BLOGGING

STRATEGI BLOGGING LEVEL DASAR

Strategi Blogging Level Dasar – Blogging merupakan aktivitas yang menyenangkan bagi siapa saja yang memiliki hobi ngeblog karena selain bisa menyalurkan hobi ternyata bisa juga mendapat uang tambahan dari blog.

Yess, bagi sobat yang kreatif mungkin ini saatnya menuangkan isi dalam fikiran ke dalam blog sehingga dapat menginspirasi orang banyak. Membuat konten yang informatif merupakan PR bagi seorang pro blogger untuk dapat bertahan di arena pergulatan SEO.

Jangan membuat konten yang biasa-biasa saja yaitu konten yang tidak ada manfaatnya sama sekali bagi pengguna. Untuk meraih pencapaian maka sobat harus memiliki strategi blogging yang matang sebagai pondasi dasarnya.

Membuat perencanaan merupakan salah satu strategi blogging level dasar, maka rencanakan sebaik-baiknya mau ngapain setelah membuat blog dan siapa sasaran utamanya. Misalkan sasarannya janda maka buatlah konten yang relevansinya berkaitan dengan janda dan begitu seterusnya. πŸ˜€

Penargetan konten yang dibarengi dengan skill itu akan lebih baik karena pastinya ada penguasaan materi. Dengan begitu kita bisa mempertanggung jawabkan apa yang telah kita tulis secara mandiri kepada pengguna.

Tidak sedikit blogger pemula yang kebingungan mencari ide dan tidak memakai strategi blogging sedikitpun sehingga mereka menjadi content plagiat creator (copas artikel orang lain) dan hasilnya bukan lebih baik malah sebaliknya blognya dijadikan mummy oleh mesin telusur terutama google.

Untuk menciptakan konten kreatif itu tidak mudah karena harus memikirkan dampaknya kepada pengguna. Adakalanya pengguna menjadi emosi setelah membaca konten tersebut karena tidak ada isinya dan hanya kalimat kosong aja.

Sebagai content creator kita harus paham betul hal apa saja yang dilakukan dan dicari pengguna saat surfing di mesin telusur. Untuk mengatasi hal ini salah satu solusi yang tepat adalah dengan riset kata kunci karena dengan begitu kita dapat mengetahui kebutuhan pengguna.

Silahkan sobat asah kemampuan riset kata kunci agar target pasar cepat tercapai. Skill riset kata kunci sangat diutamakan dalam seni blogging dengan tujuan mengetahui sebuah topik yang lagi trend khususnya di dunia maya.

BACA : CARA MENULIS ARTIKEL YANG BAIK UNTUK BLOG AGAR MENDATANGKAN REZEKI DAN PAHALA

Google sendiri menginginkan adanya konten unik (unique content) untuk setiap blog yang ngantri di mesin telusur supaya memiliki daya tarik sendiri buat penggunanya. Bagi sobat yang belum bisa membuat konten unik pasti blognya ada di antrian paling ujung.

BACA : KUPAS TUNTAS CARA TERBARU MEMBUAT KONTEN BERKUALITAS [UPDATE 2017]

Penulis memberikan sedikit gambaran bagi yang ingin serius menjadi content creator yaitu dengan memilih jenis konten yang paling berpotensi mendapatkan perhatian dari pengguna. Ingat sekali lagi jangan membuat mereka kecewa dan buatlah mereka mearasa terbantu.

Strategi Blogging level dasar ala kurkom ini mungkin bisa sedikit membantu sobat yang tengah kebingungan dalam mempersiapkan konten. Sebelumnya kita harus tahu jenis konten yang kita buat itu untuk apa dan lihat juga potensi pasarnya.

Jenis Konten Terlaris

Konten terlaris merupakan konten yang paling diburu oleh pengguna internet. Jika blog sobat memiliki konten yang berpotensi viral maka pastinya akan kebanjiran pengunjung. Berikut merupakan jenis konten terlaris sepanjang masa yang bakal memiliki potensi mendapat banyak pengunjung :

Menginspirasi

Jenis konten yang menginspirasi memiliki potensi bagus di mesin telusur karena tergolong konten yang cukup diminati oleh pengguna. Untuk membuat konten jenis ini sang content creator perlu data yang sangat akurat agar kontennya benar-benar inspiratif.

