ADPER

DOWNLOAD SURAT PERNYATAAN SAKSI KECELAKAAN [BPJS KETENAGAKERJAAN]

download surat pernyataan saksi kecelakaan kerja.jpg
Creative By Kurkom

Surat Pernyataan Saksi Kecelakaan – Bekerja merupakan salah satu rutinitas yang harus selalu disiplin agar semuanya bisa tertib dari sisi waktu, administrasi ataupun target pencapaian agar outputnya bisa maksimal maka apapun harus ada laporannya termasuk kecelakaan kerja yang wajib dilaporkan dalam waktu 2×24 jam dilampiri oleh keterangan atau pernyataan saksi kejadian.

Surat pernyataan ini wajib dibubuhi materai 6000 dan harus ditanda tangani oleh dua orang saksi yang ada di lokasi pada saat kejadian. Pada surat terdapat isian data identitas saksi terutama NIK KTP dan nama lengkap sehingga untuk memperkuat surat selain menggunakan materai 6000 juga wajib dilampiri fotocopy KTP kedua orang saksi tersebut ditambah fotocopy KTP korban.

Baca: Download Contoh Surat Keterangan Ditanggung BPJS Kesehatan

Surat bisa dicetak bebas dimana saja karena tidak perlu menggunakan kop, jadi di cetak di warnet pun bisa. File aslinya bisa didownload pada halaman artikel ini dan istimewanya tersedia dalam format Microsoft Word sehingga bisa langsung digunakan tanpa harus mengetik ulang, untuk isiannya gunakan tulisan tangan saja.

Apa Kegunaan Surat Pernyataan Saksi?

Surat ini digunakan untuk melengkapi pelaporan dan klaim kecelakaan kerja ke BPJS Ketenagakerjaan, biasanya untuk jenis kecelakaan lalu lintas baik itu kecelakaan tunggal maupun tabrakan. Isi surat merupakan pernyataan dari para saksi mata yang ada di lokasi kejadian dan ditanda tangani oleh dua orang saksi dan diketahui oleh HRD atau pimpinan perusahaan tempat bekerja korban.

Baca: Download Surat Non Aktif Karyawan Untuk Syarat Pencairan JHT BPJS

Apabila tidak ada saksi mata yang melihat kejadian tersebut, maka tidak perlu membuat surat ini tetapi ada jenis surat lain yang menyatakan bahwa benar korban mengalami kecelakaan kerja. Biasanya apabila membuat BAP kecelakaan yang melibatkan polisi maka surat keterangan dua orang saksi tidak perlu dibuat karena sudah ada surat dari kepolisian.

Pastikan tanda tangan kedua saksi dibubuhi materai tempel 6000, tidak perlu menggunakan dua buah materai karena cukup satu materai saja sudah cukup dengan cara disisipkan diantara tanda tangan kedua orang saksi tersebut, untuk tanda tangan pimpinan perusahaan biasanya diurus oleh HRD atau PIC perusahaan yang menangani kecelakaan kerja dan tidak perlu mengenai materai cukup tanda tangan saksi saja yang pakai materai.

Silahkan download filenya yang sudah penulis siapkan pada halaman artikel ini, isi data saksi dan korban dengan tulisan tangan tidak masalah asalkan tulisannya bisa dibaca dan pastikan semua isian identitas mereka sesuai dengan data kependudukan yang berlaku baik itu KTP ataupun SIM.

surat pernyataan saksi kecelakaan kerja di jalan raya.jpg

Gambar 1. Contoh surat pernyataan dua orang saksi kecelakaan lalu lintas

download surat.pnd


Surat ini bisa dicetak menggunakan kertas A4 dan bisa langsung digunakan, sesuaikan data saksi dan korban berdasarkan data KTP, semoga bermanfaat.

Kesimpulan

Surat pernyataan saksi hanya untuk kecelakaan di jalan raya, untuk kecelakaan di tempat kerja tidak perlu membuatnya.

Lampirkan fotocopy KTP saksi dan korban sesuai dengan data surat, bila tidak ada KTP bisa menggunakan SIM.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

24 − 14 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top