ADSENSE

APAKAH ADSENSE YOUTUBE BISA DIKAITKAN DENGAN BLOG DAN ADMOB ?

Apakah Adsense Youtube Bisa Dikaitkan Dengan AdSense Blog Dan Admob ? – Demi menjawab rasa penasaran sobat yang masih awam soal jenis akun AdSense dan bagaimana cara mengintegrasikannya dengan produk google yang dihosting di luar Youtube, penulis mencoba melakukan riset untuk mendapatkan kepastian dari pertanyaan yang akan menjadi fokus bahasan kali ini.

Penulis memahami bahwa permasalahan ini dilatarbelakangi sulitnya mendapatkan akun AdSense untuk blog atau ingin mem-boost earning Adsense Youtube sehingga target untuk bisa pay out setiap bulan bisa tercapai atau alasan lainnya.

Memang sangat sulit sekali rasanya apabila hanya mengandalkan dari satu sumber saja untuk bisa mendorong earning dengan cepat terkecuali sudah memiliki trafik jutaan. Hal ini juga diakui oleh para praktisi AdSense level atas sehingga mereka menggunakan banyak blog untuk bisa pay out setiap bulan.

Pernyataan Google Tentang Adsense Youtube Jika Dikaitkan Dengan Produk Yang Dihosting Di Luar Youtube (Non Hosting)

“ Jika Anda mendaftar ke AdSense lewat akun YouTube dan Anda ingin menampilkan iklan di domain host lain, Anda harus memberikan domain level teratas kepada kami. Saat ini, belum ada kemungkinan untuk memonetisasi properti yang dihosting lainnya untuk akun AdSense yang dibuat lewat YouTube tanpa meningkatkan akun dengan menyediakan domain level teratas.”

Dari pernyataan di atas ternyata jika ingin mengaitkan AdSense Youtube dengan Blog dan AdMob itu bisa saja dilakukan dengan cara memperbarui (upgrade) akun tersebut ke versi non hosting berhubung ia hanya bisa menampilkan iklan di halaman yang di-hosting di Youtube saja sementara Blog dan AdMob tidak di-hosting di Youtube, jadi itulah alasannya kenapa AdSense Youtube dan AdMob tidak bisa langsung dikaitkan/diintegrasikan padahal masih produk Google karena beda hosting.

Saya Ingin Update Akun Adsense Youtube dan AdMob Ke Akun Adsense Non Hosting, Tapi Kalau Ditolak Apakah Iklan Adsense Youtube dan AdMob Saya Masih Bisa Tampil ?

Jawab : Bisa

Apabila permohonan upgrade akun ditolak, maka sobat jangan khawatir karena iklan AdSense Youtube ataupun AdMobnya masih tetap bisa tampil seperti biasanya sehingga hal ini tidak mempengaruhi pendapatan (earning)karena masih tetap bisa beriklan seperti biasanya.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kita lakukan untuk meng-upgrade akun AdSense Youtube dan Admob ke Akun AdSense Non Hosted, keduanya menggunakan cara yang sama :

Login

Login ke Akun AdSense Youtube sobat, kalau AdMob silahkan langsung login ke AdSense dengan menggunakan email AdMob.

Setting dan Submit URL Situs Web

Kemudian silahkan mengajukan permohonan upgrade akun dengan memasukan nama URL domain TLD yang sudah disiapkan dan tentunya harus berisi konten yang tidak melanggar kebijakan Google. Selengkapnya perhatikan gambar berikut ini :

AdSense Youtube.jpg

Gambar 1. Cara upgrade akun AdSense Youtube ke AdSense Non Hosting

Perhatikan notifikasi AdSense yang ditandai dengan nomor 1, disitu sangat jelas disebutkan bahwa untuk menampilkan iklan di situs lain (Non Hosted) maka harus mengajukan permohonan dengan menggunakan domain TLD, jadi singkatnya sobat perlu membuat sebuah blog dengan konten dan layout yang sesuai dengan kebijkan Google AdSense.

Baca: Detail Tutorial Membuat Blog Sesuai Kriteria Adsense [Versi Gratisan]

Untuk memulai upgrade akun silahkan awali dari langkah nomor 2 kemudian diikuti dengan langkah nomor 3 yaitu memasukan URL domain TLD yang akan diajukan untuk dimonetisasi kemudian tekan tombol Kirim yang ditandai dengan nomor 4.

