BASIC

YANG WAJIB KAMU PELAJARI PERTAMAKALINYA KETIKA BELAJAR KOMPUTER

Tahap awal belajar komputer

Belajar komputer membutuhkan ketekunan dan kesiapan mental, jika sobat memiliki kemauan yang tinggi untuk belajar komputer pasti selalu ada jalan. Perlu sobat ketahui bahwa kebutuhan tenaga kerja yang memiliki SDM dibidang komputer saat ini paling banyak dicari, baik itu oleh instansi pemerintah atau swasta. Di zaman yang serba canggih ini, teknologi komputerisasi sudah semakin maju, jika sobat masih belum tahu komputer dan cara mengoperasikannya maka sudah saatnya sobat bangkit dan meninggalkan hal-hal yang serba kuno dan perbanyaklah belajar komputer dari siapa saja baik itu secara online baupun offline. Saat ini banyak sekali media online yang menawarkan pelatihan belajar komputer baik itu berbayar sampai yang gratisan. Sobat tinggal meyiapkan koneksi internetnya saja dan mulailah belajar komputer untuk dapat berkembang demi masadepan yang lebih baik. Carilah sumber yang paling update yang mau melayani dengan tulus, sebagai contoh blog butut saya ini yang memiliki misi mencerdaskan anak bangsa dibidang komputer … hehehe. Blog ini saya jadikan media belajar komputer secara gratis, kenapa bisa begitu mas usman? karena saya yakin sekali jika kita mau berbagi ilmu pasti ilmu kita akan bertambah, jika sobat kurang puas dengan materi yang saya sajikan silahkan kirim pertanyaan ke kotak email yang saya sediakan di blog ini Insha Allah akan saya bantu semampu saya.

Sobat jangan terlalu terburu-buru dalam belajar komputer, keep calm saja. Urutkan dari yang terpenting dulu dan mulailah dari tingkat dasar atau pemula, jika sobat sama sekali belum memiliki keahlian komputer. Sobat tidak perlu bingung harus mulai dari mana belajar komputernya, mulailah dari Microsoft Office terutama Microsoft Word. Hal ini dilatarbelakangi oleh mayoritas kebutuhan tenaga kerja yang minimalnya harus memiliki kemampuan mengoperasikan Microsoft Word. Aplikasi kantoran besutan Microsoft ini paling banyak digunakan di dunia kerja karena memiliki fitur yang mumpuni untuk pengolahan data atau dokumen dari berbagai macam pekerjaan.

Kunci sukses belajar komputer adalah konsentrasi dan langsung praktek agar sobat bisa melihat hasilnya, kalau perlu lakukanlah secara berulang-ulang. Saya akan memberikan penjelasan cara belajar komputer tingkat dasar khususnya Microsoft Word. Silahkan sobat baca artikel saya sampai tamat ya .

Bagaimana saya memulai belajar Microsoft word?

Mulailah jam belajar komputer sobat dengan mempelajari Microsoft Word, karena ini merupakan keterampilan tingkat dasar yang harus dikuasai dan paling banyak dibutuhkan di dunia kerja. Microsoft word merupakan perangkat lunak pengolah data yang sangat diandalkan oleh Microsoft. Untuk dapat mengoperasikan Microsoft word sobat harus menguasai terlebih dahulu beberapa fitur Microsoft word yang paling sering digunakan ketika sedang mengoperasikannya. Biar materi belajar komputernya agak kekinian, saya akan memberikan materi Microsoft Word 2010. Pada aplikasi ini ada yang disebut Menu bar dan toolbar formatting, apa itu Menu Bar dan Toolbar formatting ? Menu Bar adalah sebuah strip horizontal yang terdiri dari daftar menu yang tersedia untuk program tertentu. Dalam program Windows, menu bar berada di bagian atas jendela layar yang terbuka. Menu Bar dalam Microsoft Word 2010 terdiri dari File, Home, Insert, Page Layout, References, Mailing, Review, View, pada setiap menu bar terdapat toolbar formatting yang memiliki fungsi berbeda-beda. Toolbar formatting berisikan ikon yang mengandung perintah untuk memodifikasi format objek lembar kerja pada dokumen aktif seperti gambar, teks, grafik, tabel dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya silahkan sobat perhatikan gambar berikut ini :

