TUTORIAL

DETAIL TUTORIAL MEMBUAT BLOG SESUAI KRITERIA ADSENSE [VERSI GRATISAN]

tutorial membuat blog

Detail Tutorial Membuat Blog Sesuai Kriteria Adsense – Blog merupakan wadah untuk menyalurkan bakat menulis. Selain itu bisa juga digunakan untuk mendapatkan uang dari internet yaitu dengan cara dimonetisasi apabila sudah memenuhi syarat tertentu. Salah satu cara untuk memonetisasi blog bisa dengan mendaftarkannya ke Google AdSense.

Walaupun sudah banyak tutorial membuat blog, namun penulis akan mencoba memaparkan tutorial ini dengan format yang mudah dimengerti oleh seorang pemula, jadi dibuat sedetail mungkin supaya bisa dicerna dengan baik.

Tutorial membuat blog yang penulis suguhkan ke hadapan sobat ini bisa dikatakan standarisasi untuk blog yang akan didaftarkan ke Google AdSense dan sudah terbukti banyak yang berhasil. Alasan penulis menyusun tutorial ini adalah untuk meminimalisir penolakan dari AdSense karena masalah properti blog.

BACA : PENYEBAB BLOG BELUM RAMPUNG [DITOLAK ADSENSE]

Karena tutorial membuat blog ini sangat panjang, jadi penulis akan membelahnya menjadi beberapa bagian supaya sobat tidak bingung nantinya. Mungkin artikel ini adalah proyek pembuatan artikel terpanjang kalau dibanding dengan artikel lainnya yang ada di blog ini.

Buat sobat yang serius mempelajari tutorial ini diharapkan bisa mengikutinya sampai bagian terakhir dan jangan beralih ke blog lain supaya konsentrasinya tidak pecah. Penulis membutuhkan waktu sekitar 1 minggu dari sekarang untuk membuat tutorial ini hingga selesai, jadi silahkan di bookmark saja per bagiannya.

urutan tutorial membuat blog kriteria adsense

Biasakan tertib dalam melakukan sesuatu, seperti mempelajari tutorial ini maka mulailah dari langkah pertama. Berikut adalah urutanya :

1. Memilih nama blog
2. Mendaftarkan nama blog
3. Memunculkan menu penghasilan
4. Memasang template
5. Pengaturan navigasi blog (kriteria Google AdSense)
6. Membuat informasi kontak dan profile
7. Membuat kebijakan program
8. Mendaftar ke webmaster tools
9. Mendaftar ke Google Analytics
10.Membuat daftar isi blog

Kurang lebih gambarannya seperti itu, jadi ada 10 langkah untuk bisa membuat blog yang sesuai kriteria Google AdSense. Penulis akan membuat langkah pertama, kedua dan ketiga pada artikel ini, untuk bagian yang lain bisa sobat temukan di artikel selanjutnya.

Menentukan nama blog

Untuk menentukan nama blog silahkan sobat pilih yang paling SEO Friendly karena bisa sedikit membantu memberikan kontribusi terhadap visibility blog di mesin telusur. Usahakan nama blog memiliki kandungan kata kunci dengan volume pencarian terbanyak.

Penulis memberikan sebuah contoh misalkan nama blognya direncanakan : “tutorialterdepan” maka nantinya akan menjadi tutorialterdepan.blogspot.com karena menggunakan domain gratisan dari Google dengan kata kunci yang diandalkannya adalah “tutorial”. Perhatikan langkahnya :

Tutorial membuat blog

Cara melihat volume pencarian untuk sebuah kata kunci

Terlihat pada gambar yang ditandai dengan no.1 jumlah pencarian kata kunci “tutorial” yang mencapai 1 milyar lebih. Artinya jika blog mengandung kata kunci tersebut maka akan memiliki potensi pencarian yang tinggi sehingga tidak kesulitan dalam hal mendatangkan pengunjung.

Mendaftarkan nama blog

Silahkan daftarkan nama blog yang sudah ditentukan di www.blogger.com, perhatikan langkah berikut ini :

tutorial membuat blog

langkah awal mendaftarkan nama blog

Tekan tombol BUAT BLOG yang ditandai dengan nomor 1.

tutorial membuat blog

memilih g+ sebagai author blog

Pilih Buat profil Google+ yang ditandai dengan nomor 2, lalu sobat akan diarahkan ke halaman G+ untuk membuat profilenya maka silahkan buat profile G+ sesuai keinginan. Profile G+ nantinya akan menjadi nama author blog, setelah selesai lanjutkan ke langkah nomor 3.

