada situs tersebut.

memperbaiki Pelanggaran tingkat situs.jpg

Gambar 1. contoh notifikasi pelanggaran tingkat situs

Mempelajari kasus tersebut ternyata Google mengharuskan penayang proaktif membenahi situs yang terkena suspend sehingga iklan bisa kembali tayang seperti biasanya. Jika penayang tidak melakukan apapun maka kemungkinan besar iklan tidak akan tayang lagi bahkan jika terlalu lama akun bisa dinonaktifkan secara permanent oleh pihak Google.

Tidak banyak yang bisa dilakukan penayang dalam kasus iklan dibatasi ini selain menunggu kebesaran hati tim Google untuk menampilkan iklannya lagi pada akun tersebut. Namun, menunggu bukan berarti tidak melakukan tindakan apapun karena pasti tidak akan ada hasil tetapi perlu melakukan beberapa langkah penting yang disarankan Google ketika penayangan iklan dibatasi.

Baca : Beginilah Jika Halaman Situs Ditilang Adsense [Melanggar Kebijakan]

1. Memastikan Semua Artikel Terbebas dari Pelanggaran

Ini memang sangat sulit namun harus dilakukan, coba tinjau ulang semua artikel yang kemungkinan terindikasi adanya pelanggaran. Dalam hal ini tentunya penayang wajib mengetahui jenis-jenis pelanggaran kebijakan konten. Untuk mempermudah langkah silahkan analisa judul artikelnya saja melalui daftar isi (sitemap), cari topik artikel yang mengandung unsur pelanggaran kebijakan konten.

Baca : Cara Mengetahui Konten Yang Melanggar Kebijakan Google Adsense

2. Periksa Seluruh Slot Iklan dalam Halaman

Jenis pelanggaran ini biasanya menyorot tata letak iklan atau perlakuan iklan di halaman penayang. Bila sistem mendeteksi adanya manipulasi klik iklan maka tanpa ampun lagi akun penayang langsung dinonaktifkan. Perhatikan tata letak iklan yang tidak sesuai dengan kebijakan seperti penempatan iklan yang terlalu dekat dengan tombol navigasi, iklan sticky dengan density lebih dari 30% menutupi konten dan iklan yang mendorong konten ke bawah sebaiknya iklan iklan ini dibenahi.

3.Copot Seluruh Kode Iklan

Ketika akun sedang dalam masa suspend maka seluruh kode iklan berada dalam query pelanggaran kebijakan, maka upaya selanjutnya adalah coba lepas semua unit iklan kemudian ganti dengan unit iklan yang baru supaya traffik yang masuk ke akun tidak lost karena dikhawatirkan kalau traffiknya zero maka akun kemungkinan kena banned.

4. Laporkan ke Google

Cobalah laporkan seluruh rangkuman aktivitas yang telah dilakukan melalui formulir pelaporan aktivitas tidak valid, deskripsikan secara komprehensif tindakan apa yang telah dilakukan pasca adanya pembatasan iklan. Dalam tahap ini harap gunakan bahasa yang masuk akal dan bisa meluluhkan pihak Google untuk menormalkan kembali akun yang telah terkena suspend tersebut.

5. Pertahankan Traffik

Penayang harus intuitif ketika menghadapi masalah ini karena akun dan halaman iklan sedang dipantau secara manual oleh Google dan mereka berharap penayang bisa menetralisir pelanggaran kebijakan pada halaman iklan dalam hal ini situs atau blog. Google sengaja tidak memberitahukan secara deskriptif namun langsung memberikan tindakan secara explisit bagi yang melanggar agar penayang tidak menciptakan alat (bot) untuk bersembunyi dari pelanggaran tersebut.

Tingkatkan frekwensi update artikel berkualitas tinggi dalam hal ini penayang harus membuat artikel yang relevan untuk pembaca sehingga bisa mensterilkan traffik pada halaman landing iklan. Promosikan artikel dengan tepat dan bermanfaat untuk banyak audiens untuk memancing perhatian Google agar mempercepat proses pengaktifan akun yang terkena suspend tersebut.

Apakah Saldo Yang Sudah Mencapai Ambang Batas Pembayaran Akan Cair ?

Biasanya Google akan mengembalikan uang dari saldo penayang kepada pengiklan jika akun penayang terkena banned sehingga saldo tidak cair dan sebelumnya ada pemberitahuan kepada penayang melalui email sekaligus pemberitahuan penonaktifan akun. Maka jelas ya saldo akun yang terkena banned tidak akan cair.

Bebeda dengan kasus ini, dimana status akun baru terkena warning atau suspend dimana saldo dalam akun penayang tidak dikembalikan kepada pengiklan sehingga masih ada kemungkinan bisa cair. Namun penulis sendiri belum bisa memastikan apakah cairnya setelah permasalahannya teratasi atau cair sebelum masalah teratasi karena sudah tanggal gajian.

Kesimpulan

Penayang wajib proaktif bila terkena pelanggaran seperti Penayangan Iklan dibatasi sesuai dengan intruksi Google pada deskripsi notifikasi.

Apabila penayang tidak melakukan tindakan apapun maka akun bisa terkena banned dan pastinya saldo yang ada tidak bisa cair karena akan dikembalikan kepada pengiklan oleh Google.

Bila mencabut semua slot iklan maka harap menggantinya dengan slot iklan yang baru agar traffik ke adsense tidak hilang sehingga akun tidak terkena banned.

Perbaiki seluruh artikel yang bermasalah terutama artikel yang berkaitan dengan topik-topik yang sudah pasti melanggar kebijakan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top