ADSENSE

HAL YANG WAJIB DIKETAHUI SEBELUM DAFTAR ADSENSE

Hal Yang Wajib Diketahui Sebelum Daftar Adsense – Sukses meraih provit dengan beriklan AdSense adalah salah satu kebanggaan tersendiri bagi publishernya yang beruntung mendapat kesempatan bekerjasama dengan AdSense. Bukan rahasia lagi kalau AdSense saat ini tengah menjadi primadona bagi sebagian besar publisher di jagat maya ini.

Untuk dapat menjadi publisher AdSense harus menempuh tahapan yang begitu sulitnya menurut mereka yang merasa kesulitan dalam mendaftar AdSense karena pendaftarannya selalu berujung penolakan. Sebaliknya, ada juga yang merasa mudah dan pendaftarannya langsung dikabulkan oleh AdSense.

Jadi sebenarnya daftar AdSense itu gampang atau susah sih mas?

Mari kita kaji lebih teliti lagi dan sebelumnya mohon maaf bukan berarti penulis memberikan score yang sangat kecil buat sobat yang selalu gagal. Penulis berpesan kepada sobat yang ingin menjadi pengiklan AdSense harap bersabar, rajin, teliti dan tahan banting. Jangan mudah lemah karena ditolak.

BACA: LANGKAH YANG PERLU DILAKUKAN SETELAH DITOLAK ADSENSE

Yapp, tiada henti-hentinya penulis menyemangati sobat yang belum berhasil meraih posisi di kelas AdSense. Memang jika berniat menjadi penayang AdSense itu harus terbiasa dengan penolakan agar tidak mudah kendor semangat ngeblognya karena penulis sering menjumpai blogger yang langsung patah hati setelah ditolak AdSense.

Penulis melihat kebanyakan dari mereka yang kurang teliti sebelum mendaftar AdSense. Ada beberapa hal yang sifatnya wajib diketahui supaya pendaftarannya disetujui oleh AdSense dan tentunya wajib dilakukan juga.

Penasaran apa saja hal tersebut?

Penulis memperhatikan mereka yang ditolak itu kebanyakan yang terburu-buru dan tidak mau ngulik jadinya ya gagal. Untuk itu perhatikan prosedur yang disarankan AdSense dan jangan ada yang terlewat satu pun supaya usaha sobat tidak kandas dan akhirnya berhenti ngeblog.

Berikut adalah hal yang paling mendasar dan kebanyakan pemula kurang teliti dengan hal ini walaupun sebenarnya ini hal wajib tetapi sering terlupakan sebelum mendaftar AdSense :

Properti Blog

Blog yang terkesan belum rampung merupakan alasan yang paling sering dicantumkan dalam email penolakan AdSense. Penulis sendiri pernah ditolak dua kali dengan alasan seperti ini.

Pada ulasan ini penulis menyoroti properti blog tepatnya bagian navigasi. Kelengkapan desain properti blog itu harus zero mistake (nol persen kesalahan) jika sobat mampu mendesain semua properti pada blog dengan baik dan sempurna maka dijamin lolos dari poin ini.

Untuk mengatasi persoalan di atas silahkan sobat cek template blog terutama di daerah home page apakah ada broken link atau tidak. Perlu sobat ketahui bahwa AdSense sangat tidak menyukai adanya broken link di blog terutama di bagian navigasi karena ini akan sangat mengganggu kenyamanan pengunjung.

Buatlah navigasi yang simple supaya pengunjung dapat dengan mudah menemukan konten ketika sedang surfing di blog. Kelompokan artikel berdasarkan kategori dan arahkan navigasi ke kategori artikel yang relevan dengan nama navigasi tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat saja menu navigasi di blog ini.

Dari beberapa kasus banyak teman-teman yang pemula lupa mengganti nama menu navigasi dan masih menggunakan nama menu bawaan template seperti : MENU1, MENU2, MENU3 dan seterusnya. Tentunya hal demikian sedikit janggal dan kurang professional sehingga mengurangi penilaian dari tim AdSense.

Supaya tidak sulit mengatasi broken link silahkan gunakan saja seperlunya dan hapus link bawaan template yang sekiranya itu tidak penting supaya nantinya kita mudah mengontrol link yang digunakan dan tidak kesulitan ketika menganalisa properti blog.

Selain menu navigasi, widget juga perlu diperhatikan jangan sampai berlebihan memasang widget yang tidak penting karena dapat mengakibatkan blog menjadi lemot. Widget blog penulis yang dipasang sewaktu diterima AdSense adalah Popular posts, latest posts, Email Subscriber dan Tag label.

Form Kontak

Dari kasus yang penulis alami ternyata form kontak sedikit berpengaruh karena pada saat pendaftaran pertama itu form kontak dibuat asal-asalan dan terkesan belum rampungnya kelihatan banget. Selanjutnya penulis mendesain form kontak seunik mungkin (lihat kontak di blog ini).

Pada form kontak silahkan berikan informasi tambahan lainnya terutama keberadaan kita di media sosial agar pengunjung dapat dengan mudah mengenali kita kalau perlu cantumkan nomor WhatsApp atau BBM.

Sitemap

Petasitus (sitemap) merupakan daftar isi blog secara keseluruhan baik berupa list URL ataupun list judul artikel . Sitemap itu ada dua jenis dan keduanya wajib digunakan yaitu sitemap untuk di mesin telusur dan sitemap untuk di pasang dalam blog itu sendiri (lebih dikenal dengan sebutan daftar isi).

Sitemap untuk mesin telusur bisa disubmit melalui webmaster tools, sedangkan sitemap untuk di blog itu cukup dipasang di blog saja dengan script tertentu. Silahkan sobat cari disumber lain untuk pembuatan sitemap di blog (daftar isi) .

Untuk sitemap blog (daftar isi) silahkan pasang di bagian header supaya dapat dengan mudah ditemukan pengunjung. Keberadaan daftar isi ini bisa membantu pengunjung dalam melakukan pencarian konten pavorit mereka di blog kita.

Konten Yang Unik

Lebih dari 60 persen poin ini sangat menentukan keberhasilan sobat menjadi penayang iklan AdSense. Yap, unique content merupakan persyaratan wajib bagi calon penayang AdSense supaya bisa diterima. Sepertinya ada banyak dari pendaftar AdSense yang kebingungan soal konten unik ini karena terbukti banyak yang ditolak karena konten tidak memadai.

BACA : KUPAS TUNTAS CARA TERBARU MEMBUAT KONTEN BERKUALITAS [UPDATE 2017]

Mengapa konten harus unik dan berkualitas?

Konten merupakan komponen utama yang menjadi sumber penghasilan. Bayangkan kalau kita saat ini sedang berjualan dan apa jadinya kalau barang jualan kita itu jelek atau tidak mutu? Penulis rasa semua pasti sudah tau jawabannya yaitu barang tersebut tidak laku.

Oke men lanjuut…

Ratusan bahkan jutaan pemula terjebak dengan masalah konten apa yang pantas untuk bisa menjadi penayang iklan AdSense dan penulis rasa itu adalah hal yang wajar karena saat ini sangat sulit mendapat akun AdSense kecuali membelinya dari para mastah AdSense.

Kesalahan Pembuatan Konten untuk AdSense

  1. Tidak memperhatikan kebijakan konten

    Entah kurang paham atau memang kurang serius belajarnya ternyata masih banyak saja yang membuat konten yang melanggar kebijkan AdSense. Sobat harus tau kalau konten ini sangat diutamakan kualitasnya dan harus steril dari pelanggaran kebijakan mereka dalam hal ini tim AdSense.

    Pengalaman penulis sebelum pada akhirnya memutuskan untuk menjadi penayang iklan AdSense itu sebelumnya mempelajari kebijakan AdSense sampai tuntas dan secara detail. Jadi kita mengerti seperti apa warna konten yang layak dibuat.

    Yang paling umum terjadi dalam kasus ditolaknya AdSense adalah pengunaan gambar berlisensi secara ilegal dalam artikel. Nah hal ini tentunya bisa memicu adanya pelanggaran kebijakan konten sehingga pendaftarannya tidak dikabulkan AdSense.

    Google menyediakan gambar bebas lisensi yang bisa digunakan oleh para penulis artikel blog (blogger) dengan bebas dan gratis tentunya. Jadi sobat tidak perlu kebingungan lagi mencari gambar untuk artikel.

  2. Format tulisan yang kurang tepat

    Selanjutnya penulis menyoroti tata letak tulisan artikel yang kurang enak dibaca sehingga hal ini dapat mengganggu kenyamanan bagi pembaca. Jadi harap perhatikan ukuran huruf dan jumlah baris dalam setiap paragraf jangan sampai hurufnya terlalu kecil dan paragrafnya terlalu panjang karena hal ini akan sangat membosankan pembaca.

    Supaya tulisan bisa nyaman di mata ketika dibaca maka gunakan ukuran yang ideal untuk huruf dan spasi tulisan antar baris yaitu 15 px untuk ukuran huruf dan 1.5 (150 persen) untuk spasi antar baris.

  3. Menggunakan bahasa alay

    Menurut penulis memperlihatkan expresi yang konyol dalam artikel dapat menurunkan reputasi penulisnya. Percaya atau tidak itu bisa membuat males pembacanya dan mereka menjadi kurang respect lalu segera mengakhiri surfing-nya di blog kita dan parahnya artikel menjadi terlihat tidak berkualitas.

    Ini kata-kata yang kurang pas dan sering penulis jumpai dalam artikel :

    Hal yang wajib diketahui sebelum mendaftar AdSense

    kata-kata alay yang tidak pantas ada di artikel

  4. Konten tidak berisi

    Ketika kita membuat konten tentunya harus ada pesan atau isi yang disampaikan kepada pembaca. Pada bagian ini sobat harap memperhatikan dampak si pembaca setelah membaca konten kita. Konten yang berkualitas tentunya akan berdampak baik bagi mereka minimalnya merasa terhibur atau pengetahuannya bertambah.

    Penulis tidak jarang menemukan konten yang kurang berisi dan manfaatnya sangat minim sehingga menjadi kurang diminati. Perlu sobat ketahui kalau konten yang berisi dan berkualitas itu akan mendapat psosisi terbaik di mesin telsur sehingga kemungkinan untuk dikliknya besar.

  5. Melakukan promosi ilegal

    Promosi ilegal merupakan kegiatan yang tidak sepantasnya dilakukan oleh calon penayang AdSense ataupun yang sudah beriklan AdSense. Promosi tersebut diantaranya menyangkut merek dagang tertentu seperti ulasan produk barang dan jasa yang seharusnya membayar ke Google untuk mempromosikannya. Jika hal ini dilakukan oleh pendaftar AdSense maka jelas akan ditolak mentah-mentah.

    Beberapa contoh konten yang dianggap promosi ilegal oleh AdSense adalah kontes seo, job review dan konten untuk afiliasi marketing. Perlu sobat ketahui sepertinya AdSense tidak akan pernah menyetujui blog yang isinya terdapat tiga konten tersebut.

    Poin ini paling banyak ditemukan penulis di beberapa blog yang pemiliknya mengeluh karena pendaftarannya ditolak AdSense. Ya jelas ditolak karena kontennya melanggar kebijakan konten dan poin ini pernah di alami juga oleh penulis.

    BACA : PENGALAMAN DITOLAK ADSENSE

    Sebagai contoh …

    Penulis pernah me-review hotel bintang lima lengkap dengan fasilitas dan harganya kemudian mendaftarkan blog tersebut ke AdSense. Sebulan kemudian penulis mendapatkan email penolakan konten tidak memadai dan salah satu alasan penolakannya adalah telah melakukan promosi secara ilegal karena promosi tersebut tidak dikehendaki oleh google.

Visitor

Apakah ada jumlah minimal visitor supaya diterima AdSense ?

Di atas merupakan pertanyaan yang paling banyak ditanyakan mengenai pengaruh visitor terhadap pendaftaran AdSense. Menurut pengalaman penulis apabila sobat beranggapan bahwa jumlah visitor yang banyak merupakan syarat mutlak diterima AdSense itu adalah salah.

Ya, karena yang pernah penulis alami ketika diterima AdSense posisi visitor hanya 10 per hari dan jumlah total visitor dari awal ngeblog sampai saat itu hanya 2200 uv saja. Ada yang bilang kalau mau diterima AdSense jumlah visitor per hari harus 1000 uv (unique visitor) silahkan sobat senyumin saja yang bilang demikian karena pendapat itu diragukan.

Biar penulis luruskan soal keterkaitan visitor dengan AdSense…

Yang benar adalah jumlah visitor sangat menentukan penghasilan AdSense bukan menentukan suksesnya mendaftar AdSense. Dengan jumlah minimal 1000 uv per hari maka pastinya akan merasakan gurihnya gajian dari AdSense tanpa harus menunggu lebih dari sebulan.

Itulah alasan yang tepat kenapa AdSense mengharuskan penayangnya memiliki konten yang unik agar iklan mereka berpotensi dilihat dan diklik oleh banyak pengguna. Selain itu iklan AdSense dibayar setiap 1000 kali tayang jadi tinggal diakumulasi saja penghasilannya kalau blog sobat kedatangan 1000 visitor setiap harinya.

Kesimpulan

Dari ulasan ini dapat ditarik kesimpulan bahwa :

Visitor sangat mempengaruhi penghasilan dari AdSense karena semakin banyak visitor maka iklan menjadi semakin besar kemungkinan untuk di klik. Selain itu semakin banyak juga frekuensi tayang iklan tersebut sehingga earning bisa meningkat.

Desain navigasi sedekat mungkin dengan visitor supaya mereka mudah menemukan konten pavorit mereka di blog kita.

Gunakan template yang responsive dan mobile friendly karena hal inilah yang paling diprioritaskan di mesin telusur sekelas google sehingga memiliki potensi untuk kedatangan visitor.
Usahakan jumlah konten pada saat mendaftar itu dibawah 30 dan minimal 25 supaya nantinya kalau seandainya ditolak tidak terlalu ribet memeriksa konten yang dianggap melanggar kebijakan AdSense.

Hindari konten yang membahas promosi secara ilegal, konten afiliasi dan konten job review kalau sobat mau mendaftarkan blognya ke AdSense supaya dapat diterima.

Demikian ulasan mengenai hal yang wajib diketahui sebelum mendaftar AdSense ini semoga bermanfaat. Untuk hal lainnya silahkan sobat bisa melihat konten lainnya tentang AdSense di blog ini.

semoga bermanfaat
salam sukses

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Goolge



8 Comments

8 Comments

  1. Bang Oji

    Maret 12, 2017 at 11:20 am

    Sangat bermnafaat bagi saya yg masih newbe. Akan saya praktekan untuk blog saya. Mohon doa restu ya kang . Heheee

  2. Usman West Java

    Maret 12, 2017 at 11:57 am

    smangat dan kerja keras dapat berbuah manis. Jangan lupa terus belajar sampai terwujud harapannya. Perhatikan konten dan baca kebijakannya.

  3. Angga Gilang

    Maret 14, 2017 at 7:52 am

    semua pertanyaan sudah terjawab disini,mulai dari properti blog sampai visitor. Semoga lamaran saya bisa diterima adsense. Thanks

  4. Adi

    Maret 21, 2017 at 2:19 am

    Rasa penasaran terjwab tuntas jika mengikuti tips artikel ini..rasa bosan dan terus berjuang tentu menghasilkan jerih payah..penglaman 2x ditolak dan memperhatikan segala kekurangan blog menjadikan blog ditrima oleh adsense.

  5. Usman West Java

    Maret 21, 2017 at 2:34 am

    selamat ya mas adi atas keberhasilannya, semoga rezekinya semakin lancar dan berqah. terus berkarya dengan konten terbaik dan jangan melakukan cara yang dzolim agar awet iklannya..

  6. Pingback: TIPS MONETISASI BLOG DENGAN GOOGLE ADSENSE | Blog Mas Usman

  7. Pingback: TIPS MEMBUAT KONTEN UNIK SUPAYA DITERIMA ADSENSE | Blog Mas Usman

  8. Pingback: KEJARLAH ADSENSE DENGAN SKILLMU BUKAN DENGAN NAFSUMU | Blog Mas Usman

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 54 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top