Verifikasi Kepemilikan Situs Web

Untuk memastikan itu adalah aktivitas yang legal, maka sertiap ada permohonan baru biasanya Google AdSense memberikan kode verifikasi yang berupa kode iklan. Mungkin bagi sobat yang sudah berkali-kali mengajukan permohonan pastinya sudah tidak asing lagi dengan kode tersebut. Selain untuk memverifikasi, kode tersebut digunakan untuk menghubungkan situs dengan AdSense pada masa tahap review. Selengkapnya perhatikan gambar berikut ini :

Kode penghubung situs dengan AdSense.jpg

Gambar 2. Kode penghubung situs dengan AdSense

Tempelkan kode iklan (kode verifikasi) yang ditandai dengan nomor 1 ke dalam template blog sobat tepatnya di bawah tag <head> kemudian jangan lupa Save Template. Selanjutnya ceklis I’ve pasted the code into my site lalu klik Done yang ditandai dengan nomor 3. Sampai disini proses upgrade akun telah selesai, sobat tinggal menunggu saja sampai ada email pemberitahuan mengenai status permohonan sobat. Lama waktu menunggu bisa berhari-hari, minggu, bahkan bulan, tergantung dari visibilitas situs yang didaftarkan.

Baca : Tips Sukses Mendaftar Adsense Untuk Blog Seumur Jagung

Kesimpulan

Untuk mendapatkan akun AdSense Non Hosted maka permohonan wajib menggunakan domain TLD.

Tingkatkan visibilitas situs agar permohonan sobat tidak terlalu lama menunggu persetujuan dari AdSense, karena biasanya jika situsnya ramai dan kontennya ramah terhadap Google maka akan cepat disetujui.

Maksud dari mengaitkan akun AdSense Youtube dengan Blog dan AdMob disini adalah hanya untuk menggabungkan pendapatannya saja, sedangkan untuk iklannya hanya bisa dipasang di masing-masing produk Google. Misalkan iklan AdMob hanya bisa dipasang di AdMob dan begitu seterusnya.

Teknik penggabungan akun ini bisa mendorong pendapatan (earning) agar bisa cepat Pay Out sehingga sangat cocok diterapkan oleh sobat yang menargetkan bisa gajian dari Google setiap bulan.

28 Comments

28 Comments

  1. Andika

    January 8, 2018 at 5:46 am

    min saya mau tanya, kalau misalnya suatu saat akun admob/youtube kita bermasalah ntah itu dibanned atau yang lainnya. apakah itu berpengaruh ke adsense juga ? apakah adsense kita juga ikut di banned ?
    dan jika tidak berpengaruh, apakah bisa kita remove akun admob/youtube kita yang terhubung ke adsense tadi dan kita gunakan akun admob/youtube yang lain ?
    trimakasih

    • Usman West Java

      January 10, 2018 at 5:57 am

      hallo mas adika…

      Apabila dalam satu akun Google AdSense terdapat 3 produk adsense (admob,youtube dan Blog) dan ketiganya digunakan sesuai fungsinya masing-masing maka jika ada diantara produk tersebut yang bermasalah semisal dibanned, contoh Youtubenya yang dibanned maka produk yang lainnya tetap bisa digunakan selagi masih belum dibanned. Jadi yang iklannya berhenti tayang ya di Youtube saja, untuk admob dan blog masih bs digunakan.

      Apakah bisa digantikan dengan akun Youtube yang lain lalu diintegrasikan ke akun adsen tadi ?

      tentunya tidak bisa. untuk satu akun adsense tidak bisa diintegrasikan ke akun yang lainnya.

      Kebijakan Google bisa berubah seiring waktu berjalan, untuk yang saya jelaskan ini sudah saya alami pada januari 2017 silam.

  2. Om Rudi

    June 9, 2018 at 12:00 am

    Bagaimana menampilkan iklan content mached menjadi 2 kolom seperti pada blig ini mas? Sy koq nd nemu ya dipengaturan adsense…

    Boleh kiranya berbagi tips untuk pertanyaan sy ini.. thank sebelumx

  3. emod

    May 11, 2019 at 11:17 am

    bagaiaman kalau tidak bia menempelkan code adsense untuk VERIFIKASI KEPEMILIKAN SITUS WEB

    • Usman West Java

      May 12, 2019 at 7:05 am

      biasanya permohonan ditolak karena blog tidak terhubung dengan adsense .

