ADSENSE

TIPS SUKSES MENDAFTAR ADSENSE UNTUK BLOG SEUMUR JAGUNG

Tips Sukses Mendaftar Adsense Untuk Blog Seumur Jagung – Menjadi publisher AdSense merupakan salah satu impian dari sebagian besar webmaster yang ingin memulai karirnya di dunia internet marketing. Hal ini bisa dibuktikan dengan kian maraknya para pendatang baru yang memperbincangkan bagaima cara yang valid untuk bisa diterima menjadi publisher Adsense.

Salah satu yang paling menonjol dalam setiap pembahasan para praktisi AdSense yaitu soal kualitas dan kuantitas artikel. Sebagian besar pendapat para praktisi AdSense menyebutkan bahwa supaya bisa diterima AdSense minimal blog harus memiliki jumlah artikel di atas 61 bahkan ada yang menyebutkan 100 artikel.

Selain soal artikel ternyata umur blog juga banyak disorot. Banyak pendapat yang menyebutkan untuk bisa sukses mendaftar AdSense dengan hasil sesuai harapan itu blog harus berumur minimal 6 bulan. Hal ini diperkuat dengan pernyataan dari pihak AdSense yang penulis temukan di forum AdSense terkait hal tersebut tetapi tidak disebutkan secara pasti untuk di Negara Indonesia.

Melihat fakta yang terjadi di Indonesia ternyata blog yang baru seumur jagung itu bisa diterima AdSense. Menurut penulis hal ini adalah jawaban sekaligus merubah persepsi bahwa umur blog yang baru seumur jagung pun bisa diandalkan untuk mendapatkan Iklan dari AdSense.

Seperti di awal tahun 2017 ini penulis dikejutkan dengan beberapa hal terkait mengenai penerimaan AdSense yaitu ada beberapa blog yang masih seumur jagung dan konten dibawah 61 ternyata bisa juga diterima AdSense. Dari hal tersebut penulis berasumsi ternyata dibalik kesulitan bagaimana caranya agar diterima google AdSense itu ada kemudahannya juga.

BACA : PENGALAMAN DITOLAK GOOGLE ADSENSE

Jika selama ini sobat membayangkan harus membuat artikel minimal 61 baru bisa daftar AdSense maka menurut pandangan penulis itu adalah cara yang kurang efektif karena terbukti dengan 45 Artikel saja ternyata bisa diterima AdSense dan umur blog baru 3 minggu. Mungkin penulis kurang update karena baru sekaranglah menemukan fenomena langka ini.

Disisi lain ada blog yang sudah hampir berumur satu tahun dengan jumlah konten diatas 100 dan visitornya banyak masih saja bolak-balik daftar Adsense karena pendaftarannya selalu berujung penolakan sehingga tidak sempat sampai ke review tahap selanjutnya.

Hal tersebut tak ayal membuat sebagian pendaftar dilema bahkan ada yang kebakaran jenggot dengan adanya blog seumur jagung bisa diterima AdSense sementara website miliknya yang sudah berkarat masih saja ditendang ke luar arena oleh AdSense.

Mungkin dari cerita di atas bisa kita ambil garis tengahnya untuk mencari solusi yang tepat menjelang daftar Adsense agar hasilnya bisa berjalan sesuai harapan. Sebenarnya sulit atau tidak itu tergantung kepada pemahan kita terhadap prosedur AdSense itu sendiri.

Menurut penulis alangkah baiknya kita memahami bagaimana agar diterima AdSense dengan mendaftar secara prosedural dan menggunakan cara yang valid. Menurut pandangan penulis sukses mendaftar AdSense dengan langkah yang sederhana adalah hal yang luar biasa karena sangat jarang sekali terjadi.

Berikut ini perbandingan prediksi beberapa praktisi AdSense dan Fakta dari hasil riset penulis mengenai perbandingan prosedur alur pendaftaran AdSense :

Sukses mendaftar AdSense

Prediksi dan Fakta alur pendaftaran AdSense hingga diterima

Terlihat pada gambar bahwa terdapat perbedaan yang begitu signifikan antara prediksi dan fakta. Prediksi tersebut banyak diperbincangkan oleh beberapa praktisi AdSense dimana sepintas terlihat sangat rumit untuk bisa mendapatkan approval dari AdSense. Ya, memang tidak mudah untuk menjadi publisher AdSense tetapi faktanya tidak serumit seperti yang di prediksikan.

Penulis sendiri sebelumnya senada dengan pendapat para praktisi tersebut tetapi sekarang penulis memiliki pandangan tersendiri setelah melihat fakta di lapangan yang sangat jauh berbeda dan mampu melahirkan teori baru terutama soal umur blog ketika sukses mendaftar AdSense (diterima).



Fakta kali ini membuktikan bahwa hanya dengan blog umur 3 minggu ternyata bisa mendapatkan persetujuan dari AdSense tentunya hal ini dapat memecahkan persoalanan tentang umur blog ketika mendaftar AdSense dan tidak menutup kemungkinan ada regulasi baru dalam internal AdSense itu sendiri.

Merujuk kepada fakta terbaru maka untuk dapat di-approve itu harus melewati beberapa tahapan diantaranya tahap visualisasi seperti membuat nama blog yang mudah dihapal dan template yang harus SEO friendly dan responsive. Selanjutnya tahap pembuatan konten berkualitas yang dapat memberikan manfaat banyak bagi pembaca.

Untuk melengkapi ulasan ini, berikut penulis paparkan langkah sederhana tapi penting supaya sukses mendaftar AdSense (diterima) :

  1. Optimasi Blog

    Langkah awal sebelum mendaftar AdSense adalah optimasi blog dengan sebaik-baiknya. Optimasi blog menjadi poin yang sangat penting karena bisa menjadi salah satu faktor penentu sukses mendaftar AdSense. Sebelum melangkah ke stage selanjutnya ada baiknya sobat benar-benar memahami bagian ini secara mendalam.

    Optimasi blog terdiri dari beberapa hal berikut ini :

    Regulasi

    Pembuatan regulasi sangat penting dalam sebuah management termasuk blog sebagai media informasi dengan tujuan melindungi pemilik dan pengguna blog diantaranya pembuatan privacy policy, disclaimer dan TOS sebagai wujud keseriusan pengelola blog. Untuk mengatasi hal ini bisa menggunakan tools dari privacypolicyonline.com silahkan sobat terjemahkan sendiri kalau ingin menjadi bahasa Indonesia.

    Form kontak

    Buatlah form kontak dan profil blog sobat untuk memudahkan pengguna mengenal sobat seutuhnya sehingga dapat menjalin kedekatan dengan kedua belah pihak. Jelaskan secara terperinci apa tujuan dibuat blog tersebut dan berikan gambaran singkat tentang identitas penulis blog dan kalau perlu sertakan nomor telepon supaya pengguna percaya kalau pemilik blog itu jujur dan tidak terkesan fiktif.

    Template

    Pasang template yang responsive sehingga tidak lelet saat di akses oleh pengguna dan selain itu juga bisa compatible disemua device khususnya android. Saran penulis kalau sobat masih pemula gunakan saja template premium supaya bersih dan aman dari peretas karena template gratis terkadang ada banyak script yang mencurigakan .

    Navigasi

    Aturlah tombol navigasi dengan baik dan jelas jangan sampai ada yang broken link atau navigasi yang membingungkan pengguna. Pasanglah widget popular post, arsip blog dan pastikan ada kotak telusur untuk memudahkan pengguna mencari topik yang ada di blog sobat. Hindari penggunaan widget yang kurang penting karena semakin banyak widget maka blog akan menjadi lelet.

    Pengontrol blog

    Menggunakan pengontrol blog sepertinya menjadi hal yang wajib karena terbukti pada saat penulis daftar AdSense dengan plugin ternyata ada verifikasi dengan google webmaster tools. Pengontrol blog berfungsi untuk melihat statistik pengunjung, perayapan error, submit sitemap dan submit url artikel sehingga lebih cepat terindex di mesin pencari dan masih banyak lagi fungsi lainnya.

    Ada dua tools yang dianjurkan oleh AdSense untuk mengatasi hal ini yaitu dengan google webmaster tools dan google analytics silahkan buat akun disana. Untuk indexing di yahoo dan bing silahkan registrasi di bing webmaster tools. Perlu sobat ketahui kalau semua tools ini gratis dan dapat digunakan seumur hidup.

  2. Konten

    Konten merupakan bagian terpenting dari sebuah blog karena menentukan masadepan blog itu sendiri. Bagi sobat yang sedang mempersiapkan blognya untuk mendaftar AdSense maka sebaiknya prioritaskan konten pilar yang setidaknya memiliki 1000 kata dan usahakan konten tersebut benar-benar informatif sehingga bermanfaat buat pengguna.

    BACA : KUPAS TUNTAS CARA TERBARU MEMBUAT KONTEN BERKUALITAS [UPDATE 2017]

    Pastikan blog sobat memiliki 45 konten yang tidak melanggar kebijakan AdSense karena itu akan lebih baik agar sukses mendaftar AdSense walaupun sebenarnya dibawah 45 juga ada yang di approve. Saran penulis silahkan sobat bolak-balik baca dan fahami seutuhnya tentang kebijakan konten AdSense, baru setelah itu silahkan mendaftar kalau konten sekiranya sudah memadai.

    BACA : ANALISA GAGAL DAFTAR ADSENSE KARENA KONTEN TIDAK MEMADAI

    Semua keputusan ada di tangan sobat apakah ingin buang-buang waktu dengan membuat konten yang tidak berkualitas atau menghemat waktu dengan membuat konten yang bermanfaat, karena penulis yakin kalau konten sobat tidak bermanfaat maka sampai lebaran kuda pun tidak akan pernah menghasilkan.

  3. Visitor

    Blog yang ramai dengan visitor akan mencuri perhatian pihak AdSense karena menurut penilaian mereka bahwa bermanfaat atau tidaknya konten dapat dilihat dari seberapa banyaknya visitor yang merespon positif. Tidak ada patokan secara pasti mengenai berapa jumlah visitor untuk dapat diterima AdSense dan penulis rasa lebih baik mendaftarkan blog ketika sudah ramai oleh lalu lintas visitor karena itu akan menjadi nilai tambah dari tim google.

    Visitor juga merupakan asset yang paling berharga untuk keberlangsungan blog di SERP (Search Engine Result Pages). Oleh karena itu jangan mengabaikan visitor walaupun tidak menjadi syarat mutlak untuk bisa diterima AdSense. Usahakan visitor sudah stabil pada waktu mendaftar AdSense agar hasilnya sesuai harapan.

  4. Email

    Gunakan email yang tidak terkait dengan blog sobat untuk mendaftar AdSense. Hal ini dilakukan agar nantinya pesan masuk dari AdSense mudah ditemukan dan tidak tumpang tindih dengan pesan lainnya, terutama dari komentar visitor. Integrasikan email yang digunakan untuk mendaftar AdSense dengan akun pengontrol blog untuk dapat melakukan synkronisasi antara keduanya.

Nah, itulah 4 langkah sederhana supaya sukes mendaftar AdSense. Penulis berharap semoga ulasan ini dapat menambah wawasan sobat dalam mengolah blog serta mampu mempersiapkannya dengan baik dan sempurna sebelum mendaftar AdSense. Jangan terburu-buru supaya hasilnya sesuai harapan dan bisa terkoreksi dengan baik.

Kesimpulan, blog dengan konten yang berkualitas dan trafik yang tinggi akan memiliki peluang yang lebih besar untuk bisa diterima AdSense. Jadi, walaupun visitor tidak menjadi faktor penentu diterima AdSense tetapi harus kita prioritaskan kenyamanan mereka ketika surfing ke blog kita agar mereka betah dan mau kembali lagi. Dari sekian banyak jumlah pendaftar yang gagal penyebabnya adalah konten yang tidak berkualitas dan blog yang terkesan belum selesai (menurut pihak AdSense), jadi pikirkan bagaimana caranya supaya tidak terjadi hal ini.

11 Comments

11 Comments

  1. Bos Informasi

    Februari 6, 2017 at 8:12 am

    Sesuatu hal memang terkadang terjadi diluar prediksi kita sebagai manusia, terlebih lagi hanya sekedar sebagai blogger. Entah berapa jumlah artikel dan jumlah visitor yang blogger terima agar mendapatkan persetujuan melamar google adsense itu bukan pokok permasalahan utamanya. Yang perlu blogger tahu adalah jika memang lamaran google adsense sudah diterima apa yang harus dilakukan. Bayangkan jika dalam umur yang masih seumuran jagung belum punya visitor tapi sudah diapprove adsense. Siapa yang akan mendatangkan penghasilannya? Siapa yang mau dengan suka rela mengklik iklan tersebut. Boleh saja bangga dengan cepatnya diterima adsense tapi kalau ternyata visitor masih sangat minim, apalagi kalau yang datang adalah visitor bayaran alias meminta-minta. Mending, menyelesaikan konten berkualitas sembari menunggu kematangan blog. Pasti kalau apa yang kita tanam bakal kita tuai. Jangan sampai cepat diterima –> tidak ada pengunjung –> tidak ada yang klik –> klik sendiri/minta di klik orang–> Banned. Pilih mana? Monggo difikirkan…

  2. Muhammad Syukron

    Februari 8, 2017 at 1:13 am

    Sedikit tambahan mas supaya mempermudah yang lainnya agar cepat di terima oleh pihak adsense. Saya sering modar mandir ke forum diskusi adsense di G+, saya sering juga bertanya, dan saya dapat jawaban yang terbilang penting tapi sering kita abaikan. Jawaban nya adalah penempatan gambar yang salah, yaitu tepat di bawah judul, salah satu member forum itu bilang ada baiknya kalau gambar di letakan pada paragraf ke dua atau ke tiga di artikel agar tidak terjadi penolakan dengan alasan konten tidak memadai. Terus yang lainnya bilang, penggunaan Heading pada artikel itu sangat berpengaruh. Mungkin itu aja mas, tapi setidaknya itu cukup membantu buat yang sering di tolak dengan alasan konten tidak memadai, hal sepele kaya gitu aja bisa jadi pengaruh yang ga kepikiran sama kita

    • Usman West Java

      Februari 8, 2017 at 5:15 am

      Terimakasih mas syukron atas masukannya.

      untuk penggunaan gambar saya selalu merujuk ke website berita dimana dia menempatkan gambarnya dibawaah Judul dan webite- website tersebut berhasil disetujui GA.

      Penggunaan heading pada website harus tepat karena sangat mempengaruhi performa website di mesin pencari,

  3. ihsanarena.com

    Februari 8, 2017 at 2:27 am

    sepertinya tidak harus 45 artikel pun bisa guys, selama punya 10 – 15 artikel yang berisi 1000 kata insya alloh gampang

    • Usman West Java

      Februari 8, 2017 at 4:58 am

      lebih sedikit lebih bagus mas, hanya saja fakta dilapangan yang baru saya temui itu sampai 45 artikel. kalau artikelnya sedikit terus ditolak karena konten tidak memadai mungkin kita bisa dengan mudah mengedit dan mencari kesalahan penulisan artikel.

  4. saepul rizwan

    Februari 8, 2017 at 2:45 am

    buat saya yang penting saya happy.walaupun dengan visitor yang nambah satu hehehe….

    kunbalnya mastah saepulrizwan.blogspot.com

  5. Irwin Andriyanto

    Februari 9, 2017 at 3:09 pm

    bener bener analisa yang luar biasa,,,,, ini baru master

  6. waralaba ekspedisi

    Februari 14, 2017 at 5:00 am

    wahhh thanks banget buat infonya thor, jadi bisa membenahi lagi biar bisa mendaftar adsense

  7. Pingback: WALAU 1001 KALI DAFTAR ADSENSE PASTI GAGAL JIKA DENGAN CARA INI | Blog Mas Usman

  8. Semuadolar

    Juli 11, 2017 at 7:51 am

    Saya menggunakan template default blogger yang namanya Simple. Langsung diterima gan, asalkan artikel lebih dari 400 kata, tulisan rapi, pewarnaan yang enak dilihat, dan tidak kebanyakan widget, saya hanya menyediakan menu, popular post dan label. Tanpa readmore dan pastinya tulisan harus bebas kopi paste. Visitor saya cuma 80 orang per hari dari google dan yahoo. Yuk main ke blog saya di semuadolar.

Tinggalkan Balasan

To Top