BLOGGING

SETELAH KAMU BACA TIPS BLOGGING KEREN INI PASTI ITUMU AKAN MENGERAS SAMBIL BILANG OYESSSS…!!

Tips Blogging keren

Tips Blogging Keren – Mendapatkan pengetahuan tentang ilmu blogging itu bukan perkara mudah walaupun ada seabreg petunjuk di internet yang membahas berbagai tutorialnya. Butuh ketekunan dan ketelitian untuk bisa menguasai ilmu blogging dengan sempurna. Dalam hal ini, hanya keseriusanlah yang mampu mengatasi ketidak tahuan sobat.

Tidak sedikit yang kebakaran jenggot setelah melihat kesuksesan blogger pendahulunya sehingga membuat mereka terlalu singkat berfikir untuk bisa sukses yang pada akhirnya berujung kebuntuan. Sungguh bukan perkara yang mudah menjadi seorang blogger itu, karena harus benar-benar mencintai profesinya sehingga merasa nyaman ketika membuat sebuah konten.

Google sendiri bilang :”Write Your Passion” maksudnya yaitu tulislah apa yang sobat sukai supaya output-nya bagus. Biasanya walau tulisan sobat tanpa dilengkapi gambarpun akan tetap disukai pembaca asalkan deskripsinya mengundang perhatian mereka dengan catatan topiknya tidak monoton.

Dalam seni blogging wawasan itu perlu sob, jadi apabila seorang blogger memiliki wawasan yang luas dan inteligensi yang tinggi maka dipastikan dia akan dekat dengan kesuksesan. Alasannya sederhana, karena blogger harus mampu menguraikan suatu topik secara lisan maupun tulisan supaya bisa dipercaya oleh banyak orang karena memiliki personal baranding.

Blogger bisa dibilang “Guru” dalam dunia maya, yess…mungkin itu gelar yang cocok buat mereka karena pada umumnya mereka menyampaikan dan mengajarkan ilmu yang dimilikinya dan sisanya adalah penyebar berita.

Tanpa disadari dengan menjadi seorang blogger yang rajin menulis ternyata dapat meningkatkan pola berpikir atau dengan kata lain bisa meningkatkan kecerdasan otak sehingga ia akan semakin produktif dalam banyak bidang termasuk bersosialita.

Kehadiran blogger di tengah-tengah masyarakat Indonesia yang majemuk ini telah memberikan pengaruh yang positif terhadap berbagai sektor, baik itu sektor bisnis, pendidikan maupun usaha mikro hingga iundustri. Lihat saja, saat ini blogger banyak dicari oleh para vendor produk dalam maupun luar negeri untuk mempromosikan merek dagang mereka.

Tidak ketinggalan para vendor bisnis berbasis Aplikasi Android-pun sudah terang-terangan mencari blogger berbakat untuk meningkatkan visibilitas produk mereka supaya bisa diterima oleh masyarakat luas. Hebatnya, blogger berbakat ini mampu meningkatkan target penjualan secepat kilat dengan menggunakan keahliannya masing-masing.

Baca : Aplikasi Pembayaran tercepat Indonesia

Apabila sobat berminat menjadi seorang blogger atau bahkan sudah menjadi seorang blogger tetapi belum sukses-sukses, jangan bingung menentukan arah dan tujuan karena ada banyak peluang bisnis yang tesedia di dunia maya untuk blogger tentunya blogger kreatif dong.

Salah satu senjata blogger sukses adalah konten, yang bisa berupa artikel, video ataupun gambar. Jika kontennya bagus maka akan mengundang perhatian banyak orang untuk melihatnya. Untuk menambah wawasan sobat guna memahami kualitas dari sebuah konten, silahkan perhatikan tips blogging keren berikut ini :

Analisa keberadaan pengunjung ketika mereka berdatangan

Mengetahui pergerakan pengunjung menurut penulis adalah hal yang wajib untuk dilakukan oleh seorang blogger. Ada dua alat untuk melakukan hal ini dengan mudah, yaitu dengan menggunakan Google Analytics atau bisa juga menggunakan Histats.

Apa kaitannya antara pengunjung dengan konten ?

Konten adalah raja” (Matt Cutts). Pernyataan pejabat tinggi di Google ini memang benar adanya, terbukti dengan konten yang berkualitas maka sebuah situs bisa digandrungi oleh pengguna dalam jumlah yang tidak sedikit sehingga ada potensi untuk dimonetisasi supaya menghasilkan uang tambahan.

Baca : Kupas Tuntas Cara Terbaru Membuat Konten Berkualitas [Update 2017]

Berikut adalah analisa pengunjung dari histats :

Tips Blogging Keren

Gambar 1 : Analisa pengunjung pada Histats

Pada gambar di atas terlihat data statistik pengunjung yang lumayan tinggi bagi situs pemula seperti kurkom ini. Baik, supaya sobat tidak bingung saya akan jelaskan secara terperinci mulai dari data sebelah kiri.

