BELAJAR MS EXCEL

BELAJAR TEKNIK CUT, COPY DAN PASTE DI MICROSOFT EXCEL [PLUS VIDEO]

Kursuskomputergratis.com – Memahami dengan baik bagaimana cara Cut, Copy dan Paste data di Microsoft Excel merupakan suatu indikator keberhasilan dalam seni olah data supaya dapat menyelesaikan tugas komputasi tepat waktu bahkan lebih cepat dari biasanya jika terdapat banyak pola data yang sama sehingga bisa mempersingkat pekerjaan.

Ada ragam opsi pada fitur Copy Paste di Microsoft Excel yang bisa dimanfaatkan untuk memodifikasi pekerjaan olah data dan bisa ditemukan pada Microsoft Excel semua versi, fitur ini akan menawarkan format duplikasi data yang lebih kompleks baik antar tabel maupun antar sheet bahkan bisa mengubah pola data text menjadi format gambar.

Keren banget kan? Sangat disayangkan jika tidak memahami teknik penggunaan fitur ini karena bisa mempermudah proses cloning data hingga berkapasitas besar dalam waktu yang sangat singkat dan langkahnya begitu mudah tinggal mainkan mouse lalu klik opsi fiturnya maka jadi deh…

Baca: Jurus Cepat Belajar Microsoft Excel 2010

Mengenal CUT, COPY dan PASTE

Secara teoritis Cut adalah perintah mengambil data lalu memindahkannya ke placement lain dan akan menghilangkan data aslinya. Sama halnya dengan Cut, perintah Copy juga merupakan proses pemindahan data namun tidak menghilangkan data aslinya. Sedangkan Paste merupakan perintah untuk menempelkan data yang telah di Cut atau Copy ke area placement baru.

Data yang telah di Cut atau Copy disimpan pada penampung Excel lalu selanjutnya akan ditempelkan oleh perintah Paste sesuai dengan instruksi. Untuk proses pemindahan data pada prakteknya perintah Copy paling relevan digunakan dibandingkan Cut karena ketika terjadi kesalahan yang menyebabkan kerusakan data atau file masih ada file aslinya yang bisa diduplikat ulang.

Pada fitur Paste di Microsoft Excel, output data memiliki banyak opsi sehingga bisa melakukan custom data dengan leluasa. Sebelum perintah Paste dieksekusi ada pilihan modifikasi data untuk output dari Clipboard yang dilekatkan pada fitur Paste Special diantaranya bisa mengambil datanya saja tanpa tabel, data dan tabelnya, formula dan formatnya, serta data tabel seutuhnya dan masih banyak lagi.

Microsof Excel memiliki bank data yang biasa disebut Clipboard, merupakan salah satu teknologi canggih besutan Microsoft untuk menampung data yang telah di Cut atau Copy. Data pada Clipboard sifatnya sementara dan kapasitasnya juga terbatas hingga 24 konten, jadi hanya 24 data terakhir dari perintah Cut atau Copy yang dapat disimpan di Clipboard ini. Clipboard terdiri dari dua bagian yaitu Windows Clipboard dan Office Clipboard.

Wіndоwѕ Clірbоаrd

Mеruраkаn tеmраt menyimpan data yang terakhir diambil baik itu dengan perintah Cut atau Copy dаrі Mісrоѕоft Exсеl іtu sendiri аtаu арlіkаѕі Wіndоwѕ lаіnуа. Kapasitas Windows Clipboard hanya menampung data per-action dan data tersebut akan berganti mengikuti perintah terakhir.

Misalnya kita mеnуаlіn data dаrі brоwѕеr dаn mеnеmреlkаnnуа kе Ms. Exсеl, Ms. Wоrd, Notepad, dаn lain ѕеbаgаіnуа maka Clipboard Windows hаnуа menyimpan satu nilai data sehingga setiap menjalankan реrіntаh Copy аtаu Cut mаkа dаtа yang dіѕіmраn pada Clірbоаrd tеrѕеbut akan digаntіkаn dеngаn dаtа tеrbаru аtаu terakhir.

