SEO

12 TEKNIK SEO ONPAGE LEVEL DASAR YANG MASIH DIAKUI DUNIA HINGGA KINI

Teknik SEO onpage 2018.jpg
CREATIVE BY : KURKOM

Kursuskomputergratis.com – Teknik SEO onpage merupakan bagian dari upaya untuk mendorong keterlihatan konten di SERP (Seacrh Engine Result Page) agar menduduki posisi teratas pada indeks hasil pencarian sesuai dengan harapan, teknik ini sepenuhnya membidik optimasi pada halaman artikel (onpage).

Teknik SEO onpage juga merupakan pondasi utama dari sebuah artikel atau konten yang akan dikompetisikan dengan kompetitor lain tentunya yang memiliki topik serupa sehingga akan lebih unggul jika menggunakan formula yang tepat sesuai hitungan standard yang telah ditentukan oleh ahlinya.

Ada berbagai alasan mengapa sebuah konten selalu saja tersisihkan di indeks hasil pencarian, alasan yang paling signifikan adalah konten tersebut 100 persen hasil copy paste, menggunakan teknik blackhat, tidak teroptimasi dengan baik, visibilitas situs web atau blognya rendah termasuk DA dan PA yang masih kecil dibanding dengan blog kompetitor dan masih banyak lagi faktor lain yang bisa membuat konten tenggelam di indeks hasil pencarian.

Baca : Cara Optimasi Artikel Seo Agar Sukses Di Halaman Pertama Google

Peranan dan makna teknik SEO Onpage

Menerapkan teknik SEO onpage ini sangat dianjurkan khususnya bagi content creator yang masih percaya SEO sebaiknya fokus introspeksi diri dengan melihat kualitas konten yang dibuat apakah sudah layak dipromosikan atau masih compang-camping.

Dalam hal ini banyak pemula yang menyalahkan visitor kenapa mereka tidak kunjung datang? jawabannya sederhana yaitu konten tidak berguna buat mereka atau tidak teroptimasi dengan baik. Ingat jangan buang-buang waktu hanya untuk membuat konten yang tidak jelas makna dan tujuannya apa, coba fikirkan konsep yang bagus supaya orang tertarik dan konten bisa bertahan lama di SERP.

Layaknya seorang artis yang hendak tampil di pentas seni maka wajib di make over dulu agar terlihat menarik sehingga orang yang melihatnya merasa ketagihan dengan tampilan artis tersebut yang sangat mempesona, begitulah gambaran sederhana dari penerapan teknik SEO onpage.

Baca : Kupas Tuntas Cara Terbaru Membuat Konten Berkualitas

Implementasi Teknik SEO onpage

Penulis melakukan riset penerapan teknik SEO onpage level dasar sejak pertengahan tahun 2016 dengan terus memperhatikan perlakuan mesin telusur terhadap konten yang menggunakan teknik ini. Hasilnya cukup meyakinkan yaitu konten bisa bertahan lama di SERP dengan posisi yang lumayan pada indeks hasil pencarian. Sebagai contoh silahkan ketik di pencarian google : Manfaat Keyword Density, itu merupakan salah satu hasil prakteknya.

Sekarang saatnya penulis membagikan cara optimasi yang masih level dasar ini kepada kalian semua khususnya sahabat kurkom dimana saja anda berada. Penulis membawa referensi dari plugin SEO nomor wahid di jagat maya yang sudah diakui jutaan praktisi SEO di dunia dan terbukti hasilnya berkelas, plugin yang dimaksud adalah Yoast SEO.

Plugin SEO Terbaik.jpg

Gambar 1. Plugin Yoast SEO

Plugin yang dibandrol dengan sekitar Rp 1,1 juta ini memiliki performa yang sangat mumpuni dibidangnya yaitu SEO. Terdapat berbagai macam fitur yang mendukung optimasi SEO terutama pengaturan kata kunci yang dibidik (focus keyword), selain itu bisa juga untuk mengontrol SEO artikel secara keseluruhan. Bagi yang tidak sanggup membeli plugin ini kalian jangan khawatir karena ada juga versi gratisannya tentunya dengan fitur yang berbeda.

Berikut ini merupakan contoh hasil analysis Yoast SEO dari sebuah artikel yang sudah menggunakan 12 teknik optimasi yang dianjurkan versi Yoast.