  4. Angga Firmansyah

    June 27, 2019 at 6:22 pm

    Bro, jadi kmaren saya upgrade adsense hosted YouTube saya ke non hosted dengan domain TLD, skrng masih masa peninjauan, tapi masalahnya kok Channel YouTube saya yg sudah di monetisasi sekrang statusnya monetisasi tidak aktif, sdh saya klik tombol aktifkan juga gk bisa, trus sala liat d edit video menu monetisasi nya masih ada tapi ada pesan siapkan akun…
    Mohon solusinya boss

    • Usman West Java

      June 27, 2019 at 7:52 pm

      harap ditunggu sampai proses peninjauan selesai, kalau sudah diapprove nanti bisa work lagi karena statusnya sedang upgrade mungkin harus nunggu sampai tuntas.

  5. Eko Sipil

    June 30, 2019 at 10:37 am

    Saya sudah punya akun adsense youtube, terus saya punya blogspot saya daftarkan adsense baru dengan Nama yang sama terus ditolak dengan alasan bahwa saya sudah mempunyai akun adsense.
    Apakah saya bisa menggunakan akun adsense youtube tersebut untuk blogspot?

    • Usman West Java

      June 30, 2019 at 11:13 am

      Kalau blognya sudah TLD maka silahkan upgrade dulu akun adsense youtubenya sesuai petunjuk di ulasan ini. kalau masih subdomain blogspot silahkan kaitkan langsung ke akun adsensenya. ada proses review seperti permohonan baru. petunjuknya ada di ulasan ini.

  6. Reggy Prasetya

    July 5, 2019 at 5:33 am

    Apakah Ketidak munculan Iklan Admob akan membuat Iklan di chanel youtube juga menghilang? Mohon penjelasanya

    • Usman West Java

      July 5, 2019 at 1:04 pm

      apabila akunnya dibanned maka semua iklan akan nonaktif tp apabila cuma disuspend admobnya saja maka youtube masih bisa.

  7. Erika

    August 7, 2019 at 1:28 am

    Apa akun admob bisa dijadikan satu dgn blog utk AdSensenya soalnya pas dicoba lgsung bisa apa Karena emailnya sama

    • Usman West Java

      August 7, 2019 at 8:21 pm

      bisa, kan 1 adsense bisa digunakan untuk beberapa produk yaitu Game, video, aplikasi dan blog.

  8. Chisa

    August 8, 2019 at 10:37 pm

    Halo kak, mau nanya. Saya daftar adsense dr admob udh di acc dan menu dasbord adsense sudah muncul. Nah saya ceritanya punya channel yutub sudah 100k sub dan 4000jam. Lalu saya kaitkam adsense yg saya daftar dr admob tersebut ke channel yutub saya. Apakah nantinya bakal bisa di acc monetize oleh pihak yutub?

    • Usman West Java

      August 9, 2019 at 9:00 am

      bisa kalau kontennya sesuai kebijakan mereka, dan kalau kamu mau adsense juga bisa dikaitkan dengan blog namun melalui review.

  9. Hanzam

    August 11, 2019 at 11:08 am

    Om…!
    Bagaimana caranya utk mengaitkan blog pada adsense yang didaftar dari yutub dengan domain blogspot.com?
    Saya baca pada blog katanya gak bisa.

    • Usman West Java

      August 13, 2019 at 5:04 am

      khusus sub domain daftarkan via dasbor blogspot melalui menu earning, gunakan email admob tersebut untuk mendaftarkan adsense blognya.

  10. bams

    August 14, 2019 at 11:49 pm

    Mas, saya mau nanya. Saya kan punya akun adsense youtube dan di dalamnya untuk saat ini masih ada penghasilan, jadi tinggal tunggu tgl pencarian dari youtube. Hari ini saya coba daftarkan akun dengan gmail berbeda yakni situs blog saya yang sudah TLD. Ketika saya sudah mengcopy dan segala macam lalu menekan tombol selesai. Akun adsense saya dalam tahap peninjauan, dimana saya nggak bisa melihat traffic penghasilan saya seblumnya dari youtube. Nah, pertanyaan saya mas. Apakah hal ini tidak ap ap? dan penghasilan saya sebelumnya apakah masih bisa cair, ataukah akun adsense yang dikaitkan ke masa peninjauan memang tidak bisa dilihat sementara untuk penghasilan dan traffic yang ada di dalamnya ?

    Sekian Terima Kasih Mas

    • Usman West Java

      August 15, 2019 at 6:37 am

      Seharusnya tidak ada masalah apabila mendaftarkan Google AdSense dengan alamat email yang berbeda dengan email AdSense Youtube karena tidak ada kaitannya. Sepertinya kamu menggunakan email yang terkait dengan email AdSense Youtube kamu, tunggu sampai ada kabar balasan dari tim AdSense setelah itu baru cek lagi, Upgrade akun ke blog tidak akan mengganggu performa AdSense youtube setelah peninjauan selesai maka akun kembali normal dan untuk proses pembayaran biasanya tidak mengalami masalah.

  11. 180healthy

    August 19, 2019 at 8:25 pm

    Bro.. kan blog saya udah adsense, dan saya punya mau membuat channel di youtube dengan akun google yang sama. apakah saya bisa mendapatkan monetisasi di channel youtube saya tanpa harus melewati proses syarat ketentuan monetisasi di youtube?, karena akun google saya sudah terverifikasi lewat blog adsense.

    Thanks

    • Usman West Java

      August 20, 2019 at 5:49 am

      Setiap produk akan melewati proses review, jadi meskipun sudah punya akun adsense blog dan ingin menautkannya ke youtube maka akan ada proses seperti permohonan baru. Kalau dulu sebelum ada adsite review itu memang bisa langsung ditaukan ke youtube tapi harus pakai akun non hosted. Sekarang sudah beda lagi harus melalui review manual.

  12. Iwan

    August 22, 2019 at 10:16 pm

    Gan mau tanya akun adsen admob saya kan udah di hapus google kalo buat lagi dengan nama dan alamat yg sama buat adsen yutube bisa ga ya?

    • Usman West Java

      August 23, 2019 at 8:18 am

      hindari email yang sama, untuk nama dan alamat kalau KTPnya belum pernah verifikasi ke Google tidak masalah saya rasa.

  13. Tedi Suryadi

    August 30, 2019 at 5:42 pm

    Bos mau nanya , saya kan menggunakan adsense youtube, lalu saya ingin mengaktifkan juga admob nya apakah bisa bos ? Lalu bagaimana caranya ?

    • Usman West Java

      August 31, 2019 at 3:27 pm

      cari menu tambahkan produk, klik aja disana dan ikuti petunjuk selanjutnya.

  14. Supandi

    September 15, 2019 at 8:09 pm

    mas mau tanya saya punya akun youtube , saya sudah mengajukan monetisasi selama 2 bulan tapi belum ada jawaban dari google adsense , semua persyaratan sudah memenuhi, kira2 apa masalahnya ya ini saya lampirkan alamat channel saya youtube.com/c/SupandiSE .
    selama dalam masa peninjauan saya sudah daftar juga di google admob dan sudah di kaitkan dengan google adsense yg saya ajukan di youtube tadi juga.
    pertanyaan saya apa akun admob saya mempengaruhi youtube saya jadi peninjauan youtube saya belum di jawab juga? dan mohon saran dan solusinya, terimakasih

    • Usman West Java

      September 16, 2019 at 7:27 am

      Kedua produk tersebut mungkin sedang masa peninjauan oleh tim, kalau menurut saya keduanya akan disetujui bila sudah memenuhi persyaratan sesuai dengan kebijakan program pada masing-masing produk baik youtube maupun admob. Sila statusnya gantung sebaiknya konsentrasi dulu di viewer. Kalau viewer masih minim menurut saya ada pengaruhnya juga ke masa review karena biasanya jika status permohonannya tertunda dalam jangka waktu lama kedepannya akan disetujui hanya saja memerlukan waktu.

      Solusi : Pernah saya begitu sewaktu mengajukan adsen blog, saya terus menerus update konten secara rutin dan aktif di medsos alhamdulillah setelah sekian lama menunggu akhirnya ada hasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top