ADSENSE

TIPS MONETISASI BLOG DENGAN GOOGLE ADSENSE

Tips Monetisasi Blog dengan Google AdSense

Tips Monetisasi Blog Dengan Google Adsense – Blog merupakan sarana yang tepat untuk menyebarkan segala bentuk informasi melalui dunia maya. Kini tidak dapat dipungkiri lagi kalau me-monetisasi blog dengan Google Adsense merupakan trend yang menjadi prioritas bagi para pemburu dollar seantero jagat maya ini.

Ada yang unik dalam pengalaman penjelajahan penulis di dunia maya khususnya di forum yang yang berkaitan dengan blog, penulis menemukan pertanyaan seperti ini : “ Mas, saya daftar Google AdSense kenapa tidak diterima ya? “ setelah ditelusuri yang bersangkutan ternyata tidak memiliki blog. Penulis anggap ini adalah hal yang wajar dan dimaklum adanya karena yang bersangkutan benar-benar tidak paham.

BACA : HAL YANG WAJIB DIKETAHUI SEBELUM DAFTAR ADSENSE

Apa sih yang harus disiapkan untuk daftar AdSense ?

Menurut informasi yang penulis dapat dari Google AdSense bahwa situs web yang dapat dimonetisasi oleh AdSense adalah berupa blog, forum, atau situs informasi statis semisal situs informasi pekerjaan yang banyak dicari sehingga memiliki potensi untuk memiliki visibilitas bagus dan layak dipasang iklan AdSense.

Ada beberapa situs yang sepertinya tidak bisa dimonetisasi dengan Google AdSense, yaitu situs jual beli (toko online), situs afiliasi, situs yang isinya makalah atau sejenisnya, situs yang memiliki konten dewasa (p*rn*) dan situs yang dapat memicu perpecahan. Itulah beberapa situs yang menurut pengetahuan penulis tidak bisa dimonetisasi dengan AdSense.

Apa yang dibutuhkan setelah memiliki situs ?

Jika sobat sudah memiliki situs web untuk daftar AdSense sebagaimana yang penulis sebutkan tadi, maka selanjutnya perhatikan apakah situs tersebut memiliki hal yang menarik atau biasa-biasa saja. Jika belum memiliki konten yang menarik, maka jangan harap bisa lulus menjadi penayang AdSense.

Menjadi publisher AdSense untuk blog itu bukan karena hoki atau kebetulan karena calon publisher diwajibkan memiliki skill menulis yang mumpuni sehingga bisa melahirkan konten yang sesuai dengan keinginan AdSense. Dan bagi sobat yang membuat konten plagiat (copas) maka dijamin akan susah untuk bisa diterima, yang ada malah di banned sama Google.

Sobat bakalan sedih kalau sampai blognya di banned karena sudah capek-capek buat blog malah hilang dari peredaran (dihapus Google) dan akhirnya harus memulai dari awal dengan membuat blog baru lagi. Makanya kalau mau serius ngeblog ya harus buat konten yang berkualitas dan original tentunya.

Memiliki properti blog yang memadai

Penilaian Google AdSense untuk menentukan calon publishernya tidak sampai berhenti di konten yang unik saja, melainkan di properti blog juga ikut disorot. Pengalaman penulis sewaktu berusaha keras untuk mendapat persetujuan AdSense selalu saja ditolak, padahal konten dan pengunjung kelihatannya cukup lumayan bagus. Usut demi usut ternyata masalahnya di properti blog yang tidak memadai sehingga selalu ditolak dengan alasan blog belum rampung.

Memang sangat memerlukan ketelitian jika kita hendak mendaftarkan blog ke AdSense karena kesalahan yang sangat kecil pun menjadi penghambat dan itu sudah terbukti dari pengalaman penulis sewaktu mendaftar dengan tidak memperhatikan properti blog yang masih acak-acakan sehingga terkesan terburu-buru ingin segera beriklan.

Google AdSense rupanya sangat mempertimbangkan tingkat transparansi, kepercayaan dan kemudahan navigasi pengguna sehingga mewajibkan beberapa elemen harus ada pada blog. Berikut ini informasi dari AdSense yang penulis dapatkan mengenai properti blog yang bisa dikatakan wajib ada :

  1. Profile pemilik blog

  2. Formulir kontak

  3. Alamat Email



  4. Navigasi yang jelas

  5. Responsive (tidak lemot)

Jadi melihat hal tersebut kita bisa tarik kesimpulan bahwa Google sangat menyarankan agar pemilik blog memberikan akses yang mudah untuk penggunanya. Kelima poin di atas setidaknya terpenuhi oleh calon publisher AdSense.