Offісе Clipboard

Jika dalam Windows Clipboard hanya bisa eksekusi satu kali perintah saja, maka Office Clipboard bisa mengulang eksekusi yang berbeda sebanyak 24 kali karena memiliki kapasitas tampung data hingga 24 kali perintah Cut atau Copy, jadi data dari Windows Clipboard akan ditampung disini dan bisa diambil lagi sewaktu-waktu kalau masih melakukan perintah yang sama selama data tersebut masih tersedia.

Nah, jadi aраbіlа mеmbutuhkаn Mісrоѕоft Exсеl untuk mengingat lebih dаrі ѕаtu nіlаі dаtа, mаkа klіk tоmbоl уаng аdа dі ѕudut kanan bаwаh раdа grоuр menu Home kemudian klik Clірbоаrd, dеngаn mеnеkаn tombol tersebut, Clipboard Office аkаn munсul di ѕіѕі kіrі lауаr aplikasi Microsoft Excel silahkan klik data yang sama apabila ingin melakukan perintah secara berulang.

Bagaimana? Apakah sudah bisa membedakan mana Windows Clipboard dan mana Office Clipboard kan? Pahami dengan benar karena sangat membantu dalam proses pekerjaan komputasi terutama yang berkaitan dengan olah data biasanya banyak melakukan perintah Copy dan Paste secara berulang. Sekarang mari kita langsung praktek!

Praktek Cut, Copy dan Paste

Pada bab ini penulis akan mengajak sobat kurkom untuk implementasi perintah Cut, Copy dan Paste, ada navigasi yang bisa dipilih untuk menjalankannya yaitu via mouse, keyboard dan icon pada ribbon Clipboard. Semuanya bisa dilakukan dengan mudah asalkan sudah hafal letak ketiga navigasi tersebut, namun yang paling cepat adalah menggunakan mouse.

Ada dua poin penting yang akan dibahas yaitu teknik Paste Special dan Paste Berulang, untuk teknik Paste standar hanya dibahas di Video. Cara Cut dan Copy kedua teknik ini sama persis yaitu tinggal memilih data/objek lalu eksekusi perintah Cut atau Copy selanjutnya tempatkan kursor di placement dan klik Paste, lebih jelasnya silahkan simak video tutorial untuk penjelasan artikel ini.

berbagai cara cut, copy dan paste data pada microsoft excel.jpg

Gambar 1. Navigasi fitur Cut, Copy dan Paste

Seperti yang terlihat pada Gambar 1. perintah Cut, Copy dan Paste bisa menggunakan mouse (1) dan icon pada ribbon main menu (2). Saran, apabila eksekusi perintah masih bisa melalui fungsi mouse sebaiknya gunakan saja mouse supaya proses lebih cepat, kecuali sudah tidak bisa menggunakan mouse maka boleh memakai alternative lain.

1. Teknik Paste Special

Pada poin ini kita akan menggunakan modifikasi data melalui fitur Paste Special yang bisa mengkonversi output Clipboard menjadi beberapa mode, untuk objek percobaannya kita akan menggunakan tabel data namun tidak semua fitur Paste Special akan dijelaskan pada tutorial ini tetapi yang paling sering digunakan saja.

Disaat menduplikasi tabel data biasanya diperlukan custom data dari tabel tersebut yang disesuaikan dengan kebutuhan, misalkan hanya ingin menduplikasi datanya saja, format tabelnya saja, data dan formatnya atau diubah menjadi format gambar. Praktek ini akan sangat menarik, detailnya silahkan simak di video tutorial artikel ini.

Simulasi berikut ini merupakan salah satu fitur Paste Special yang lumayan membantu pekerjaan duplikasi tabel tanpa data, nah jadi penulis akan mencontohkan bagaimana proses Copy Paste format tabel dari tabel yang berisi data sehingga output-nya menjadi tabel kosong.

Langkah Pertama

Silahkan pilih tabel data yang akan diduplikat selanjutnya eksekusi perintah Copy bisa dengan menekan tombol CTRL+C (rekomended) pada keyboard secara bersamaan atau dengan mengklik fitur Copy yang ada di ribbon Microsoft Excel. Perhatikan gambar berikut ini!

cara menyeleksi tabel microsoft excel yang akan diclone.jpg

Gambar 2. Memilih tabel yang akan diduplikat

Eksekusi perintah Copy dilakukan setelah memilih area tabel yang akan diduplikat.