Belajar komputer dasar, mengetahui fitur Microsoft Word

Terlihat pada gambar di atas area menu bar yang ada dalam kotak merah, sedangkan toolbar formatting pada area kotak biru. Saya akan menguraikan menu bar dan toolbar formatting yang wajib diketahui saja khusus untuk pemula yang masih belajar komputer tingkat dasar, wajib menurut versi kurkom adalah yang paling sering digunakan ketika mengoperasikan Microsoft Word tersebut baik oleh level pemula ataupun senior. Berikut adalah menu bar yang harus sobat pelajari :

A). File

Secara menyeluruh fungsi menu File ini adalah untuk memodifikasi file pada lembar kerja, seperti menyimpan file, membuka file, membuat file baru hingga mencetak file. Untuk lebih jelasnya silahkan sobat perhatikan gambar berikut yang merupakan toolbar pada menu File yang wajib diketahui oleh tingkat pemula dalam mengoperasikan Microsoft Word 2010 :

Toolbar dalam menu File yang wajib dipelajari pemula

Pada gambar di atas terlihat ada beberapa toolbar yang diberi tanda panah warna merah, itu merupakan toolbar menu File Ms Word yang wajib diketahui oleh para pemula khususnya yang lagi belajar komputer tingkat dasar. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing toolbar tersebut :

Fungsi Save, yaitu untuk menyimpan file yang sedang dikerjakan atau yang sudah dikerjan secara default dengan nama file dan source-nya tidak berubah dan tetap seperti semula jadi fungsi ini hanya meng-upadate datanya saja.

Fungsi Save As, yaitu untuk menyimpan file yang sedang dikerjakan atau sudah dikerjakan dengan nama file baru dan source file nya bisa dirubah sesuai dengan kebutuhan.

Fungsi Open, yaitu untuk membuka file dokumen Microsoft Word yang tersimpan.

Fungsi Close, yaitu untuk menutup lembar kerja aktif yang sedang dikerjakan.

Fungsi Recent, yaitu untuk melihat file yang paling sering dibuka dalam interval waktu tertentu sekitar seminggu kebelakang.

Fungsi New, yaitu untuk membuat file baru.

Fungsi Print, yaitu untuk mencetak file/dokumen.

Fungsi Exit, yaitu untuk keluar dari program.

Itulah beberapa beberapa toolbar pada menu File harap diperhatikan dengan baik karena sobat harus benar-benar paham kalau dibagian inilah file/lembar kerja bisa tersimpan atau tidaknya di komputer sobat. Ada banyak sekali kasus lupa menekan tombol save sehingga file hasil kerjaan hilang karena tidak tersimpan dalam komputernya.

B). Home

Secara keseluruhan fungsi menu Home adalah untuk memodifikasi format atau tampilan teks pada lembar kerja aktif, seperti merubah warna teks, memperbesar teks, mengatur paragraf dll. Pada menu Home ini ada banyak toolbar yang wajib diketahui oleh pemula dimana tampilan toolbar-nya lebih banyak menampilkan ikon dibanding pada menu File yang lebih banyak menampilkan tulisan. Perhatikan gambar berikut ini:

Toolbar pada menu Home yang wajib diketahui, Belajar komputer

Toolbar dalam menu Home dibagi menjadi tiga kelompok yaitu clipboard untuk memodifikasi file atau memindahkan text, kemudian Font yaitu untuk memodifikasi teks dan terakhir Paragraph yaitu untuk memodifikasi format paragraf. Berikut saya uraikan fungsi masing-masing toolbar yang sudah saya tandai dengan panah merah dan diberi nomor urut, silahkan sobat perhatikan dari mu-lai nomor 1 :

1). Fungsi Paste, untuk memunculkan objek dari clipboard atau dokumen lainnya.

2). Fungsi Copy, untuk menyalin objek dari dalam clipboard atau dokumen lain.

3). Fungsi Cut, untuk memotong objek dan memasukkannya ke clipboard atau dokumen lain.

4). Fungsi Bold, untuk menebalkan objek yang berupa teks.

5). Fungsi Italic, untuk memiringkan teks.

6). Fungsi Underline, untuk membuat teks bergaris bawah.

7). Fungsi Font, untuk memodifikasi jenis huruf pada objek.

8). Fungsi Font Size, untuk merubah ukuruan teks menjadi besar atau kecil.

9). Fungsi Grow Font, untuk memperbesar teks.

10). Fungsi Shrink Font, untuk memperkecil teks.

11). Fungsi Change Case, untuk memodifikasi huruf dalam kalimat seperti menjadi huruf capital semua atau sebaliknya menjadi huruf kecil semua dll.

12). Fungsi Font Color, untuk merubah warna teks.

13). Fungsi Bullets, untuk memberikan tanda bullet pada paragraph yang dipilih, variasi bullet bisa dilihat pada menu drop down-nya.

14). Fungsi Align Text Left, untuk memodifikasi teks menjadi rata kiri, jadi kita mengetik mulai dari kiri.

15). Fungsi Numbering, untuk memerikan penandaan nomor atau angka pada paragraf yang dipilih.

16). Fungsi Center, untuk mengatur teks menjadi rata kiri dan kanan, jika kita mengaktifkan toolbar ini maka posisi kursor menjadi di tengah.

17). Fungsi Align Text Right, untuk mengatur teks menjadi rata kanan, jadi kalau mengaktifkan toolbar ini maka posisi kursor saat mengetik akan berada di kanan.

18). Fungsi Justify, untuk mengatur teks menjadi rata kiri – kanan, sehingga paragraf menjadi seimbang dan kelihatan rapi.

19). Fungsi Line And Paragraph Spacing, untuk mengatur jarak antar baris atau antar paragraf.

20). Fungsi Bottom Border, untuk membuat garis tabel atau membuat tabel.

Toolbar pada menu Home ini lebih mudah menghapalnya karena sudah divisualisasi menjadi bentuk ikon, silahkan langsung saja sobat implementasikan pada lembar kerja praktek di komputer sobat biar cepat bisa, karena biasanya kalau langsung praktek pasti teorinya juga langsung hapal.

C). Insert

Secara keseluruhan fungsi menu Insert adalah untuk menyisipkan atau memasukkan objek pada lembar kerja, seperti gambar, tabel, bangun ruang, page number dll. Disini ada sembilan toolbar yang harus diketahui oleh pemula yaitu Cover Page, Blank Page, Table, Picture, Shapes, Chart, Header, Footer dan Page Number. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini :

Belajar komputer, Toolbar pada menu insert

Berikut penjelasannya sesuai nomor urut pada gambar di atas :

1). Fungsi Cover Page, untuk membuat cover/halaman sampul dengan format cover sudah disediakan oleh Microsoft Word.

2). Fungsi Blank Page, untuk menyisipkan halaman baru pada lembar kerja.

3). Fungsi Table, untuk membuat tabel pada lembar kerja.

4). Fungsi Picture, untuk memasukkan gambar ke dalam lembar kerja.

5). Fungsi Shapes, merupakan kumpulan bangun ruang, garis atau bentuk unik lainnya yang dapat dimasukkan ke lembar kerja sesuai dengan kebutuhan.

6). Fungsi Chart, untuk membuat grafik dengan bentuk balok, silinder, kerucut atau garis. Bentuk chart dapat dipilih sesuai kebutuhan.

7). Fungsi Header, untuk membuat catatan dibagian atas lembar kerja. Header akan muncul terus menerus pada lembar kerja baru dalam file aktif.

8). Fungsi Footer, untuk membuat catatan dibagian bawah lembar kerja. Footer sama dengan Header dia akan muncul terus menerus pada lembar kerja baru dalam file aktif.

9). Fungsi Page Number, untuk memberikan nomor urut pada setiap lembar kerja dan akan muncul secara terus menerus pada setiap lembar kerja baru.

Jadi apabila sobat sedang mengerjakan sebuah pola bangun ruang atau menyusun gambar maka gunakanlah menu Insert ini.

D). Page Layout

Secara keseluruhan fungsi Page Layout adalah untuk mendesain halaman pada lembar kerja sobat, seperti mewarnai halaman, membuat teks vertical, membuat garis pinggir, menentukan ukuran kertas, membuat gambar latar dll. Disini ada delapan toolbar yang wajib diketahui oleh pemula, untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar brikut :

Belajar Komputer dasar, Toolbar,Page Layout

Berikut penjelasannya sesuai nomor urut pada gambar di atas :

1). Fungsi Text Direction, untuk mengatur pola teks yang dipilih pada lembar kerja seperti vertkal atau horizontal.