Lakukan tes uji situs secara berkala untuk mengetahui update informasi dari kemajuan situs sobat terutama masalah loading-nya. Apabila lemot maka segera melakukan perbaikan supaya bisa cepat aksesnya karena blog yang lemot akan kehilangan pengunjung, utamakan kepuasan mereka supaya blog sobat menjadi tempat pavorit buat mereka belajar.

BACA : CARA MEMPERCEPAT LOADING BLOG

Seperti Apa sih konten yang harus dibuat ?

Google AdSense merupakan situs yang ramah dan menyukai sejumlah topik tertentu dan memberikan iklan dengan bayaran mahal apabila ada situs yang memiliki topik yang disukainya. Dengan demikian topik artikel berarti bisa menentukan jumlah pendapatan sobat.

Pelajari dengan sempurna soal kebijakan konten untuk penayang AdSense agar sobat mendapatkan penghasilan yang maksimal. Penulis melakukan hal ini secara berulang-ulang sehingga sedikit demi sedikit pemahaman soal kebijakan konten tersebut mulai dimengerti.

Perlu diketahui bahwa sobat sepertinya akan kesulitan untuk dapat diterima AdSense apabila masih memuat topik yang bertentangan dengan kebijakan AdSense sehingga pendaftarannya ditolak dengan alasan “Konten tidak memadai”. Jadi silahkan pelajari dengan benar terkait kebijakan konten AdSense supaya semuanya berjalan dengan mulus.

BACA : KUPAS TUNTAS CARA TERBARU MEMBUAT KONTEN BERKUALITAS [UPDATE 2017]

Patuhi pedoman webmaster Google

Banyak Blogger yang terjebak dengan hal yang mereka tidak ketahui dari webmaster sehingga situs mereka tidak terpelihara dengan benar dan terjangkit penyakit yang dapat membuat situs mereka tumbang di SERP (Search Engine Result Page).

Hal tersebut jika dibiarkan terlalu lama akan berdampak buruk pada situs sehingga pada saat dan dapat menghambat proses persetujuan Google AdSense karena dianggap tidak bisa mempromosikan situs dengan benar sehingga visibilitas blognya sangat buruk dan itu tentunya bukan keinginan AdSense.

Webmaster dapat memberikan informasi terkait mengenai visibilitas blog di mesin pencari sehingga sobat bisa melakukan optimasi dengan benar dan memperbaiki kerusakan yang terjadi karena dengan begitu pengguna bisa lebih nyaman dan mudah menemukan konten sobat di mesin telusur.

Jadi menurut penulis apabila sobat membuat situs dengan tujuan mendapatkan uang dari Google melalui Google AdSense maka salah satu cara yang harus ditempuh adalah mematuhi pedoman webmaster Google dengan benar dan sebenar-benarnya.

Untuk dapat mempromosikan situs sobat dengan benar, silahkan gunakan alat-alat yang telah disediakan Google yaitu Google Search Console dan Google Analytics sehingga sobat bisa mengetahui secara pasti tentang kelayakan elemen-elemen dalam blog termasuk konten dan struktur blog tersebut.

Gunakan Privacy policy

Kebijakan privasi (Privacy Policy) merupakan kebijakan dari situs tersebut untuk menumbuhkan kepercayaan kepada pengguna bahwa situs dibuat secara professional sehingga benar-benar dapat dapat terjaga dari perihal perdata atau pun pidana yang dapat merugikan pihak lain.

Pada halaman kebijakan privasi ini dijelaskan bagaimana data mereka ditangani atau digunakan ketika situs menggunakan program tertentu seperti Google AdSense, Google Analytics, dan layanan lainnya yang dapat mengumpulkan informasi tentang mereka.

Hal yang disarankan Google ketika sobat menciptakan kebijakan privasi adalah mengungkapkan penggunaan data dalam hal layanan Google di situs sobat atau menjelaskan bagaimana sobat membuat link rujukan di situs utuk menggunakan data.