Tutorial membuat blog

Tampilan setelah pengaturan G+

Tidak ada pengaturan di halaman ini, silahkan lanjutkan dengan menekan tombol Lanjutkan ke Blogger yang ditandai dengan nomor 4.

Tutorial membuat blog

Navigasi menuju tahap akhir

Pada halaman ini sobat hanya perlu menekan tombol BUAT BLOG BARU yang ditandai dengan nomor 5.

tutorial membuat blog

Pengaturan judul dan alamat blog

Ada dua pengaturan penting pada halaman ini yaitu membuat judul blog ditandai dengan nomor 6 dan memasang nama blog pada kolom Alamat yang ditandai dengan nomor 7, setelah selesai lanjutkan dengan menekan tombol Buat blog yang ditandai dengan nomor 8.

tutorial membuat blog

Tampilan setelah nama blog selesai dibuat

Jika tidak ada masalah maka tampilan di halaman akhirnya akan seperti gambar di atas.

Memunculkan menu penghasilan (earning)

Hingga saat ini menu penghasilan pada dasbor blog tidak langsung muncul secara otomatis. Untuk bisa memunculkan menu tersebut maka dengan cara seting manual. Perhatikan langkahnya :

tutorial membuat blog

cara memunculkan earning

Lakukan langkah nomor 9 – 12 secara berurutan, silahkan pilih menu Setelan Bahasa dan pemformatan>Inggris (Amerika Serikat-English (United States)>Simpan setelan lalu refresh halaman atau log out setelah itu lihat lagi hasilnya di dasbor.

Tutorial membuat blog

Tampilan akhir pengaturan menu earning

Terlihat pada gambar di atas adanya penampakan menu penghasilan yang ditandai dengan nomor 13. Sampai dengan langkah ini sobat telah berhasil membuat sebuah blog, namun belum bisa digunakan karena masih memerlukan beberapa pengaturan lagi.

Tutorial membuat blog selengkapnya silahkan lihat secara berurutan : [Bag 1],[Bag 2],[Bag 3],[Bag 4],[Bag 5],[Bag 6],[Bag 7]

Kesimpulan

Alamat dan judul blog yang selaras dengan konten akan lebih memudahkan proses indexing karena termasuk bagian paling awal yang dirayapi mesin telusur.

Menu penghasilan hanya dapat digunakan setelah memiliki akun Google AdSense dan bisa juga digunakan sebagai navigasi daftar Google AdSense.

Jangan daftar Google AdSense sebelum blog memenuhi kriteria yang di inginkan Goole AdSense

BACA : BGAIMANA MEMULAI CARI UANG DI INTERNET DENGAN BERIKLAN GOOGLE ADSENSE ?

Blog gratisan yang disediakan Google ini sangat cocok untuk sobat yang masih pemula karena fiturnya sangat familiar.

Sobat tidak perlu memikirkan biaya domain dan hosting karena semuanya itu suah diatur oleh Goolge.

Semoga bermanfaat
salam sukses

7 Comments

7 Comments

  1. Pingback: CARA MEMBUAT FORMULIR KONTAK DAN PROFILE UNTUK BLOG PUBLISHER ADSENSE | Blog Mas Usman

  2. Pingback: CARA MEMASANG TEMPLATE BLOG SESUAI KRITERIA ADSENSE [EVOMAGZ] | Blog Mas Usman

  3. M Syarief Hidayatulloh

    April 23, 2017 at 11:22 pm

    Oh. Ternyata banyak kesalahanku dulu waktu buat blog.

    Eh. Admin untuk domain tld sebenarnya ngaruh nggak si bua daftar adsense.
    Makasih

  4. Usman West Java

    April 24, 2017 at 12:26 am

    Masalah domain tidak berpengaruh selagi masih yang dibolehkan AdSense. nomor wahid itu konten kemudian struktur blog.

  5. Pingback: CARA MEMBUAT KEBIJAKAN PROGRAM UNTUK BLOG PUBLISHER ADSENSE [PRIVACY POLICY, TOS DAN DISCLAIMER] | Blog Mas Usman

  6. Pingback: Cara Termudah Menggunakan Google Analytics~Kursus Komputer Gratis

  7. Pingback: Inilah Yang Harus Disiapkan Jika Ingin Serius Ngeblog

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 34 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top