Page Views (PV) adalah jumlah halaman yang dilihat oleh pengunjung yang datang ke situs per kunjungan, jadi setiap mereka mengklik satu halaman maka langsung terhitung 1 PV.

Visitors adalah jumlah pengunjung yang datang, biasanya dihitung per IP yang terdiri dari pengunjung yang kembali dan pengunjung baru.

First time Visitors adalah pengunjung yang baru pertama kali datang ke situs, di samping angka totalnya ada persentase pengunjung baru yang merupakan perbandingan pengunjung baru dengan pengunjung lama.

User Online adalah data jumlah pengunjung yang sedang online di situs kita pada saat itu.

Average Visit Length adalah jumlah rata-rata waktu kunjungan per-orang. Semakin lama pastinya semakin bagus.

Page Views Per Visit adalah jumlah rata-rata halaman yang dibuka per kunjungan yang dihitung dari jumlah Page Views dibagi dengan jumlah Visitors.

Perhatikan Angka Bounce Rate

Bounce Rate adalah persentase pengunjung yang tidak betah di situs dimana mereka hanya membuka satu halaman saja kemudian setelah itu keluar dari situs. Semakin banyak pengunjung yang tidak betah di situs sobat maka akan semakin tinggi persentase Bounce Rate-nya, ini artinya jika semakin kecil persentasenya maka akan semakin bagus.

Penulis menggunakan Google Analytics untuk melihat Bounce Rate, tools ini dikenal sangat akurat dalam menganalisa visibilitas situs. Sebagai situs pemula, kurkom masih memiliki angka Bounce Rate yang tergolong tinggi dan ini adalah angkanya :

Tips Blogging keren

Gambar 2 : Bounce Rate

Bounce Rate dihitung dari jumlah pengunjung yang hanya membuka satu halaman saja dibagi dengan jumlah pengunjung keseluruhan dikali 100 persen.

Contoh :

Dalam satu bulan pengunjung yang hanya membuka 1 halaman saja = 50000 orang, sedangkan jumlah pengunjung keseluruhan = 210000 orang. Maka Bounce Rate-nya adalah :

(50000/210000) x 100% = 23%

Angka di atas merupakan nilai Bounce Rate yang sangat luar biasa, tentunya dengan angka segitu akan meningkatkan kepercayaan mesin telusur terhadap situs sehingga visibility-nya meningkat.

Cek Hasil Kalibrasi Penargetan Pengunjung

Ingat pada saat pertama kali kita membuat akun di Google Webmaster Tools ditargetkan kemana situs kita? Semisal targetnya Indonesia, ya berarti mayoritas pengunjungnya dari Indonesia. Dalam hal ini perlu dipertanyakan apabila target Negaranya Indonesia tetapi pengunjungnya kok malahan kebanyakan dari negara luar, hati-hati kemungkinan itu adalah jigling.

Baca : Cara Mudah Daftar Webmaster Tools

Gambar berikut adalah hasil analisa penargetan pengunjung untuk situs kurkom yang mana Indonesia merupakan targetnya :

Tips Blogging Keren

Gambar 3 : Trafik penargetan pengunjung

Terlihat pada gambar di atas, Pengunjung dari Indonesia lebih dominan daripada pengunjung dari nagara lainnya yaitu mencapai 91.77 % . Ini adalah angka yang cukup stabil.

Sampai disini dulu ulasan mengenai tips blogging keren ini semoga bisa membuat sobat lebih semangat lagi dalam bekerja keras demi meraih pencapaian yang diharapkan. Jangan menjadi blogger yang pemalas karena pasti akan susah untuk maju. Belajarlah dari hal yang paling mendasar dulu supaya penerapannya tidak salah.

Kesimpulan

Belajar blogging harus penuh dengan kesabaran dan ketelatenan supaya hasilnya optimal dan berdampak baik terhadap situs.

Hasil analisa histats lebih praktis buat blogger pemula dalam memahami visibilitas situs. Sobat tidak perlu memasang histats menjadi terlihat pada widget karena dinilai kurang efektif. Gunakan saja fitur Hidden Code untuk memasang kode tracking-nya pada widget tanpa bisa terlihat oleh pengunjung.

Tingginya persentase Bounce Rate bisa disebabkan oleh banyak faktor, terutama penerapan navigasi situs yang salah dan halaman yang lemot sehingga pengunjung malas untuk membuka halaman lainnya.

Gunakan penargetan pengunjung sesuai dengan niche sobat, apabila situsnya berbahasa Indonesia maka sebaiknya targetkan saja ke Indonesia.

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 34 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top