TIPS

TIPS SUKSES MEMBUAT BLOG LEVEL BISNIS UNTUK PEMULA

Tips sukses membuat blog bisnis

Tips Sukses Membuat Blog Level Bisnis Untuk Pemula – Blog merupakan salah satu media untuk meningkatkan pemasaran yang boleh dikatakan jitu di era modern ini. Walaupun sebenarnya ada banyak cara untuk melakukan kegiatan promosi di internet, namun dengan menggunakan blog terbukti lebih efektif.

Tidak sedikit pengusaha online merangkul para pemilik blog (blogger) untuk meningkatkan frekuensi penjualan mereka di pasar online baik itu dengan blog kompetisi atau review produk unggulan mereka karena dinilai cara ini lebih menguntungkan.

Sebelum ke masalah bisnis mari kita roll back dulu…

Ada hal yang menarik selama penulis memperhatikan karakteristik para pendatang baru di dunia blogging (istilah kerennya newbie) yaitu minimnya pengetahuan tentang blog itu sendiri sehingga menjadi tidak terarah atau menjadi tidak jelas tujuan membuat blog itu untuk apa.

Hal tersebut bisa berpotensi kandas di tengah perjalanan dan tentunya itu sangat disayangkan karena hanya buang-buang waktu saja. Makanya sebelum memulai ngeblog buatlah perencanaan yang matang dan ingat jangan hanya tujuan komersil saja karena itu dinilai kurang tepat oleh beberapa praktisi yang sudah senior.

Penulis tidak memandang sebelah mata dengan banyaknya blog yang tidak terarah dan hal ini tentunya menjadi masalah serius yang harus diberi solusi supaya dapat meminimalisir kesalahan dalam ngeblog yang dapat merugikan pemiliknya.

Jika tujuan membuat blog hanya sebatas menyalurkan hobi maka tidak ada salahnya lebih mengarahkan lagi tujuannya menjadi bisnis dan kegiatan sosial lainnya. Menurut penulis jika kita sudah mencintai seni blogging maka akan sangat mudah meraih pencapaian dan tentunya akan lebih fokus.

Apa tujuan utama membuat blog?

Penulis yakin pasti hampir 100 persen jawaban sobat adalah “ Get money ”. Jika itu jawaban sobat maka sudah waktunya serius untuk melakukan perencanaan yang matang dan membidik potensi yang ada agar tepat sasaran. Jangan mau melakukan aktivitas yang biasa-biasa saja agar hasilnya luar biasa.

Mari fokuskan tujuan membuat blog kita supaya lebih terarah dan dapat mendatangkan kompensasi supaya kerja keras kita terbayar tuntas. Berikut adalah hal yang dapat membuka pola pikir kita ketika membuat sebuah blog.

1). Mengikuti program PPC kelas dunia

Bagi para webmaster atau blogger yang sudah berpengalaman mungkin istilah PPC sudah tidak asing lagi. Namun akan berbeda bagi sobat yang masih pemula dan baru membuat blog dengan tujuan komersil hal ini menjadi bahan pertimbangan yang harus diprioritaskan.

Yess, kelihatannya elegan dan akan membuat reputasi blog menjadi lebih baik di mata pengguna jika kita berhasil mengikuti program ini. Penulis berharap sobat sudah sedikit memahami soal PPC sebelum ngeblog dan sudah tau bagaimana mendapatkan pundi-pundi dari PPC.

Penulis sedikit memberikan gambaran buat sobat yang belum tau soal PPC. PPC (Pay Per Click) merupakan program periklanan yang memberikan bayaran kepada penayangnya setiap iklan mereka diklik oleh pengguna dengan jumlah bayaran yang bervariasi.

Ada yang tidak boleh dilakukan oleh penayang iklan PPC, salah satunya yang paling dilarang yaitu mengklik iklan sendiri karena hal ini akan menyebabkan pelanggaran berat dan bisa putus hubungan dengan penyedia iklan PPC tersebut.

Untuk jenis program PPC kelas dunia, penulis merekomendasikan Google Adsense . Mengapa harus Google Adsense? Karena PPC ini sangat konsisten membayar para penayang iklannya dengan predikat memuaskan dan juga sangat konsisten terhadap segala aturan main yang mereka buat.

BACA : TIPS SUKSES MENDAFTAR ADSENSE UNTUK BLOG SEUMUR JAGUNG

Jutaan penanyang iklan PPC di seluruh penjuru dunia merasa puas dengan program ini dan mereka mendapat bayaran yang setimpal dengan hasil kerja kerasnya. Apakah sobat akan termasuk seperti mereka? Semoga saja.

Cara mengikuti program PPC Google Adsense

Untuk dapat mengikuti program PPC sekelas Google AdSense sebenarnya simpel yaitu sobat harus memiliki blog yang sudah bereputasi dan memiliki banyak pengunjung tentunya supaya nantinya iklan yang dipasang di blog sobat memiliki potensi besar untuk mendapatkan klik dari pengunjung yang datang.

Selain dibayar per-klik, iklan Google AdSense juga dibayar per-impression (per-tayang) yaitu sobat akan diberi komisi setiap kali iklan tersebut muncul atau tayang. Namun komisi per-tayangan ini tidak lebih besar nominalnya dari komisi per-klik.

Jumlah visitor blog sangat berpengaruh kepada penghasilan karena sangat menentukan jumlah tayang dan klik iklan. Untuk jumlah tayang iklan itu sudah pasti sesuai dengan jumlah lalu lintas visitor karena pastinya setiap visitor melihat konten maka iklan dalam konten tersebut akan tayang.

Sedangkan untuk jumlah klik bergantung kepada ketertarikan visitor untuk melihat isi iklan yang ditayangkan, makanya disarankan memilih iklan yang relevan dengan konten supaya sedikit memberikan gambaran atau solusi kepada visitor.

Sebelum sobat mendaftar Google Adsense silahkan pelajari baik-baik tentang kebijakan konten untuk blog penayang iklan Google AdSense. Hal ini disebabkan karena konten untuk blog penayang iklan Google AdSense harus benar-benar steril dari pelanggaran kebijkan konten tersebut.

BACA : KUPAS TUNTAS CARA TERBARU MEMBUAT KONTEN BERKUALITAS [UPDATE 2017]

Blog yang digunakan untuk mengikuti program PPC Google AdSense harus mendapat perhatian khusus mengingat peraturan untuk penayang iklan AdSense sangat ketat karena tidak jarang praktisi yang sudah senior pun melakukan pelanggaran dan terkena penalty sehingga akhirnya tidak dapat menayangkan iklan AdSense lagi.

Oleh karena itu penayang AdSense harus teliti mengawasi konten di blognya supaya terbebas dari penalty yang sangat merugikan. Selain itu juga harus rajin melakukan perawatan terhadap blog supaya performanya meningkat.

Untuk komisi yang diperoleh dari PPC AdSense bisa langsung dikirim ke rekening pribadi atau paypal tergantung pilihan sesuai dengan selera sobat. Gajian dari AdSense ini sekitar tanggal 21 setiap bulannya apabila saldo di akun AdSense mencapai $100 maka uang akan dibayarkan.

BACA : CARA GRATIS MENINGKATKAN PERFORMA WEBSITE DI MESIN TEULUSUR

2). Mengikuti Program Afiliasi

Afiliasi adalah cara mendapatkan kompensasi dengan menjual produk dari perusahaan pemilik produk tersebut (istilah kerennya merchant) dengan cara bergabung menjadi sales mereka dengan beberapa persyaratan tertentu termasuk memiliki sebuah blog atau website yang berhubungan dengan produk mereka tentunya.

Afiliasi sangat terkenal dengan istilah CPA (Cost Per Action) yaitu komisi yang diberikan kepada kita apabila kita berhasil menjual produk dari merchant kepada pembeli. Biasanya para afiliasi marketing membuat sebuah halaman penawaran (landing page) untuk memudahkan pembeli melihat dan transaksi produk yang ditawarkannya.

Cara mengikuti program afiliasi

Apabila sobat berminat mengikuti program afiliasi maka syaratnya harus memiliki sebuah blog disarankan yang sudah bereputasi dan memiliki visitor yang banyak setiap harinya karena blog yang ramai pengunjung akan mendapat penilaian yang bagus dari merchant.

Lalu blog seperti apa yang cocok untuk afiliasi marketing ?

Blog untuk mengikuti program afiliasi sedikit berbeda dengan blog untuk mengikuti program PPC karena sangat diutamakan topik (niche) blognya yang berhubungan dengan produk dari merchant yang dipilih. Misalkan sobat memilih penjualan “bumbu masak” maka topik blog harus berkaitan dengan bumbu masak atau kuliner.

Untuk dapat bergabung dengan merchant silahkan sobat melamar ke merchant yang dipilih dengan mengisi formulir registrasi dari mereka. Biasanya merchant menyediakan menu navigasi bertuliskan “Afiliasi “ pada website mereka silahkan klik saja dan lihat bagaimana cara pendaftarannya dan apa saja persyaratannya.

Menurut penulis penghasilan dari afiliasi ini lebih cepat dibanding dengan penghasilan dari PPC karena komisinya juga lebih besar dalam sekali konversi. Sebagai contoh penulis menjual produk dari amazon.com dan diberi komisi $15 per produk, dalam seminggu bisa terjual 5 produk jadi total pendapatan $15×5=$75 (seminggu) lumayan kan buat nambah paket hosting.

Untuk PPC apabila ingin mendapatkan $75 sepertinya butuh waktu yang panjang, apalagi yang masih pemula dan hanya memiliki 1 blog saja yang di pasang iklan pastinya komisi sedikit lambat kecuali untuk beberapa level senior sekelas panduanim, maxmanroe, juragancipir atau mas sugeng mungkin pendapatan PPC mereka sangat mungkin dapat $75 dalam seminggu.

Komisi yang diberikan oleh merchant akan ditransfer ke rekening pribadi yang didaftarkan atau paypal juga bisa dengan limit yang bervariasi sesuai dengan peraturan masing-masing merchant. Semakin banyak transaksi maka akan semakin besar komisi yang didapat.

Penulis sangat menyarankan sobat yang bisa berbahasa asing khususnya bahasa inggris untuk mengikuti program afiliasi ini karena penguasaan bahasa asing sangat berpotensi untuk mampu menembus pasar internasional dan tentunya akan berdampak kepada penghasilan karena merchant berkelas internasional banyak yang menawarkan komisi yang cukup besar.

3). Jasa job review

Sederhananya pengertian job review adalah kegiatan mempromosikan sebuah brand produk atau badan usaha yang tentunya menggunakan blog sebagai media promosinya dengan harapan brand tersebut bisa lebih terkenal. Kita akan mendapatkan fee yang lumayan tinggi tergantung kepada daya tawar blog kita setelah me-review atau ulasan tersebut kita publish.

Saat ini jasa job review termasuk profesi yang tidak kalah menjanjikan karena banyak produsen dari berbagai macam produk mengandalkan jasa ini sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka karena dinggap efektif dan menguntungkan. Biasanya mereka melakukan lelang pekerjaan setiap ada produk baru.

Cara menjalankan usaha jasa job review.

Sepertinya untuk memulai jasa job review ini sobat memerlukan loyalitas dengan para pengusaha online maupun offline. Tetapi sebelum sobat menawarkan jasa review harap perhatikan visibilitas blog kalian apakah sudah banyak pengunjungnya dan apakah sudah bagus reputasinya di mesin pencari.

Apabila sobat sudah memiliki blog dengan reputasi bagus maka saatnya melakukan penawaran kepada para produsen produk, barang atau jasa lainnya untuk kita review. Ingat jangan membuat ulasan yang abal-abal karena ini akan sangat menentukan penghasilan dalam usaha jasa ini.

Perlu sedikit keahlian negosiasi untuk sukses mendapatkan pekerjaan ini. Buatlah daftar pengusaha yang aktif di dunia online dan prioritaskan mereka yang memiliki usaha dalam skala besar serta jalin kerjasama yang harmonis dengan mereka agar nantinya kita dikenali dan mendapat pekerjaan kembali tanpa harus negosiasi.

Carilah mitra yang dapat dipercaya dan konsisten dalam melakukan pembayaran karena ini sangat penting untuk keberlangsungan profesi kita kedepannya. Saran dari penulis buatlah list email pengusaha aktif dan kirim penawaran ke email mereka supaya produknya bisa kita review.

Selain mengirimkan penawaran melalui email kepada para pengusaha, kirimkan juga penawaran ke toko mereka langsung dan yakinkan mereka dengan kualitas blog kita. Ingat jangan melakukan penawaran kalau visibilitas blog masih belum bagus karena pastinya kurang menguntungkan buat mereka.

Yang paling penting ketika kita melakukan penawan adalah seberapa banyak pengunjung blog kita setiap harinya dan seberapa bagus penampilan blog kita. Jika dua hal tersebut sudah terpenuhi maka para pengguna jasa job review pun tidak akan kemana dan pasti akan mencari kita bahkan mereka yang memberikan penawaran kepada kita agar produknya di-review.

Kesimpulan :

Dari semua profesi yang penulis bahas di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa sebelum kita berusaha mendapatkan penghasilan dari blog maka terlebih dahulu kita harus meningkatkan visibilitas blog baik di mata pengunjung atau di mesin pencari sehingga blog memiliki reputasi yang bagus.

Jalin kepercayaan dan hubungan yang harmonis dengan semua pengguna internet tanpa kecuali dan jangan pernah memusuhi mereka karena semua pengguna internet itu adalah asset yang sangat berharga bagi seorang pelaku bisnis internet marketing tidak terkecuali kita sebagai pemilik blog.

Khusus untuk blog yang ingin didaftarkan ke AdSense harap memperhatikan baik-baik kualitas konten dan jangan menggabungkan konten job review atau konten untuk blog afiliasi karena tidak akan disetujui oleh pihak AdSense.

Sampai disini dulu ulasan membuat blog level bisnis untuk pemula ini semoga bisa menambah wawasan sobat dalam menekuni seni blogging. Pesan penulis lakukanlah segala sesuatu dengan CINTA agar hasilnya bagus dan tidak buntu dalam mengembangkan ide ketika membuat konten.

Semoga bermanfaat
Salam sukses

2 Comments

2 Comments

  1. Irwin Andriyanto

    Maret 12, 2017 at 7:58 am

    ulasan detail banget,,, intinya memang kita harus tingkatkan visibilitas yang sejajar dengan kredibilitas blog agar pundi-pundi rezeki mengalir dengan mudah

    • Usman West Java

      Maret 12, 2017 at 12:02 pm

      fokus..fokus..dan fokus..itu faktor penentunya mas, rencanakan dengan baik mau dibawa kemana website kita. Ke afiliasi kah ? Ke job review atau ke adsense? kalau adsense harus blog yg steril dari konten yg melanggar kebijakannya..

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
%d blogger menyukai ini: