ADPER

TAMPILAN BELAKANG KARTU BPJS KESEHATAN TERBARU

Download Tampilan Belakang Kartu BPJS Kesehatan.jpg

Kursuskomputergratis.com – Kartu BPJS Kesehatan merupakan identitas kepesertaan yang sah berdasarkan undang-undang yang berlaku, termasuk kartu digital yang terdapat pada aplikasi mobile JKN dapat digunakan sebagai penggantinya jika fisik kartu tertinggal di rumah ketika sedang dibutuhkan. Tidak perlu ke kantor BPJS untuk mencetaknya cukup download via mobile JKN, untuk mempercantik tampilan belakang kartu BPJS Kesehatan maka Penulis mempersembahkan konten ini.

Sehubungan banyaknya request yang masuk dari pengguna BPJS Kesehatan akhirnya dengan senang hati Penulis berhasil membuat tampilan belakang kartu BPJS Kesehatan tentunya tanpa merubah estetikanya. Kenapa hanya tampilan belakangnya saja? Karena tampilan depan merupakan data kepesertaan jadi hanya BPJS Kesehatanlah yang bisa menerbitkannya. Penulis berharap setelah membaca artikel ini semoga bagian belakang kartunya tidak putih polos lagi tetapi sudah cantik.

Setelah file di-download silahkan gunakan Microsoft Word pada komputer untuk membukanya kemudian tempatkan posisi tampilan depan kartu sejajar dengan tampilan belakang. Harap diperhatikan dalam proses ini tidak dapat menggunakan HP karena harus menjalankan Microsoft Word dan menggunakan fiturnya untuk melakukan pengaturan tata letak kartu bagian depan kemudian mencetaknya menggunakan mesin printer warna agar hasilnya maksimal.

Baca: Cara Daftar Bpjs Kesehatan Online Menggunakan Hp

Cara Menyatukan Tampilan Depan dengan Tampilan Belakang Kartu BPJS Kesehatan

File yang sudah disiapkan oleh Penulis berformat Microsoft Word yang ukurannya sudah disesuaikan dengan blanko kartu dari kantor BPJS Kesehatan. Perlu sedikit editan untuk menyesuaikan ukuran bagian depan kartu yaitu dengan memotong (crop) dan mengatur ulang ukurannya agar sesuai dengan kartu bagian belakang yang sudah penulis siapkan. Untuk bagian depan kartu pada implementasi ini diambil dari screenshot kartu digital yang terdapat di aplikasi mobile JKN.

contoh bentuk kartu digital pada aplikasi mobile JKN.jpg

Gambar 1. Screenshot kartu digital pada aplikasi mobile JKN

Silahkan siapkan screenshot kartu digital seperti yang terlihat pada Gambar 1, kemudian satukan dengan bagian belakang kartu. Perhatikan langkahnya dengan cermat!

Pertama

Ini adalah tahap pengaturan layout print page. Kartu tampilan belakang dan tampilan depan keduanya disatukan menggunakan Microsoft Word. Crop terlebih dahulu screenshot kartu digital (Gambar 1) untuk menghilangkan bagian yang tidak dipakai menggunakan Microsoft Word dan atur kedua gambar hingga sejajar dan seukuran agar hasil cutting-nya bagus.

Tampilan Belakang Kartu BPJS Kesehatan

Gambar 2. Pengaturan Penempatan Kartu Bagian Depan dan Bagian Belakang Menggunakan MS Word

Klik gambar A (1) klik Picture Format (2) klik navigasi Format AutoShape (3) kemudian setelah muncul pop-up box Format Picture (1) klik tab Size (5) lalu hilangkan centang Lock aspect ratio (6) dan centang Relative to original picture size (7). Isi kolom Width (9) dengan 9.2 cm dan Height (8) dengan 5.97 cm. Tekan OK (10) untuk mengakhiri langkah ini. Setelah bagian A dan B sejajar silahkan print pada mode high quality agar hasilnya bagus.

Kedua

Hasil akhir bisa dilihat pada bagian ini. Potonglah kartu yang sudah dicetak dengan rapih sesuai alur gambarnya dan jangan dipisahkan antara tampilan depan dengan tampilan belakang agar pada saat dilipat nanti tidak sulit. Pastikan pada bagian yang telah dipotong tidak ada kemiringan untuk menyeimbangkan kedua bagian kartu ketika digabungkan .

Download tampilan belakang kartu BPJS Kesehatan.jpg

Gambar 2. Tampilan Kartu Setelah Dipotong Rapih

Terlihat pada (Gambar 2) bentuk kartu yang sudah dipotong rapih sesuai dengan ukuran gambar, kemudian lipat kedua sisi kartu hingga menempel dan setelah itu silahkan laminating agar awet tidak mudah rusak. Perlu diketahui bahwa tampilan depan kartu BPJS Kesehatan yang sama dengan tutorial ini hanya bisa didapatkan dengan cara di-screenshot via fitur kartu digital yang ada pada aplikasi mobile JKN.

Baca: Cara Daftar Aplikasi Mobile JKN

Selain di Aplikasi Mobile JKN, Dimana Saja Saya Bisa Mendapatkan Kartu BPJS Kesehatan?

Walaupun aplikasi mobile JKN tergolong sangat mudah menggunakannya namun tidak sedikit ditemukan masih banyak peserta yang tidak menggunakannya pada HP mereka dengan berbagai alasan terutama pengguna HP jadul yang memang tidak bisa internetan yang didominasi oleh para lanjut usia mungkin peran aktif keluarga diperlukan untuk dapat membantunya.

Lalu adakah solusi lain untuk mendapatkan kartu selain dari aplikasi mobile JKN?

Tentu ada. Bagi peserta Mandiri silahkan minta ke kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat dan untuk karyawan perusahaan (peserta penerima upah) bisa minta ke HRD perusahaan tempatnya bekerja yang memiliki akses ke aplikasi e-dabu atau langsung ke kantor cabang BPJS Kesehatan. Mungkin jika minta ke kantor BPJS Kesehatan akan langsung dicetak dengan blanko kartu BPJS sehingga kartunya memiliki tampilan belakang dan tidak perlu delaminating seperti pada tutorial ini.

Klik tombol “DOWNLOAD FILE” di bawah ini untuk mendapatkan tampilan belakang kartu BPJS Kesehatan

tombol download file.jpg

Kesimpulan

Tampilan belakang kartu BPJS Kesehatan tidak tersedia di aplikasi mobile JKN karena pada aplikasi tersebut hanya tersedia tampilan depannya yang merupakan data peserta.

Praktek ini hanya bertujuan mempercantik tampilan kartu BPJS Kesehatan, sifatnya tidak wajib menggunakan tampilan belakang kartu.

Untuk implementasi hanya bisa menggunakan komputer dan tidak bisa dilakukan pengeditan menggunakan HP karena harus menggunakan fitur Microsoft Word.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top