BLOGGING

TEKNIK DASAR MENDATANGKAN VISITOR

mendatangkan visitor

Teknik Dasar Mendatangkan Visitor – Di era digital ini blog merupakan salah satu sumber informasi yang bisa dijadikan referensi oleh sebagian besar masyarakat modern terutama mereka yang memahami internet. Ada banyak rutinitas mereka yang memanfaatkan konten pada blog untuk dijadikan panduan dalam menyelesaikan tugasnya, dari tugas rumah, sekolah hingga kantor.

Situasi beberapa tahun yang silam sebelum blog dikenali masyarakat luas sangat jauh berbeda, dimana mereka hanya mengandalkan majalah dan koran untuk memenuhi kebutuhan informasinya.

Kini teknologi internet membuat semuanya menjadi lebih praktis dan ekonomis, hanya dengan bermodalkan koneksi internet sudah bisa mendapatkan informasi apapun tentunya gratis sehingga dapat mengurangi budget kebutuhan bulanan.

Tanpa disadari hampir bisa dikatakan sebagian besar aktivitas masyarakat itu berhubungan dengan internet, dari mulai belajar, mengajar, beriteraksi hingga berpolitik. Sehingga masyarakat kuno pun ikut berinternet ria untuk menikmati informasi gratisan dan keperluan lainnya.

Hal tersebut di atas merupakan gambaran bagi seorang blogger untuk memacu semangat menjadi lebih gesit lagi dalam memfasilitasi kebutuhan informasi bagi masyarakat modern yang notabenenya adalah pengguna internet.

BACA : BAGAIMANA MEMULAI CARI UANG DI INTERNET DENGAN BERIKLAN GOOGLE ADSENSE ?

Blogger yang memiliki skill dan berwawasan luas mungkin akan sangat mudah menciptakan terobosan baru berupa konten yang informatif dan paling update setiap minggu atau bahkan setiap hari supaya kontennya menjadi buruan para penjelajah dunia maya.

Menciptakan sebuah informasi yang bermanfaat kemudian menyebarkannya supaya ditemukan pengguna di mesin telusur merupakan salah satu tugas utama dari seorang blogger. Supaya informasi tersebut mudah ditemukan maka memerlukan keterampilan khusus.

Tidak sedikit blogger yang bingung bagaimana mengasah keterampilan mereka dalam hal membuat konten yang menarik minat pengguna untuk mengklik kontennya ketika mereka berselancar di mesin telusur sehingga blognya bisa mendatangkan visitor.

Ada banyak cara untuk mendatangkan visitor, dari yang termudah hingga tersulit. Penulis menyarankan agar belajar dari yang termudah dulu atau akrab disebut teknik dasar. Berikut ini adalah teknik dasar yang sangat berguna dan bisa mendatangkan visitor :

Buat artikel dengan kata kunci yang populer

Seperti halnya membuat rumah maka konten pun harus memiliki pondasi yang kuat dan bagus yaitu “kata kunci (Keyword)” yang terdiri dari beberapa kata (phrase). Dilihat dari jumlah phrase-nya maka keyword dibagi dua yaitu short tail keyword (1-2 phrase) dan long tail keyword (lebih dari 3 phrase).

Secara teoritis kata kunci bisa dibilang perwakilan dari sebuah artikel. Salah satu metode mesin telusur untuk merayapi artikel supaya bisa tampil di indeks hasil pencarian adalah dengan memanfaatkan kata kunci dari setiap artikel.

Mengapa sebuah artikel perlu kata kunci dan bagaimana dampaknya kalau tanpa kata kunci ?

Perlu diketahui kalau artikel yang kita buat itu harus dikenali juga sama mesin telusur, maka supaya mesin telusur mengenali artikel diperlukanlah sebuah kata kunci. Jadi ketika ada pengguna mengetik sebuah kata kunci di mesin telusur maka secara otomatis mesin telusur akan mencari kemudian menampilkan deskripsi konten yang dibutuhkan pengguna.

Mengapa harus menggunakan kata kunci yang populer ?

Kata kunci yang poppuler merupakan indikator dari topik yang paling banyak dicari oleh pengguna, jadi memiliki potensi yang besar untuk memperoleh klik dari mereka ketika tampil di indeks hasil pencarian. Hal seperti ini jelas akan sangat membantu memperoleh trafik visitor yang tinggi sehingga visibilitas blog di mesin telusur akan cepat naik.

BACA : CARA GRATIS MENINGKATKAN PERFORMA WEBSITE DI MESIN TEULUSUR

Bagaimana cara mendapatkan kata kunci yang populer ?

Ada salah satu cara yang efektif untuk mencari kata kunci popular yaitu dengan menggunakan Google AdWords yang disediakan oleh Google secara gratis. Carilah kata kunci dengan volume pencarian menengah ke atas agar nantinya artikel memiliki potensi besar untuk dikunjungi pengguna.

Apabila blog tergolong masih baru maka gunakanlah kata kunci dengan tingkat persaingan menengah (medium) yang volume pencariannya berkisar antara 100rb-1juta pencari. Disini kita harus merencanakan secara matang seperti apa kualitas artikel dengan menggunakan kata kunci tersebut.

Pilihlah kata kunci yang sesuai dengan passion kita supaya lebih nyaman ketika membuat artikel yang berhubungan dengan kata kunci tersebut dan biasakan untuk membuat artikel yang ramah terhadap Google sehingga tidak melanggar ketentuannya.

Ciptakan sesuatu yang berguna buat visitor

Membuat sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh banyak orang merupakan strategi jitu untuk mendatangkan visitor dalam jumlah banyak. Pikirkan kira-kira hal apa yang bisa membuat visitor merasa senang berkunjung ke blog kita dan mereka mengajak kelompoknya untuk berkunjung kembali.

Sebagai contohnya sebuah mesin telusur Geev buatan mahasiswi UI yang merupakan terobosan baru dan sangat berguna buat masyarakat Indonesia khususnya, sehingga mereka berbondong-bondong untuk menggunakan mesin telusur tersebut.

Sebenarnya masih banyak hal lainnya yang berpotensi bisa mendatangkan visitor dalam jumlah yang banyak, tinggal kemauan kita saja untuk menggali sumber daya yang ada di sekitar kita. Selain itu kita harus semakin giat mengasah kemampuan dibidang internet agar menghasilkan karya yang tepat guna.

Promosi di media sosial

Promosi merupakan salah satu strategi dalam memasarkan konten agar dikenal masyarakat luas. Ada banyak cara untuk promosi, mulai dari yang gratisan hingga berbayar. Biasanya yang berbayar itu hasilnya selalu optimal.

BACA : STRATEGI BLOGGING LEVEL DASAR

Menjadi keharusan bagi seorang blogger untuk memiliki skill dalam melakukan promosi terutama di media sosial. Hal ini sering disebut-sebut sebagai salah satu aktivitas SEO off page yaitu usaha yang dilakukan diluar blog untuk membuat visibility blognya meningkat.

Kenali semua media sosial yang sedang trend dan bentuklah sebuah forum diskusi yang berkaitan dengan blog kita. Ajak pengguna media sosial yang memiliki hobi serupa dengan kita dan usahakan sebanyak-banyaknya.

Buat suasana diskusi selalu hangat dan sesekali referensikan konten kita sebagai topiknya. Jangan terlalu terburu-buru dalam melakukan kegiatan promosi dengan metode seperti ini karena biasanya gagal, namun lakukanlah dengan perlahan tapi hasilnya pasti.

Selain membuat forum diskusi yang berkaitan dengan konsep blog kita, rajin-rajinlah share artikel di grup-grup media sosial yang tentunya masih berkaitan dengan blog kita. Sebelum kita share di grup tersebut terlebih dahulu kenali situasinya .

Kesimpulan

Mendatangkan visitor bukan hal yang mudah karena memerlukan skill khusus untuk menarik perhatian mereka sehingga mau berkunjung.

Kualitas artikel sangat diprioritaskan untuk dapat menembus persaingan dengan kompetitor lain di mesin telusur sehingga konten kita menjadi jawaban dari kebutuhan banyak pengguna.

Riset kata kunci yang tepat dapat menghasilkan sebuah konten yang relevan bagi para pengguna, selain itu konten akan sangat mudah ditemukan oleh mereka.

Jangan melakukan share di media sosial secara bertubi-tubi karena akan dianggap spam dan kemungkinan akan diabaikan oleh pengguna.

Buatlah list yang menjadi ketidak tahuan pengguna tentang konten kita kemudian lakukan diskusi secara rutin dan terjadwal.

Semoga bermanfaat
Salam sukses

2 Comments

2 Comments

  1. Pingback: CARA MEMBUAT KONTEN YANG MENARIK AGAR PENGUNJUNG KEPELET [KRITERIA ADSENSE] | Blog Mas Usman

  2. Pingback: Pengaruh Relevansi Artikel Terhadap Penghasilan AdSense

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top