Harus benar-benar matang untuk dapat menciptakan konten jenis ini karena kalau keahliannya masih setengah mateng pasti hasilnya garing alias gagal akhirnya jadi norak. Mungkin sobat bisa lihat di beberapa situs besar yang pemiliknya itu bergelar motivator pasti ramai pengunjung dan banyak yang curhat.

Pembaca konten yang menginspirasi biasanya kaum intelek yang notabene mereka adalah pengajar, direktur perusahaan, para motivator pemula atau para pemimpin kelompok organisasi. Oleh sebab itu membuat konten yang mengispirasi harus benar-benar dikemas secara elegan.

Contoh konten yang menginspirasi :

  1. Kisah pengusaha sukses

  2. Biografi seorang pemimpin yang dikenal masyarakat (misal pahlawan)

  3. Kisah sosial yang melatih kesabaran

  4. Pemuda terkaya

  5. Keindahan alam

Memberi Solusi

Banyak orang mencari dan mendapatkan solusi di internet. Mungkin setiap hari ada jutaan pencarian guna mendapatkan pemecahan masalah mereka. Hal ini menciptakan peluang tersendiri untuk seorang content creator menciptakan berbagai macam solusi dari berbagai masalah dalam kehidupan.

Sebelum membuat konten terlebih dahulu sang content creator memilih masalah apa yang sekiranya sering timbul dalam kehidupan sehari-hari kemudian baru menuliskan solusinya. Prediksi merupakan senjata andalan untuk membuat konten jenis ini.

Contoh konten yang memberi solusi :

  1. Mengatasi internet lelet

  2. Menghemat quota internet

  3. Menghemat pengeluaran uang

  4. Alternatif AdSense

  5. Cara melupakan mantan

Mendidik

Untuk menciptakan konten yang bersifat mendidik ini maka seorang content creator harus mempunyai wawasan yang luas terkait topik yang diangkatnya karena konten jenis ini selain banyak dicari juga banyak digunakan sebagai referensi jika sumbernya dapat dipercaya.

Biasanya konten jenis ini banyak dicari pelajar pada umumnya jadi cara menyajikannya pun harus dikemas dengan format yang sangat menarik. Namun semua itu tergantung topik yang diangkat kalau topiknya tentang cara memasak maka formatnya harus sesuai dengan selera perempuan atau ibu-ibu.

Selain itu konten yang mendidik juga bisa ditujukan kepada blogger pemula khususnya. Saat ini ada jutaan blogger pemula setiap harinya maka membuat konten yang mendidik mereka merupakan keputusan yang tepat kalau menurut penulis.

Contoh konten yang bersifat mendidik :

  1. Referensi kampus terbaik

  2. Tentang teknologi

  3. Contoh soal-soal ujian nasional

  4. Cara melakukan sesuatu (misal : memasak, olah raga, ngeblog)

  5. Cara halal mendapatkan uang dari internet

Menghibur

Nah, kalau yang ini sang content creator harus memiliki jiwa seni yang tinggi. Masih ingat kan betapa populernya si mukidi ? walaupun hanya sebatas cerita singkat tapi sangat menghibur jutaan pengguna internet bahkan sampai merambah ke televisi.

Kalau konten yang satu ini penggunanya masyarakat secara umum dari petani hingga pejabat. Rata-rata mereka menghabiskan waktu luangnya di internet hanya untuk mencari hiburan yang memuaskan dan mengundang tawa.

Konten dengan tujuan menghibur harus benar-benar unik dan kalau bisa buatlah yang lucu sehingga orang merasa tertarik dan mereferensikannya kepada orang lain. Biasanya konten yang lucu bisa menyebar dengan cepat. Hal ini disebabkan karena psikologi pembaca konten lucu akan selalu ingin berbagi tawa dengan teman-temannya.

Contoh jenis konten yang menghibur :

  1. Kisah lucu

  2. Dialog lucu

  3. Meme lucu

  4. Berbagai macam trik sulap

  5. Game

Sebagi contoh konten yang menghibur tapi ada pesan moralnya penulis mereferensikan :

BEGINILAH CARANYA MENJADI BLOGGER ABAL-ABAL

Tulisan tersebut berhasil menyita perhatian para netizen dan pada saat dipublish ada puluhan netter mengirim pesan ke penulis hanya sekedar mengirim kata ini : β€œhahaha kocak mas, lanjutkan”

Itulah empat jenis konten terlaris versi kurkom yang wajib diterapkan dalam strategi blogging sobat yang tengah mempersiapkan terjun ke dunia blogging.

Saran

Jika sobat ingin menerapkan strategi blogging dengan empat jenis konten di atas maka buatlah sebuah blog gado-gado saja daripada membuat blog niche karena selain menghemat pengeluaran untuk beli domain juga untuk menghemat waktu kustomisasi blog.

Jika sobat seorang professional maka silahkan membuat blog niche supaya lebih khusus sasarannya dan biasanya lebih mudah direferensikan. Misalkan jika ada pengguna mencari fitur laptop maka dia biasanya langsung menuju ke situs sesuai merek laptop tersebut.

Jangan membuat konten yang terlalu panjang dan berbelit-belit karena akan membosankan pembaca. Buatlah konten yang simpel dan jelas pesannya apa. Selain itu perhatikan tanda baca supaya enak dibacanya karena kebanyakan kasus penempatan tanda baca tidak memperhatikan EYD.

Kesimpulan

Menjadi seorang content creator untuk jenis konten apapun haruslah mencintai pekerjaannya karena ini akan berpengaruh terhadap penjiwaannya. Sesuaikan skill dengan topik yang diangkat agar nantinya nyambung dengan pengguna yang berkunjung dan bertanya kepada sang penulis.

Pandai-pandailah memanfaatkan situasi yang sedang ramai diperbincangkan supaya topik yang dibuat berpotensi viral sehingga blog bisa kebanjiran pengunjung.

Jangan membuat konten hoax karena itu perbuatan yang tidak terpuji dan dapat berbuah dosa walaupun bisa mendatangkan trafik tetapi juga dapat mendatangkan malapetaka.

Sampai disini dulu ulasan sederhana tentang strategi blogging level dasar ini diharapkan teruntuk sobat yang mau meniti karir menjadi seorang pro blogger dapat membekali diri dengan ilmu yang sesuai.

Salam sukses
Semoga bermanfaat

7 Comments

7 Comments

  1. Ivan

    Maret 19, 2017 at 2:02 am

    Artikel yang sangat menarik menurut saya. Berbobot tapi ringan dalam penyampaian. Semoga saya bisa terus belajar sehingga bisa menulis seperti agan.

  2. muhid antapedia

    Maret 19, 2017 at 3:38 am

    Benar gan, harus ada strategi untuk mengelola apapun khususnya blog, sehingga penbaca merasa puas karena mendapatkan sesuatu yang dicari pada blog tersebut. dengan perencanaan yang matang maka dengan sendirinya blog akan ramai dan membuat pembacanya selalu menantikan artikel selanjutnya.

  3. Bang Oji

    Maret 19, 2017 at 1:27 pm

    Sepertinya skill saya belom termasuk ke kategori seperti yang dijelaskan oleh kang usman . hehhe ..

  4. M.Farhan

    Maret 20, 2017 at 7:31 am

    Dulu saya memang blogger pemula tapi karena selalu berusaha untuk menaikkan konten artikel dan Alhamdulillah blog saya selalu ada banyak visitor nya

  5. M Syahri

    Maret 20, 2017 at 10:47 am

    Untuk menjadi content creator spt itu memang prlu strategi dan taktik yang mantap. Tapi tidak semua blogger bisa mngarahkan fokusnya untuk itu. Btw Artikelnya bagus & mudah dicerna

  6. Alwin aulia

    Maret 27, 2017 at 3:04 am

    Memang betol mas,kalo gak ada perencanaan memang susah.Nanti setelah blognya jadi, terasa bingung mau buat apa.he He hewan
    Artikelnya mantap mas.

  7. Novel Rest

    Maret 28, 2017 at 2:16 am

    Alhamdulillah setelah saya baca dasar strategi blogger saya jadi tau cara blog yang ampuh bagaimana , nice artikel mas ..

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
%d blogger menyukai ini: