ADSENSE

BATASAN MAKSIMAL TRAFFIC TIDAK VALID, JIKA LEBIH BISA DIBANNED

invalid traffic.jpg
CREATIVE BY : KURKOM

Kursuskomputergratis.com – Dalam seni monetisasi blog dengan Google AdSense ada banyak hal yang perlu dipelajari oleh publisher untuk bisa menjaga eksistensinya sehingga dapat berpenghasilan dalam jangka panjang, salah satunya yaitu menghindari traffic tidak valid yang dapat berdampak buruk jika melebihi batasan parameter Google.

Traffic tidak valid adalah klik atau tayangan yang dengan sengaja dimanipulasi oleh penayang atau klik tidak disengaja dari pengguna saat mereka surfing di halaman situs web karena letak iklan yang kurang strategis sehingga mendorong klik iklan yang tidak disengaja dan tentunya ini sangat buruk menurut penilaian Google AdSense karena hal tersebut bisa meningkatkan biaya pengiklan atau penghasilan penayang dengan cara yang tidak wajar.

Jika dilihat dampaknya, traffic tidak valid bisa menyebabkan suspend hingga maksimal banned akun permanent oleh Google. Saldo pendapatan akan dikembalikan kepada pengiklan sesuai dengan jumlah nilai traffic tidak valid yang telah dinyatakan oleh Google. Selama penulis memperhatikan reaksi Google terhadap masalah ini ternyata sangat cepat, ada yang langsung ditindak saat itu dan ada juga yang dipotong di akhir bulan.

Seperti Apa Kualifikasi Traffic Tidak Valid Yang Bisa Menyebabkan Banned Akun ?

Hal ini merupakan salah satu pelanggaran terberat/fatal di mata Google walaupun terkadang publisher tidak melakukannya dengan sengaja, contohnya terkena bom klik sehingga tiba-tiba akun disuspend atau dibanned.

Traffic tidak valid.jpg

Gambar 1. Traffic Tidak Valid

Penulis sempat menanyakan langsung mengenai hal ini kepada Hayley Tran (SEA Support Specialist, Online Partnership Group, Google) sewaktu bertemu di event Google, menurut beliau bahwa nilai traffic tidak valid yang fatal adalah 10-15 persen dari pendapatan saat itu.

Hayley menyoroti jumlah traffic tidak valid dalam laporan bulanan yang sering kita temukan setiap akhir bulan ketika terjadi migrasi antara tafsiran penghasilan ke penghasilan real atau dari estimated earning ke balance, jika melebihi 10 persen maka sebaiknya pantau kembali aktivitas akun selama satu bulan tersebut dan lihat situs mana yang CTRnya tinggi.

Menurut penulis, traffic tidak valid yang disebabkan oleh bom klik itu masih bisa dimaafkan oleh Google untuk kondisi tertentu, misalkan disaat trafik situs sedang tinggi paling hanya dilakukan pengurangan saldo pendapatan. Jadi jika tiba-tiba mendapati saldo turun mendadak maka tidak salah lagi akun terkena imbas dari traffic tidak valid.

Baca : Begini Cara Mencegah Agar Adsense Tidak Terkena Bom Klik

Selain dari bom klik, traffic tidak valid juga bisa disebabkan oleh publisher itu sendiri, biasanya disaat ia sedang mengedit situsnya secara tidak disengaja iklan terklik. Sebaiknya segera lapor ke Google apabila mendapati aktivitas yang berdampak fatal terhadap akun.

Kiat-Kiat Menghindari Traffic Tidak Valid

Ada beberapa keadaan yang berpotensi menyebabkan tingginya jumlah traffic tidak valid ini, terutama dalam implementasi iklan di halaman situs yang tidak tepat atau bahkan melanggar kebijkan penempatan iklan yang telah ditetapkan Google.

Salah satu yang paling menonjol adalah memasang iklan melayang di atas konten. Metode ini paling banyak digunakan karena memang bisa meningkatkan klik iklan, namun di mata Google metode tersebut dinilai sebagai pelanggaran karena mendorong klik iklan yang tidak disengaja sehingga bisa meningkatkan nilai traffic tidak valid yang tidak wajar.

Jadi sebaiknya hindari implementasi iklan melayang di atas konten, selain itu hindari penempatan iklan yang terlalu berdekatan dengan tombol navigasi dan metode penempatan iklan lainnya yang tidak diperbolehkan oleh Google sebagaimana yang tercantum dalam kebijakannya.

Baca : Cara Mengetahui Konten Yang Melanggar Kebijakan Google Adsense

Jangan terlalu banyak share di medsos, biarkan artikel ditemukan dengan sendirinya oleh pengguna melalui pencarian mereka di mesin telusur karena dengan seperti itu maka visibility situs bisa semakin lebih baik. Perlu diketahui bahwa jika terlalu banyak share di medsos maka bisa memicu hal yang tidak diinginkan dan tentunya berdampak buruk terhadap situs.

Kesimpulan

Jika nilai Traffic tidak valid melebihi 10 persen dari penghasilan maka akun bisa dibanned sehingga publisher harus benar-benar bisa mengolah iklan dengan sebaik-baiknya.

Bom klik bisa menyebabkan banned apabila trafiknya rendah, namun dalam keadaan trafik tinggi maka bom klik bisa ternetralisir.

Kurangi show up blog di medsos (share) apabila trafik blog masih rendah karena kalau terkena bom klik bisa berdampak kepada tingginya angka traffic tidak valid.

Klik iklan Google harus benar-benar murni dari minat pengguna dan tidak boleh dipaksa atau dimanipulasi sehingga menimbulkan perhitungan jumlah angka yang tidak wajar menurut Google.

Jangan terlalu banyak memasang iklan dalam artikel, pasanglah iklan sewajarnya saja sehingga tidak berpotensi menyebabkan traffic tidak valid akibat klik iklan yang tidak disengaja.

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google



2 Comments

2 Comments

  1. aufa aufamuzaffar

    Juni 21, 2018 at 4:34 am

    om.mau tanya dong,ana kan orangnya suka ganti ganti tmplate,sekalian nyari mana yang benar pas buwat niche blog,hehe,setiap template kok bawa trafic yang berbeda-beda ya,setelah di amati ini trafic sepertinya kurang natural dengan tempalte tertentu,soalnya sangat berbeda dengan keterangan dari google analystis,yang jadi pertanyaan kira kira ini aman gak ya om untuk GA ana? memang sih sudah berjalan-berbulan-bulan,Terima kasih banyak sebelumnya

  2. Usman West Java

    Juni 21, 2018 at 3:19 pm

    sejauh ini customisasi template tidak dinilai pelanggaran oleh google selagi menggunakan cara yang valid, namun kalau menurut pandangan saya alangkah baiknya dihindari jangan terlalu sering ganti template karena pasca custom template itu akan berdampak kepada penurunan traffik sehingga otomatis pendapatan adsense bisa berkurang dan efeknya ke peramban adsense akan kembali mengulangi ke awal untuk dapat mengenal seluruh inventori situs.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top