Teknik SEO onpage.jpg

Gambar 2. Hasil Analisa plugin Yoast SEO

Penulis akan menjelaskan satu persatu sesuai nomor urut yang ada pada gambar di atas. Sebelumnya perhatikan lingkaran kecil berwarna hijau itu menandakan bahwa poin tersebut telah diterapkan dalam artikel dengan predikat sangat baik. Sebenarnya ada tiga warna, dua lagi yaitu warna kuning predikatnya Baik dan warna merah predikatnya Buruk.

Dari gambar 2 diatas, penulis akan mendeskripsikan setiap poinnya. Jadi perhatikan dengan cermat poin berikut ini dan segera terapkan ke dalam artikel kalian :

1. Sisipkan Kata Kunci di Paragraf Pertama

Silahkan sisipkan kata kunci yang dibidik ke dalam paragraf pertama karena bagian ini akan memberikan signal yang bagus kepada robotxt saat me-render halaman yang relevan dengan pencariannya sehingga saat ia menemukan kandungan kata kunci yang dicarinya maka artikel akan masuk ke dalam query hasil render bot untuk selanjutnya akan ditampilkan pada indeks hasil pencarian dengan kompetitor lain.

2. Kepadatan Kata Kunci (Keyword Density)

Pada poin ini penerapannya harus extra hati-hati karena jika kebanyakan kata kunci maka malah akan menjadi buruk dan dideteksi oleh bot mesin pencari sebagai keyword stuffing yaitu sejenis manipulasi kata kunci yang dilakukan secara berlebihan. Untuk saat ini versi Yoast menyebutkan kepadatan kata kunci sebanyak 0.5% saja sudah sangat bagus, untuk maksimalnya hingga 3%.

Cara menghitung kepadatan kata kunci yaitu Jumlah seluruh kata dalam artikel dibagi dengan Jumlah pengulangan kata kunci dikalikan 100. Contoh Jumlah kata dalam artikel = 300 , jumlah pengulangan kata kunci = 5 kali, maka jumlah Keyword Density adalah : ((5/300)x100) = 1.6 %. Penerapan kepadatan kata kunci yang melebihi 3% dikategorikan sebagai prilaku buruk oleh Yoast dengan memberikan warna merah pada indikator SEO.

3. Sisipkan Kata Kunci Dalam Meta Deskripsi

Biasanya sebelum memposting artikel harus mengisi meta deskripsi atau kalau di platform blogspot akrab disebut deskripsi penelusuran, kalau di Yoast kolom meta deskripsi sudah disiapkan. Silahkan sisipkan kata kunci yang kalian bidik ke dalam meta deskripsi tadi sebanyak 1 kali saja. Bagian ini juga merupakan wilayah pertama yang akan di-render oleh bot seperti pada poin 1 diatas.

Perhatikan gambar snippet berikut ini :

kata kunci dalam meta deskripsi.jpg

Gambar 3. Penempatan kata kunci dalam meta deskripsi

4. Atur Formula Meta Deskripsi (jumlah kalimat dan karakter)

Perhatikan jumlah kata dan jumlah karakter pada meta deskripsi karena jika terlalu panjang akan mempengaruhi visualisasi pada snippet indeks hasil penelusuran sehingga performanya kurang baik. Versi Yoast membatasi jumlah karakter pada meta deskripsi maksimal sebanyak 320 karakter termasuk spasi biasanya sekitar 45 kata, jadi silahkan manfaatkan dengan baik bidang ini untuk memikat pengunjung.

5. Sisipkan Kata Kunci ke dalam Sub Judul H2

Sub judul terdiri dari 6 tingkatan yaitu H1-H6 yang mana kita tidak perlu memaksakan semua tingkatan sub judul ada dalam artikel. Dalam implementasinya rata-rata sampai H3 saja sudah sangat panjang. Silahkan sisipkan kata kunci ke dalam sub judul H2, maksimal 1 kata kunci untuk 1 sub judul dan maksimal penerapannya hingga 2 sub judul seperti yang terlihat pada gambar 2 (poin 5).

6. Sisipkan Kata Kunci Ke Dalam Gambar

Pada bagian ini silahkan gunakan atribut alt pada gambar dan masukan kata kunci ke dalamnya. Inilah alasan yang paling logis kenapa dalam artikel itu perlu menggunakan beberapa gambar yang relevan dengan artikel yaitu untuk menambah formula kata kunci yang dibidik.

Hal ini akan bermanfaat ketika pengguna melakukan pencarian pada query image di penelusuran google. Mungkin untuk pengguna wordpress atau blogspot bisa menemukan atribut alt saat akan menyisipkan gambar ke dalam artikel.

7. Perhatikan Jumlah Kata (Word)

Jumlah kata dalam sebuah artikel dapat berdampak kepada relevansinya, oleh karena itu Yoast membatasinya dengan jumlah minimal 300 kata sedangkan maksimalnya tidak terhingga. Beberapa praktisi SEO menyebutkan idealnya hingga 1000-1500 kata untuk 1 artikel, namun penulis memiliki pendapat sendiri dalam hal ini silahkan kalian sesuaikan saja dengan kebutuhan sehingga ulasannya tidak kaku tetapi jangan kurang dari 300 kata.

8. Perhatikan Link External

Link external biasanya merupakan rujukan ke sumber referensi dan ini memang sangat perlu namun usahakan jangan terlalu banyak, Yoast menyarankan cukup hanya 1 link saja pun sudah sangat bagus. Pertimbangkan link sumber dalam hal ini gunakan sumber yang kredibel dan memiliki reputasi jauh lebih bagus dari blog kita.

9. Perhatikan Link Internal

Berbeda halnya dengan link external, link internal merupakan rujukan menuju artikel yang relevan dengan topik tersebut dan artikel rujukannya masih di dalam blog itu sendiri. Hal ini sangat berguna untuk merampingkan bounce rate atau meningkatkan PPS halaman bagi yang sudah beriklan Google AdSense.

Untuk link internal penulis mencoba menerapkannya sebanyak 4 link dan Yoast masih memberikan signal warna hijau pada indikator SEO, ini artinya tidak berdampak buruk kepada SEO artikel.

10. Perhatikan Panjang Judul Artikel

Buatlah judul artikel yang singkat, padat, jelas dan menarik perhatian pengguna supaya mereka mau mengklik artikel kita di indeks hasil pencariannya. Yoast membatasi jumlah karakter dalam judul sebanyak maksimal 68 word atau kurang lebih 10 kata, jika lebih dari itu menurut Yoast tidak bagus.

11. Masukan Kata Kunci Ke Dalam URL

URL artikel termasuk ke wilayah snippet yang akan tampil pada indeks hasil pencarian dan tentunya harus dioptimalkan dengan menyisipkan kata kunci di dalamnya supaya memberikan signal yang bagus pada bot mesin telusur. Silahkan masukan kata kunci ke dalam URL dengan menggunakan tanda dashes (-) sebagai pemisah antar frase.

Contoh penempatan kata kunci dalam URL :

penerapan kata kunci dalam URL.jpg

Gambar 4. Penempatan kata kunci dalam URL

12. Pastikan Tidak Menggunakan Kata Kunci Yang Sama Dalam Satu Blog

Penggunaan focus keyword atau akrab disebut kata kunci utama tidak boleh ada yang sama dalam satu blog, versi Yoast memberikan penilaian buruk terhadap duplikasi focus keyword dalam satu blog karena memungkinkan terjadinya impact saat bot me-render halaman tersebut. Mungkin hal ini lebih ditekankan bagi pengguna Yoast untuk tetap menggunakan satu kata kunci unik dalam setiap ulasan walaupun ada ulasan dengan topik yang hampir sama dengan sebelumnya.

Akhir kata penulis menyadari ulasan ini tidak sempurna, masih banyak teknik SEO onpage yang belum bisa tersampaikan disini. Oleh karena itu bagi sahabat pembaca setia kurkom apabila ada yang ingin melengkapi silahkan tuliskan di kolom komentar karena masukan dan saran dari kalian akan sangat membantu kami.

Kesimpulan

Teknik SEO onpage sepenuhnya sangat membantu performa konten di mesin telusur, apabila teroptimasi dengan baik seperti yang telah dijelaskan diatas maka setidaknya bisa meningkatkan trafik.

Dalam penerapan kata kunci jangan kaku, jadi buat senatural mungkin dengan formula keyword density yang tidak melebihi standar SEO saat ini sehingga tidak dideteksi sebagai aktivitas spamm oleh bot mesin telusur.

Perhatikan parameter kriteria Yoast termasuk berapa jumlah karakter huruf dalam judul, meta deskripsi dan penempatan focus keyword dalam halaman artikel.

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 157 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top