Dalam pembuatan kebijakan privasi, Google juga menyarankan supaya terbuka terhadap vendor pihak ketiga termasuk Google yang menggunakan cookies untuk melayani iklan dan menginformasikan pengguna untuk memiliki pilihan iklan dari pihak ketiga.

Situs harus steril

Sebelum sobat mendaftar AdSense disarankan agar situs telah bersih dari iklan lain seperti iklan pop up, pop under atau iklan PPC lainnya sehingga tidak menghambat persetujuan dari AdSense. Jadi singkatnya jangan mendua kalau mau daftar AdSense.

Selain itu situs tidak boleh me-redirect ke halaman lain yang tidak relevan. Misal kalau di klik : www.1234.com (isinya soal cara makan soto) yang muncul www.abcd.com (isinya cara melumpuhkan siti) tentunya ini tidak disukai Google.

Kesimpulan

Me-monetisasi blog itu bukan pekerjaan yang mudah karena sobat diwajibkan memiliki skill tertentu terutama pandai menulis dan berwawasan luas sehingga dapat melahirkan inovasi baru yang menghibur dan inspiratif.

Walaupun sobat sudah berulang-ulang membaca tips monetisasi blog di berbagai sumber, tetapi kalau tidak konsisten dan malas maka sama saja bohong karena kalau begitu susah untuk berkembangnya.

Pastikan situs yang akan mendaftar AdSense telah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan supaya proses pendaftaran berjalan dengan lancar dan hasilnya sesuai harapan.

Dalam menentukan konten harus benar-benar memperhatikan kebijakan konten AdSense dan perhatikan manfaatnya untuk pembaca sehingga mereka tidak mau melewatkan waktunya di situs karena isinya menarik perhatian.

Jangan mendaftar AdSense pada saat situs belum maksimal dari sisi konten dan menu navigasinya, karena AdSense sangat sensitif terhadap dua hal tersebut sehingga pendaftarannya berujung penolakan.

Demikian ulasan tentang tips monetisasi blog dengan google AdSense ini semoga bisa menambah pengetahuan bagi sobat yang sedang giat melakukan peninjauan terhadap pendaftaran AdSensenya.

Semoga bermanfaat
Salam sukses

8 Comments

8 Comments

  1. Angga Gilang

    Maret 28, 2017 at 4:54 am

    Pertamax mas….
    Saya sangat suka artikel mas Usman lebih2 tentang adsense bisa nambah wawasan dan semangat.
    Request artikel mas tentang hal yg harus dilakukan ketika sedang review adsense.

    • Usman West Java

      Maret 28, 2017 at 5:14 am

      semoga berhasil mas, insya Alloh di pembahsan berikutnya. 🙂

  2. Pingback: LANGKAH PENTING TAHAP REVIEW GOOGLE ADSENSE | Blog Mas Usman

  3. Muhammad syukron

    Maret 29, 2017 at 1:15 am

    mas gimana kalo di blog saya ga ada profil pemilik? tapi tentang blog, kontak, disclaimer maupun kebijakan privasi itu sudah ada. Saya si ga ngincer si adsense, tapi ya apa salah nya untuk mencoba hehe. oh ya, gimana kalo iklan cpa dari online shop di campur dengan adsense? apakah itu melanggar kebijakan dari kedua nya?

    • Usman West Java

      Maret 29, 2017 at 3:24 am

      kalau saran saya sih tetep harus mematuhi prosedur supaya bisa berjalan dengan mulus dan hasilnya sesuai harapan. Mencantumkan profile sendiri akan lebih dipercaya dari pada pakai gambar lainnya.

      soal CPA jelas ini bertentangan sekali dengan prosedur, karena CPA kan afiliasi jadi tidak akan disetujui.

  4. Pingback: BAGAIMANA MEMULAI CARI UANG DI INTERNET DENGAN BERIKLAN GOOGLE ADSENSE ? | Blog Mas Usman

  5. Pingback: JANGAN MAU BACA ARTIKEL INI ATAU KAMU AKAN JADI BLOGGER SUKSES | Blog Mas Usman

  6. Pingback: PENGUMUMAN PENTING ADSENSE YANG DAPAT MEMPENGARUHI EARNING | Blog Mas Usman

Tinggalkan Balasan

To Top