ADPER

DOWNLOAD SURAT NON AKTIF KARYAWAN UNTUK SYARAT PENCAIRAN JHT BPJS

surat non aktif karyawan untuk claim saldo BPJS Ketenagakerjaan.jpg
Creative By Kurkom

Surat Non Aktif Karyawan Untuk Syarat Pencairan JHT BPJS – JHT (Jaminan Hari Tua) merupakan salah satu program BPJS Ketenagakerjaan bagi para pekerja atau karyawan perusahaan swasta dan pemerintah yang mewajibkan setiap pesertanya membayar iuran bulanan seperti halnya BPJS Kesehatan, namun saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan bisa dicairkan (claim).

Merujuk kepada peraturan BPJS Ketenagakerjaan nomor 7 tahun 2015 bahwa pencairan dana JHT bisa diambil ketika peserta tersebut pensiun, mengundurkan diri atau meninggal dunia, intinya sudah tidak bekerja lagi. Khusus untuk persyaratan pencairan saldo JHT peserta penerima upah di beberapa kantor cabang ada yang mewajibkan surat non aktif karyawan dari perusahaan tempat bekerja.

Setiap peserta yang akan mengajukan pencairan dana JHT bisa dilakukan secara online via aplikasi BPJSTKU atau langsung di situs BPJS Ketenagakerjaan agar tidak menguras waktu, namun tidak semua proses bisa dilakukan secara online karena ada dokumen yang harus ditanda tangani di kantor BPJS Ketenagakerjaan. Pada umumnya yang bisa dilakukan via online yaitu hanya pendaftarannya saja.

Baca: Panduan Klaim Saldo BPJS Ketenagakerjaan Via Online 1×24 Jam Cair

Kapan Surat Non Aktif Karyawan Bisa Didapatkan?

Sesuai dengan namanya, surat ini diterbitkan ketika karyawan tersebut berhenti bekerja karena pensiun, habis kontrak atau mengundurkan diri. Biasanya HRD perusahaan tempat karyawan tersebut bekerja akan menerbitkan surat tersebut bersamaan dengan berkas-berkas lainnya termasuk surat pengalaman kerja dan final payment.

Surat ini ditanda tangani oleh pimpinan HRD yang ditujukan kepada Dinas Tenaga Kerja (Disnaker)  yang isinya memberitahukan bahwa yang bersangkutan sudah berhenti bekerja, dengan demikian status kepesertaannya menjadi tidak aktif dan yang bersangkutan bisa mengajukan pencairan dana JHT dan Jaminan Pensiunnya.

Di beberapa kantor cabang surat ini terkadang tidak diperlukan dan hanya perlu menggunakan surat pengalaman kerja saja, akan tetapi ada baiknya selalu siaga dengan segala kemungkinan kurangnya berkas klaim sehingga prosesnya tidak terhambat.

Surat non aktif karyawan bisa diminta kepada HRD kapanpun membutuhkannya, untuk persyaratan pencairan saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan harap menggunakan surat aslinya. Pastikan semua data kependudukan yang ada dalam dalam surat harus sama dengan data KTP.

contoh surat non aktif karyawan.jpg

Gambar 1. Contoh surat non aktif karyawan

download surat.pnd

Harap sesuaikan data surat dengan data peserta yang bersangkutan yaitu identitas berdasarkan KTP dan data karyawan di perusahaan tempat bekerja.

Baca: Download Contoh Surat Keterangan Ditanggung BPJS Kesehatan

Kesimpulan

Surat non aktif karyawan merupakan keterangan tertulis dari perusahaan tempat karyawan tersebut bekerja yang isinya menyatakan bahwa karyawan tersebut sudah tidak aktif bekerja lagi, surat ini hanya untuk digunakan sebagai pelengkap pengajuan pencairan dana JHT dan dana pensiun karyawan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Trending Topik

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

Untuk kerjasama dengan kami silahkan hubungi via e-mail : hasi.jv@gmail.com atau langsung kontak kami via wa 085208888881.

Cara termudah gajian dari Google….

Bila sobat ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari Google maka jangan lewatkan kesempatan ini. Selain dibantu mendapatkan penghasilan, anda akan dibantu bagaimana menata situs/blog menjadi lebih produktif dan berjangka panjang sehingga bisa rutin berpenghasilan setiap akhir bulan. Yok mencari rezeki bareng-bareng bersama kami biar gajian setiap bulan !!! Selengkapnya KLIK Disini

Jangan Lupa Subscribe ya...

Bantu kami agar terus berkembang dan berkarya silahkan daftarkan emailmu disini untuk berlangganan informasi komprehensif dari kami dan jadilah anda yang lebih mengerti duluan sebelum orang lain mengetahuinya.

Bergabung dengan 134 pelanggan lain

Copyright © 2015 kurkom

To Top