2). Fungsi Margins, untuk mengatur lebar baris atau jarak antara tulisan dengan ujung kertas bawah, samping kanan, kiri dan atas.

3). Fungsi Orientation, untuk mengatur bentuk lembar kerja menjadi portrait (Memanjang ke samping) atau landscape (memanjang ke atas).

4). Fungsi Size, untuk mengatur ukuran kertas yang digunakan pada lembar kerja.

5). Fungsi Columns, untuk membagi teks menjadi bebrapa kolom pada lembar kerja sesuai dengan kebutuhan.

6). Fungsi Watermark, untuk membuat teks atau gambar latar (background) dibawah dokumen atau file pada lembar kerja.

7). Fungsi Page Color, untuk membuat warna latar (background) pada halaman lembar kerja.

8). Fungsi Page Borders, untuk membuat bingkai pada lembar kerja berupa garis tebal atau bentuk unik lainnya.

Jadi kesimpulannya apabila sobat menginginkan lembar kerjanya nyentrik maka silahkan gunakan toolbar pada menu ini.

E). Picture Tools

Picture Tools fungsinya adalah untuk mendesain format gambar pada lembar kerja, pada Microsoft Word 2010 menu bar ini tidak terlihat seperti yang lainnya. Untuk dapat mengakses Picture Tools sobat harus mengklik gambar yang mau dimodifikasi pada lembar kerja. Posisi menu Picture Tools tepat disebelah kanan menu View, untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar berikut :

Belajar Komputer,Pictute Tools,Toolbar

Disini ada delapan toolbar yang harus diperhatikan, lihatlah toolbar yang diberi tanda panah pada gambar di atas, berikut ini adalah penjelasan fungsinya :

1). Fungsi Picture Styles adalah untuk memodifikasi gambar pada lembar kerja seperti memberi bingkai gambar, membuat efek pantulan dll.

2). Fungsi Position adalah untuk menentukan posisi gambar pada lembar kerja, seperti menempatkan gambar di tengah teks atau di atas teks dll.

3). Fungsi Wrap Text adalah untuk mengatur gambar pada lembar kerja agar posisinya bisa sesuai dengan kebutuhan atau berada di lingkungan teks, seperti di atas teks, di bawah teks dll.

4). Fungsi Group adalah untuk mengelompokkan gambar pada lembar kerja.

5). Fungsi Rotate adalah untuk merubah posisi gambar menjadi terbalik, miring, vertical dll.

6). Fungsi Shape Width adalah untuk mengatur lebar gambar pada lembar kerja.

7). Fungsi Crop adalah untuk memotong bagian gambar yang dipilih.

8). Fungsi Shape Height adalah untuk mengatur tinggi gambar pada lembar kerja.

Jadi kesimpulannya sobat bisa menggunakan menu ini untuk memodifikasi gambar agar tampilannya menjadi menarik .

Sampai disini dulu ya sobat pembahasan saya, silahkan sobat prioritaskan mempelajari fitur-fitur yang saya jelaskan di atas karena itu modal dasar sobat untuk dapat belajar komputer ke tahap berikutnya. Biar komputernya tetap awet biasakan sobat melakukan perawatan komputer secara berkala agar komputer sobat tetap awet. Jadi kesimpulannya ada lima menu bar dasar yang harus sobat pelajari benar-benar yaitu File, Home, Insert, Page Layout dan Picture Tools jika lima menu bar ini sudah dikuasai maka diajamin pasti bisa mengoperasikan Microsoft Word, untuk menu yang lainnya saya akan bahas dilain kesempatan, rajin-rajin aja ya berkunjung kesini atau kirim pertanyaan sobat ke kotak email yang disediakan di blog ini.

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Goolge



3 Comments

3 Comments

  1. jefrial ivannores

    November 27, 2016 at 3:02 am

    Sangat membantu artikel ini bagi pemulah untuk belajar komputer.

  2. Usman West Java

    November 27, 2016 at 3:07 am

    Thanks gan jef, dunia komputer smakin canggih jadi kita ga boleh ketinggalan informasi dan belajar meningkatkan skill.

  3. Pingback: APLIKASI KOMPUTER INI DAPAT MENDATANGKAN UANG

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 54 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top