Langkah Kedua

Berikut adalah cara menjalankan perintah Paste Special untuk duplikasi format tabel tanpa data dari tabel yang berisi data.

cara menggunakan fitur paste special pada Microsoft Excel.jpg

Gambar 3. Fitur Paste Special Microsoft Excel

Tempatkan kursor di sel data yang kosong dimana tabel duplikat akan ditempelkan (lihat no.1) lalu klik kanan mouse. Pilih Paste Special pada pop-up box (2) setelah itu klik icon Formatting (3) maka proses duplikasi tabel sudah selesai, hasilnya lihat gambar berikut!

hasil duplikasi perintah paste special pada microsoft excel.jpg

Gambar 4. Duplikasi format tabel

Tabel kosong tanpa data yang berada persis di bawah tabel yang berisi data merupakan hasil duplikasi data dengan perintah Paste Special. Eksekusi perintah Paste Special ini cukup sering digunakan saat mengolah data dengan melibatkan banyak tabel.

Ada banyak fungsi Paste Special Microsoft Excel yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan duplikasi data baik dalam tabel ataupun format lainnya, jadi user tidak hanya tahu teknik Copy Paste standar saja silahkan dipraktekan setiap perintah pada fitur Paste Special ini agar dapat memhami fungsinya secara keseluruhan.

2. Teknik Paste Berulang

Maksud dari poin ini adalah cara menjalankan perintah Paste sebelumnya tanpa perlu mengulang eksekusi perintah Copy data yang sama supaya lebih menghemat waktu. Hal ini jelas sangat membantu dalam pekerjaan olah data karena tidak perlu lagi mengulang perintah yang sama.

Misalkan, setelah melakukan eksekusi perintah Copy Paste sebanyak enam kali dengan data yang berbeda kemudian akan mengulang eksekusi yang pertama, nah jangan melakukan perintah Copy lagi karena data perintah pertama tersebut masih tersimpan di Clipboard (penampung sementara data hasil Copy).

Implementasi ini akan memanfaatkan fitur Office Clipboard yang memiliki kemampuan menyimpan data hasil Copy atau Cut hingga 24 intruksi terakhir, data ini akan tetap tersimpan sampai komputer dimatikan. Jadi apabila komputer dinyalakan ulang maka data pada Office Clipboard ini akan terhapus.

fitur office clipboard pada microsoft excel.jpg

Gambar 5. Teeknik duplikat data via Clipboard

Perhatikan Gambar 5. untuk mengambil data pada Office Clipboard silahkan klik iconnya yang dilingkari merah (1) supaya muncul box datanya (2), kapasitas daya tamping data ditunjukkan oleh nomor 4, pada gambar terlihat ada tulisan 6 of 24, 6 merupakan jumlah data yang telah tersimpan di Clipboard sedangkan angka 24 merupakan kapasitas daya tampungnya.

Ada 24 data terakhir hasil Copy atau Cut yang bisa dilihat pada Office Clipboard (2). Perhatikan kolom Random pada tabel, kita akan simulasikan bagaimana caranya memasukkan Perintah 6 pada kolom Random tanpa harus menyalin (Copy) lagi data tersebut karena sudah pernah di-Copy sebelumya.

Letakkan kursor pada sel mana yang akan diisi data Perintah 6, contoh lihat yang ditunjukkan oleh nomor 3. Setelah kursor diarahkan pada sel tujuan, maka selanjutnya klik data Perintah 6 pada Office Clipboard. Hasilnya pasti data Perintah 6 akan masuk ke dalam sel yang dipilih tesebut. Begitu seterusnya kalau kita akan menempelkan data yang sudah pernah di Copy atau Cut sebelumnya maka tidak perlu mengulangi instruksi Copy.

Kesimpulan

Memahami seluruh teknik Cut, Copy dan Paste dan Office Clipboard pada Microsoft Excel sangat mendukung terhadap performa pekerjaan yang berhubungan dengan seni olah data supaya pekerjaan menjadi lebih cepat dan ringkas.

Data pada Office Clipboard bersifat sementara dan daya tampungnya terbatas sampai dengan 24 instruksi, jika komputer sudah dihidupkan ulang maka data tersebut akan menghilang.

Untuk eksekusi program agar lebih cepat prioritaskan menjalankan fungsi yang bisa dikerjakan via mouse agar pengerjaannya lebih cepat selesai.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

53 − = 45

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top